• Alumni
  • Alumni

Tim KKN-P Tanjungkenongo manfaatkan Lahan Kosong Melalui Konsep Hidroponik

Umsida.ac.id – Tim KKN-P desa Tanjungkenongo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan pemulihan lahan kosong dengan konsep green house pada kamis (23/01). Melalui teknik hidroponik, mahasiswa Umsida memeberikan edukasi terhadap warga cara memanfaatkan lahan yang minimalis.

Kegiatan ini memberikan output jangka panjang bagi masyarakat Tanjungkenongo terutama bagi mereka yang menginginkan penghasilan tambahan tapitidak memiliki lahan yang luas.  Bahan yang digunakan juga mudah di dapat, seperti botol bekas plastik sebagai pemanfaatan limbah plastik untuk menggantikan fungsi paralon, dan pupuk yang diolah sendiri dari limbah sayuran busuk.

Proses pembuatannya pun sangat mudah. Pertama, pembibitan melalui benih sayuran dengan media kapas lalu disediakan di loyang. Kedua, menata dan menyambungkan botol plastik pada green house. Ketiga, membuat saluran air yang mengalir. Keempat, memindahkan bibit yang telah siap untuk ditanam pada media hidroponik. Kelima, pemeriksaan secara rutin dan pemberian pupuk.

 Tanggapan positif akan kegiatan KKN mahasiswa Umsida diberikan oleh sekretaris desa Tanjungkenongo, “Sebenarnya sudah cocok dengan kondisi desa ini yang airnya melimpah, hanya rasa kesadaran dan memiliki juga harus ditumbuhkan bagi warga agar bertanggung jawab dengan produk hidroponik yang telah dikembangkan oleh tim KKN UMSIDA ini,” ujarnya.

Ke depannya program yang dijalankan mahasiswa ini nantinya bisa dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing warga. Walaupun mereka memiliki lahan sempit, mereka masih bisa mendapatkan penghasilan dari bertani.  

Ditulis : Anaskasiamri

 Diedit : Iis Wulandari

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI