• Alumni
  • Alumni

Tim KKN-P Umsida Kelompok 10 Gelar Forum Diskusi Legalitas dan Manajemen bagi BUMDes Larangan

Umsida.ac.id – Tim Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar forum diskusi dengan tema Pencerahan Legalitas dan Manajemen BUMDes di Desa Larangan, Rabu (3/3).

Forum Diskusi ini merupakan salah satu program kerja Tim KKN-P Umsida yang bekerjasama dengan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida). Tujuan dari kegiatan ini sebagai langkah awal untuk upaya pengaktifan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Larangan sesuai dengan tata cara pengelolaan dan pendirian BUMDes yang selaras dengan hukum.

“Salah satu permasalahan yang sedang dihadapi bagi BUMDes yang ada di Desa Larangan adalah masih kebingungan mengenai strategi-strategi dalam hal pengelolaan dana. Dikarenakan BUMDes di Desa Larangan masih baru,” ujar Dea Marista selaku Wakil Ketua Koordinasi Desa (Kordes)

“Hal tersebut mendasari kami untuk mengadakan kegiatan ini bagi BUMDes di Desa Larangan,” imbuh Dea

Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen Pendamping Lapangan yakni Widi Arti S Fis M Kes, Pemerintah Desa, Pengurus BUMDes, perwakilan LKBH umsida dan mahasiswa/i dari KKN-P Kelompok 10 Desa Larangan. Dengan mendatangkan Sri Budi Purwaningsih S H M Kn Wakil Ketua II LKBH Umsida sebagai pemateri, forum diskusi ini membahas tentang Dasar Pendirian BUMDes yang dapat mempertimbangkan potensi usaha ekonomi, penyertaan modal, dan Sumber Daya Manusia sebagai pengelola. Kemudian Tata Cara pendirian yang dapat diadakan untuk musyawarah desa dan pengumuman dalam Berita Acara oleh Sekretaris Desa (Sekdes).

Sri berharap, dengan kegiatan ini dapat membantu BUMDes yang ada di Desa Larangan yaitu BUMDes Delapan Sentosa Desa Larangan agar dapat segera action untuk aktif dalam unit usaha. Tidak hanya itu saja, BUMDes di Desa Larangan juga bisa bermitra dengan desa lainnya. Sri mencontohkan BumDes di Larangan bisa saja membangun kerja sama desa di wilayah lain asal ada kesamaan tujuan dan visi, “Adanya unit usaha tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa dan pendapatan asli desa,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Agus Siswanto S P Kepala Desa (Kades) di Desa Larangan mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan Tim KKN-P Umsida ini bisa memberikan kontribusi positif bagi BUMDes di Desa Larangan, “Alhamdulillah kegiatan KKN ini berhasil membantu pengaktifan BUMDes sehingga BUMDes di Desa Larangan bisa segera aktif yang tentunya saja bisa meningkatkan kesejahteraan desa,” pungkas Agus.

Ditulis : Dea Marista
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI