• Alumni
  • Alumni

Tim KKN-P 25 Umsida Kenalkan Inovasi Kupang Sebagai Sajian Yang Dapat Dinikmati Anak-Anak

Umsida.ac.id – Tim Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) ciptakan inovasi baru produk makanan berbahan kupang di Desa Wage, Jumat (12/3).

Salah satu Mahasiswa Tim KKN-P Umsida, Milla Rahmawaty mengatakan bahwa inovasi makanan kupang, dinamakan Nugget Kupang yang dijual
dijual dengan kemasan frozen food dengan harga yang terjangkau, “Sehingga masyarakat dapat menikmati sesuai dengan selera dan dapat disimpan kembali didalam freezer. Nugget Kupang ini dapat disajikan dengan menggunakan mayonnaise, sauce dan sambal atau dibumbui dengan bumbu sendiri. Dengan ini masyarakat yang tidak menyukai kupang akan ketagihan dengan rasanya yang unik dan enak ini,” ujarnya.

Milla menjelaskan bahwa kupang bisa di kreasikan dalam bentuk lain, “Kami membuat nugget kupang ini agar kupamg tidak hanya orang dewasa saja yang dapat menikmati namun anak-anak pun juga bisa menikmati olahan tersebut,” ucapnya.

Milla menjelaskan mengenai kupang merupakan makanan yang dari hewan laut sejenis kerang atau tiram. Bentuknya kecil, dengan ukuran kira-kira ± 3-5 mm, “Jika mendengar kata Kupang, sepertinya masyarakat Sidoarjo sudah tidak asing lagi karena makanan tersebut mudah ditemukan yang berasal dari hewan laut sejenis kerang atau tiram,” ujarnya.

Milla menambahkan kupang memiliki sepuluh macam amino esensial yang diperlukan untuk tubuh, antara lain : Treonin, Valin, Metionin, Isouleusin, Leusin, Fenilalanin, Lisin, Tripsin, Histidin, dan Arganin. Asam amino esensial tidak dapat dibentuk oleh tubuh manusia, melainkan harus didapatkan dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, “Dalam kupang juga terdapat kandungan Mikronutrien yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu Fe (Zat Besi) dan Zn (Zinc/seng),” ujarnya.

Dengan adanya produk inovasi kupang tersebut, Milla berharap bisa menjadi produk bernilai jual dan meningkatkan kesehatan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Penulis : Milla Rahmawaty
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Umsida.ac.id –

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI