• Alumni
  • Alumni

Untuk Mengedukasi Siswa-Siswa, KKN-P 82 Umsida Adakan Praktikum Gelembung Lava dan Balon

Umsida.ac.id – Tim Kuliah Kerja Nyata- Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) adakan kegiatan edukasi berupa Pratikum IPA bagi siswa sekolah Dasar di Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jumat (12/3).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu menghilangkan kejenuhan para siswa-siswa yang melakukan kegiatan belajar secara daring. Kelompok Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kelompok 82 mengsiasati hal tersebut dengan memberikan edukasi mengenai percobaan IPA dengan menciptakan gelembung lava dan balon mengembang tanpa ditiup.

Edukasi tersebut dilakukan agar dapat mengurangi kejenuhan siswa terhadap pembelajaran online sekaligus sebagai media praktek pembelajaran percobaan IPA.

Salah satu Tim KKN-P Umsida kelompok 82 menjelaskan proses percobaan pembuatan gelembung lava dengan menggunakan media bahan-bahan yang sederhana yang mudah ditemui dirumah seperti minyak goreng, pewarna makanan, air, dan jesscool. Dengan percampuran antara bahan-bahan tersebut maka terbentuklah gelembung lava yang timbul akibat reaksi kimia yang terjadi didalamnya.

Reaksi tersebut terjadi karena percampuran air yang bersifat polar dan minyak bersifat non polar sehingga tidak dapat tercampur, “Dengan ditambahkan jesscool yang akan larut dalam air dan melepaskan CO2 maka air akan naik keatas melalui minyak dalam bentuk gelembung,” ujarnya.

Sementara, percobaan kedua yaitu mengembangkan balon tanpa ditiup memanfaatkan cuka dan soda kue dalam percobaannya. Percampuran dua bahan sehingga menghasilkan  reaksi yang terjadi dari keduanya dimana ketika cuka dan soda kue dicampur maka akan timbul asam asetat dan natrium karbonat, ” Dimana natrium karbonat yang berubah menjadi air dan gas karbondioksida  yang mendorong udara ubtuk naik sehingga balon dapat mengembang,” imbuhnya.

Pada percobaan tersebut terlihat rasa penasaran yang begitu tinggi pada anak-anak bahkan diantara mereka ada yang membawa pulang sebagai bahan percobaan di rumahnya. Eka menuturkan bahwa Tim KKN 82 juga memperingatkan kepada mereka agar melakukan percobaan dengan didampingi orang tua, “Alhamdulillah kami mendapatkan respon luar biasa dengan antusiasme siswa mengikuti kegiatan kami. Kami juga mengatakan bahwa kegiatan ini harus dengam dampingan orang tua di rumah,” pungkasnya.

Penulis : Eka Mulyati Ningsih
Ediitor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI