atlet taekwondo jadi wisudawan berprestasi 2023

Tips dari Atlet Taekwondo yang Jadi Wisudawan Berprestasi: Waktu Bukan Diatur, Tapi Diciptakan

Umsida.ac.id – Selain memberi penghargaan kepada Wisudawan terbaik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo umsida juga memberikannya kepada wisudawan dengan prestasi yang dilaksanakan di Kancah nasional dan internasional

Prestasi ini mencakup akademik dan non akademik misalnya yang didapatkan oleh Aguardien P. Banafsaj. Ia merupakan wisudawan berprestasi yang berasal dari program studi psikologi. Adin, sapaannya, telah memiliki banyak prestasi di bidang olahraga beladiri yakni taekwondo.

atlet taekwondo jadi wisudawan berprestasi 2023

Memiliki keturunan atlet taekwondo

Adin mulai mendalami dunia bela diri ini sejak umur empat tahunan ayahnya juga merupakan atle taekwondo semasa muda sehingga sejak kecil Adin diajari ayahnya untuk rajin berlatih olahraga bela diri asal Korea Selatan ini.

“Pada usia sekitar lima tahun, setelah saya menguasai beberapa tendangan, saya mulai diikutkan di klub di Sidoarjo. Jadi saya bolak balik Pasuruan – Sidoarjo untuk latihan rutin,” Ujar perempuan kelahiran Kudus, Jawa Tengah itu.

Lihat juga: Lulusan Terbaik Umsida: Gap Year dan Rajin Menabung Hingga Bergelar STr RMIK

Adin mendalami dunia taekwondo hingga mengikuti berbagai kompetisi baik nasional hingga internasional. Ada satu momen yang menurut Adin sangat mengesankan, yakni ketika mengikuti kompetisi tingkat internasional saat ia menduduki bangku SMP. Walau tidak menjadi juara, Adin memiliki kesan tersendiri dari kompetisi tersebut.

“Jadi saat itu perlombaannya diikuti oleh 28 negara. Memang saya tidak menjadi juara saat itu, hanya meraih juara tujuh saja. Tapi saya berhasil mengalahkan atlet yang menjadi asal olahraga ini yakni Korea Selatan. Saya juga mengalahkan Malaysia. Itu sih yang jadi kebanggaan tersendiri untuk saya,” Terang Adin.

Prioritaskan pendidikan

Memiliki karir yang cemerlang sejak dini di dunia bela diri tak membuat Adin untuk menjadikannya aktivitas utama. Dan juga keluarga Adin tetap memprioritaskan pendidikan kepada putri tunggalnya tersebut. Menurut keluarganya, perempuan harus memiliki pendidkan yang bagus.

Adin melanjutkan, “Parenting orang tua itu kan beda-beda ya. Kebetulan saya anak tunggal, jadi saya menjadi satu-satunya harapan keluarga. Bagaimana caranya orang tua saya mewariskan pendidikan yang baik dan kemampuan bela diri kepada anaknya. Oleh karena itu, saya didukung sekali,”.

Adin merupakan anak yang patuh kepada orang tua, bela diri sudah menjadi bagian hidupnya sejak yang kecil. Makanya, ia menikmati kegiatan tersebut dan menjadikannya sebuah kebiasaan. Keluarga Adin lebih memprioritaskan pendidikan karena menurut mereka, menjadi atlet tidaklah mudah. Dan anak tunggal Adin kerap meninggalkan dua orang tuanya untuk mengikuti pertandingan atau latihan.

atlet taekwondo jadi wisudawan berprestasi 2023

Cara menghindari kejenuhan dan kesulitan

Rutinitas yang cenderung monoton tidak membuat Adin merasa jenuh. Bahkan, Adin dan ayahnya telah sepakat sejak dulu untuk tidak mengadakan liburan keluarga. Alasannya karena alat taekwondo yang cukup mahal dan tidak semua alat yang bisa bertahan lama, membuat mereka harus rajin mengatur keuangan. Selain itu, jadwal latihan dan pertandingan yang cukup padat membuat Adin tidak memiliki waktu untuk berlibur.

Untuk menggantikan waktunya tersebut, ia hanya memerlukan waktu sejenak untuk cheating time.

“Kalau saya luang itu kan tidak ada liburan, jadi biasanya di sela-sela latihan itu saya ngobrol saja dengan teman-teman,” Terangnya.

Lihat juga: Wisudawan Terbaik Magister Manajemen: Kuliah Singkat, Tugasnya yang Berat

Selain itu, lanjut Adin, atlet tidak bisa memakan makanan sembarangan. Ketika ia dalam kondisi tertentu, Adin diperbolehkan untuk makan makanan pedas dan juga meminum es. Hal kecil itu merupakan satu kesempatan yang bagus bagi Adin untuk sejenak menghilangkan kejenuhannya.

Saat kuliah, Adin pernah merasa kesulitan membagi waktu karena jadwal kuliah yang berubah-ubah akan mempengaruhi jadwal latihannya. Oleh karena itu, ia memiliki prinsip bahwa waktu tidak perlu diatur, melainkan diciptakan.

“Jadi kita yang menciptakan waktu. Misalnya saya di sela-sela latihan, entah itu 10 atau 15 menit saya gunakan untuk mengerjakan laporan dan tugas lainnya. Itu saya terapkan sejak dulu. Jadi walaupun saya jadwalnya padat, tapi saya memanfaatkan waktu luang tersebut untuk mengikuti bimbel online,” Sambung perempuan berusia 22 tahun itu.

Bahkan pada saat semester lima kuliahnya, Adin mendirikan sebuah klub taekwondo bernama Hay Taekwondo Club. Ia harus bolak balik mengurus dokumen akte kenotariatan agar diakui oleh Kemenhumham. Dan saat itu juga, ia sedang berada di waktu paling produktif selama menjadi mahasiswa.

Menjadi wisudawan berprestasi

Saat dilebatkan sebagai wisudawan berprestasi Adin sama sekali tidak menyangka hal tersebut. Namun ia merasa senang dan bangga karena menurutnya Tidak semua orang bisa dipanggil saat wisuda sebagai wisudawan berprestasi

“Saya memang sudah sering dipanggil sebagai seorang juara dan mendapat penghargaan. Namun tetap saja menjadi wisudawan terbaik tidak bisa dirasakan semua orang. Dan ini bukan tentang taekwondo,” Ujar Adin.

atlet taekwondo jadi wisudawan berprestasi 2023

Langsung lanjut S2

Ketika surat keputusan penetapan yudisium sudah terbit pada akhir Agustus lalu, Adin langsung mengurus studinya ke jenjang magister. Ia mendaftar ke Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya di jurusan yang sama yakni psikologi. Saat ini, Adin sudah menjalankan satu semester kuliahnya.

Jadi saat ini, Adin merupakan seorang atlet taekwondo pemilik klub taekwondo, pelatih, dan juga seorang mahasiswa yang sedang menganyam pendidikan di jenjang magister.

Lihat juga: Sempat Trauma Mengulang Mata Kuliah Lagi, Mahasiswa Ini Jadi Lulusan Terbaik Umsida

“Pendidikan tetap menjadi prioritas utama saya sedangkan taekwondo itu sudah menjadi bagian hidup saya sekaligus untuk menjaga diri seorang perempuan Oleh karena itu, saya sekarang melanjutkan studi saya. Besok saya juga akan menjadi madrasah pertama anak kan,” Pungkasnya.

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 17, 2024By
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
July 15, 2024By
PIPA Umsida di Kongres PPII 2024
Ikuti Kongres PPII, PIPA Umsida Siapkan Science Education Journal Sinta 2
July 15, 2024By
KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By
Struktural IKA Umsida Telah Dikukuhkan: 1 Alumni Berdayakan 1 Mahasiswa
IKA Umsida Siap Berdayakan Mahasiswa di Dunia Industri
July 11, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

briket cangkang kelapa sawit
Olah Limbah Cangkang Kelapa Sawit, Mahasiswa Umsida Juara 2 Lomba Nasional
July 17, 2024By
IMEI Umsida
Rektor Umsida Sambut Hangat Kepulangan Sang Juara, Ini Pesannya
July 16, 2024By
IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By