Umsida dan YTB Turki Jalin Kerjasama Pendidikan

Penulis : umsidaj4y4 November 27, 2019 / Berita

umsida.ac.id – Rombongan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Rektor Universitas muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Dr Hidayatullah Msi bersama 23 anggota rombongan perwakilan Muhammadiyah memenuhi undangan Presiden Turkiye Scholarships Burslari (YTB) di Ankara, Turki pada selasa  (26/11).

Pada Rangkaian kunjungan ke Turki, Dr Hidayatullah Msi mengadakan pertemuan dengan Presiden YTB, Abdullah Eren, untuk berdiskusi tentang program beasiswa Turki. Dalam kegiatan ini dilakukan pula penandatangan Letter of Intent (LoI) Program Kerjasama Bidang Pendidikan antara YTB dengan Muhammadiyah di Kantor YTB Turki.

Pertemuan ini membicarakan tentang Türkiye Burslari Scholarships (YTB), yaitu beasiswa yang diberikan oleh Negara Turki untuk mahasiswa internasional yang mengambil program S1, S2, S3, penelitian, dan program Bahasa Turki. Program beasiswa YTB ini diberikan untuk  orang-orang Turki di Luar Negeri dan Komunitas Terkait serta mahasiswa asing yang kuliah di Turki.

Didampingi oleh Duta Besar Indonesia untuk Turki, Muhammad Iqbal, ikut serta dalam upacara penandatanganan LoI antara Muhammadiyah dengan YTB, yang dilakukan langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, dan Presiden YTB, Abdullah Eren.

Abdullah Eren menyatakan bahwa organisasi YTB ini adalah lembaga diaspora yang bertujuan untuk menjaga hubungan antara warga yang tinggal di luar negeri dengan tanah air dan bahasa ibu mereka. Tercatat sebanyak  17.000 mahasiswa internasional dari 170 negara yang sedang belajar di Turki dengan beasiswa YTB.  Abdullah Eren mengatakan Turki sangat mementingkan pengembangan hubungan antara YTB dengan Indonesia,”Kami sudah memiliki 230 siswa dengan beasiswa dari Indonesia,bahkan tahun ini jumlah siswa yang menerima beasiswa asal Indonesia mencapai 60 orang “ujarnya.

Untuk mendukung percepatan peningkatan kualifikasi akademik dosen, maka Umsida memanfaatkan program kerjasama pemberian beasiswa pendidikan dari YTB untuk para dosen dan alumni yang akan mengambil program S2, S3, dan Penelitian. Lembaga YTB ini akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing yang belajar di Turki dengan nilai yang cukup besar, meliputi monthly stipend, tuition fee, one-off return flight ticket, health insurance, akomodasi dan satu tahun kursus bahasa turki.

Untuk itu, Umsida akan memanfaatkan kerjasama bidang pendidikan antara Muhammadiyah dengan YTB ini. Para dosen dan alumni Umsida diharapkan mengambil peluang sehingga ke depan dosen UMSIDA yang lulusan S3 luar negeri yang berkualitas menjadi lebih banyak lagi.

ditulis : Dr Hidayatullah Msi

 

Related Post