• Alumni
  • Alumni

Wujud Bijak Penggunaan Plastik, HIMMPAS Gelar Diskas dan Pelatihan Ecobrick

umsida.ac.id – Guna tingkatkan kesadaran dalam bijak penggunaan plastik, Himpunan Mahasiswa Muhammadiyah Pecinta Alam Sidoarjo (HIMMPAS) gelar seminar Diskas dan Pelatihan Pengolahan Sampah Ecobrick di kampus 2 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Sabtu (30/11).
CEO Sido Resik Gus Achmad Muhdlor Ali hadir sebagai pemateri dalam seminar yang bertajuk rubah sampah menjadi berkah, hijaukan bumi kurangi sampah plastik. Dalam penyampaiannya, Gus Achmad memaparkan bahwa ecobrick adalah metode baru pengolahan sampah plastik.
Ecobrick adalah cara lain untuk utilisasi sampah-sampah tersebut selain mengirimnya ke landfill (pembuangan akhir). Dengan ecobrick kita memiliki kesempatan untuk mengubah pengorbanan komunitas dan ekosistem dalam mencerna plastik. Kita dapat mengubah plastik menjadi bermanfaat bagi masyarakat dan ekosistem setempat. Dan ecobrick mampu memberikan kehidupan baru bagi limbah plastik,”paparnya.
Dalam seminar tersebut, peserta juga dibekali pelatihan ecobrics dengan mengolah plastik menjadi batu bata ramah lingkungan. Ketua pelaksana seminar  Rendra Dani Firmansyah berharap agar ecobrick ini dapat diterapkan dengan baik melalui hal kecil dari sekarang.
“Dengan Ecobrick ini semoga kita bisa bersama-sama mengenyahkan sampah plastik dari biosfer yang bisa membahayakan kehidupan. Ecobrick juga bisa mengasah daya kreatifitas dan imajinasi kita untuk membuat sebuah karya luar biasa dari bahan sampah. Kalian mampu dan bisa berkreasi tanpa batas dengan berbekal Ecobricks ini. Dan menjadikan dunia bebas sampah plastik dimulai dari hal kecil, dari dirimu sendiri dan dari sekarang,” terangnya.  (Sayyidatunnisa/Lintang).