• Alumni
  • Alumni

Hizbul Wathan Umsida Gelar Kompetisi Kepanduan se-Jatim

Umsida.ac.id – Kompetisi Kepanduan Penghela tingkat SMA/SMK Muhammadiyah se-Jawa Timur yang bertajuk Spectaculer Islamic Scout Talent (SPECTA) resmi dibuka di Halaman Kampus 3 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), pada Jumat (7/2).

Acara yang digelar oleh Hizbul Wathan Umsida itu dikemas dalam kegiatan Jambore Pandu Penghela (Jampala) yang berlangsung dari tanggal 7-10 Februari 2020.

Kompetisi kepanduan yang bertemakan Semangat ber-HW Demi Mewujudkan Pandu yang Kreatif dan Kompetitif itu diikuti oleh 14 SMA/SMK Muhammadiyah se-Jawa Timur.

Acara ini dibuka langsung oleh Hasan Ubaidillah selaku Direktur Direktorat Kerjasama dan Kemahasiswaan Alumni (DK2A). Dalam penghelatannya, SPECTA ini dimeriahkan dengan penampilan dari Parade Semaphore oleh Musasi SMPM 1 Sidoarjo.

Rangkaian kompetisi pada acara SPECTA ini terdiri dari 9 macam, diantaranya adalah pionering, semaphore dance, kreatifitas tenda, kreasi yel-yel, cerdas cermat, pentas seni, memasak, PBB, dan P2HW.

Ihsan Wafi Karimullah, Ketua pelaksana acara ini menjelaskan bahwa SPECTA merupakan kegiatan akbar yang melibatkan pandu penghela dalam tubuh pandu Hizbul Wathan dan komponen lain yang mendukung tujuan Hizbul Wathan. “Sebagai sarana peserta didik untuk mengekspresikan keahlian dan kemampuan dalam hal ilmu kepanduan
serta ilmu-ilmu yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam rangka wujud cinta tanah air sebagai arah pendidikan pandu Hizbul Wathan,” tuturnya saat diwawancarai oleh Jurnalis Umsida.

“Hal ini sebenarnya bisa dikembangkan untuk memajukan kader Hizbul Wathan khususnya dalam upaya pemenuhan kualitas, kuantitas, dan kreativitas di wilayah Jawa Timur,” imbuh Rakanda Wafi, sapaan akrabnya.

Mahasiswa dari prodi Informatika itu menerangkan, tujuan dari SPECTA ini adalah untuk meningkatkan tali silaturahim dan rasa persaudaraan di kalangan pandu Hizbul wathan. “Sebagai sarana peningkatan prestasi Pandu Hizbul Wathan dalam berfastabiqul khoirot, wujud nyata peran dalam penguatan kaderisasi Muhammadiyah serta umat, baik secara kualitas maupun kuantitas dalam mengemban amanah,” jelasnya.

Di akhir, ia mengungkapkan hal yang berkesan selama acara tersebut berlangsung, “Kesan yang paling berkesan pada panitia, karena panitia bisa lebih memahami dalam mengembangkan amanah dan tanggungjawab yang begitu besar dalam acara ini. Bagaimana cara menghadapi keluhan-keluhan, baik dari para peserta maupun pembina,” ungkapnya.

Ditulis Oleh : Erika Mulia Arsy

Editor : Iis Wulandari

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI