• Alumni
  • Alumni

Tim KKN-P Umsida Branding Desa Wisata Tiru Kidul

Umsida.ac.id – Pesona elok alam dapat dipancarkan salah satunya dengan memberikan sentuhan inovasi di dalamnya. Sebagai contoh yang dilakukan oleh Tim KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dalam melakukan branding wisata Sumber Rondo Kuning yang terletak di Dusun Sumber, Desa Tiru Kidul, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, pada Rabu (05/02).

Sumber Rondo Kuning

Sumber Rondo Kuning merupakan air sumber yang lokasinya berada di tengah-tengah perkebunan sawah, tepatnya sekitar 1,5 kilometer dari Balai Desa Tiru Kidul.

Sejarahnya, menurut cerita dari warga sekitar, sumber ini seketika ada dan sudah terbentuk genangan yang di dalamnya terdapat ikan Koi besar. “Masyarakat setempat percaya bahwa ikan ini merupakan jelmaan dari Rondo Kuning,” kata Kepala Desa Tiru Kidul, Bambang Prabowo.

Saat ini, lokasi itu digunakan sebagai tempat kolam ikan. Uniknya, ikan-ikan yang berjumlah sekitar dua ribu ekor ini hanya dibudidaya oleh masyarakat setempat. “Sumber ini memiliki potensi yang cukup bagus apabila dikembangkan dengan baik dan tertata,” ujar Bambang Prabowo.

Senada dengan Bambang Prabowo, Camat Gurah, Drs Kaleb Untung Satrio Witjaksono menuturkan dalam sambutannya pada ceremonial pembukaan KKN (22/1) di Kantor Kecamatan Gurah Kediri, “Saya menaruh harapan besar kepada seluruh Tim KKN-P Umsida untuk bisa memajukan sektor sosial budaya serta ekonomi bagi seluruh desa di Kecamatan Gurah. Saya juga berharap agar pariwisata Kediri tidak hanya dari daerah besar saja, namun juga dari desa-desa kecil di Gurah.”

Maka dari itu, Rizal Farista, Koordinator KKN Desa Tiru Kidul menyampaikan bahwa Tim KKN-P Umsida mempunyai tekad untuk mengembangkan potensi desa tersebut. “Harapannya, berkembangnya potensi alam itu dapat membantu masyarakat sekitar, bukan hanya dalam hal sosial budaya namun juga peningkatan ekonomi,” ungkapnya.

Tekad itu dibuktikan dengan dilakukannya pengembangan inovasi di tempat tersebut. “Rencana dari program kerja untuk melakukan branding di sumber ini, salah satunya dengan kita menanam beranekaragam tanaman hias dan membuat plakat lokasi wisata. Pembuatan plakat ini bertujuan sebagai penunjuk jalan agar masyarakat luar desa mudah menemukan tempat wisata Sumber Rondo Kuning tersebut,” pungkas Rizal.

Ditulis Oleh : Mellania Eka Febrianti & Muhammad Alwi Aziz
Editor : Erika Mulia Arsy

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI