• Alumni
  • Alumni

Tingkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini, Tim KKN-P UMSIDA Ajak Murid TK Desa Bogem Berkreasi

Umsida.ac.id – Tim KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) tingkatkan kreatifitas anak usia dini melalui origami dan stick puppet di TK Bogem, Desa Bogem, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, pada Jumat (7/2).

Kreatifitas merupakan aspek yang penting bagi setiap anak, tidak terkecuali bagi anak usia TK. Tinggi rendahnya kreatifitas yang dimiliki anak baik di sekolah maupun di rumah akan dapat berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Kreatifitas yang dimiliki anak masih harus dikembangkan lagi dan difasilitasi dengan berbagai saran dan prasarana.

Namun, menurut Moch Eza Foriasyah, Koordinator KKN Desa Bogem, di TK Bogem terdapat anak-anak yang belum mampu mengembangkan kreatifitasnya, dikarenakan kurangnya perhatian guru terhadap pola pikir yang dimiliki anak. “Kegiatan pembelajaran yang kurang variatif dan suasana belajar kurang menarik dapat membuat anak mudah bosan,” ujarnya.

Ia menambahkan, “Sehingga hal ini yang menggugah hati Tim KKN-P Umsida untuk turut serta menumbuhkan kreatifitas dan suasana belajar yang menarik pada siswa-siswi di TK Desa Bogem dengan melakukan seni melipat kertas (origami) dan stick puppet.

Seni melipat kertas (origami) dan stick puppet merupakan teknik berkarya seni atau kerajinan tangan yang umumnya dibuat dari bahan kertas, dengan tujuan untuk menghasilkan aneka bentuk hewan, bunga, hiasan, dan kreasi lainnya.

Pada anak usia TK melipat merupakan salah satu bentuk kegiatan bermain kreatif yang menarik dan menyenangkan. Melalui kegiatan ini dapat mengembangkan kompetensi daya piker, imajinasi, rasa seni dan keterampilan anak. “Manfaat yang dapat diperoleh dari kreasi origami dan Stick Puppet adalah melatih motorik halus pada anak sekaligus sebagai sarana bermain yang aman, murah, dan menyenangkan,” ungkap Eza, sapaan akrab Koordinator Desa KKN Bogem.

Kemudian, lanjut Eza, lewat origami dan stick puppet, setiap anak diajarkan untuk menciptakan suatu karya sehingga menumbuhkan kebanggaan dan kepuasan tersendiri. “Origami dan stick puppet dapat menjadi media pembelajaran yang menyenangkan bagi anak dan juga hasil dari karya tersebut dapat dijadikan hiasan untuk memperindah ruang kelas,” pungkasnya.

Ditulis Oleh: Rahmawati Wahyu Onggo Wicono, Rony Yulian Putra Santoso

Editor: Erika Mulia Arsy

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI