• Alumni
  • Alumni

Kembangkan Aplikasi pencarian Berita, Mahasiswa Ini Raih Prestasi Wisudawan Terbaik

umsida.ac.id – Masrizal Eka Yulianto S Kom, wisudawan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) sukses raih gelar Sarjana Komputer dengan predikat mahasiswa terbaik dengan IPK 3,75. Pengukuhan dilakukan pada acara wisuda ke- XXXV di Auditorium KH Ahmad Dahlan, Kampus 1, Umsida, Sabtu (17/10).

Pria dengan sapaan akrab Masrizal menceritakan proses dalam penyusunan skripsi, berawal dari pengarahan kaprodi informatika untuk mengambil tema penelitian pengembangan aplikasi melalui ketrampilannya di bidang software. Skripsi yang berjudul “IMPLEMENTASI TEXT MINING DENGAN FITUR TF IDF PADA PENCAHARIAN BERITA BERBAHASA INDONESIA” memaparkan tentang penggunaan aplikasi clonningan google untuk lebih spesifik dalam pencarian berita, “Karena saya terbiasa membuat website, oleh dosen pembimbing Alfan Rosid saya diarahkan untuk pengembangan aplikasi pembuatan website,” ujarnya.

Kendala dalam penelitiannya pada pembuatan aplikasi website, dimana saat diperhitungan tf-idf.  Karena banyaknya jumlah kata yang muncul dalam dokumen dan diimbangi dokumen dalam korpus berdasarkan permintaan pengguna sehingga perlu memperhitungkan dengan tepat. ia menyisiati dengan menggunakan framework codeigniter untuk mempermudah pembuatan website.

Mahasiswa yang aktif sebagai asisten laboratorium Informatika dan BEM Fakultas Teknik Semasa kuliah ini juga aktif dalam kegiatan komunitas eksternal di luar kampus seperti Android Dev Surabaya, Sioarjo Dev, GDG Surabaya, dan lain-lain.

Keaktifan yang dilakukannya membawa pencapaian yang baik yaitu bisa membawa nama kampus Umsida dibeberapa kompetisi seperti masuk semifinal Imagine Cup yang diselenggarakan oleh Micosoft Jakarta, menjuarai Hackathon tahun 2019 yang diselenggarakan oleh DSC Pens x Code For Asia Singapore. Untuk penghargaan individu yaitu masuk 20 besar peserta terbaik IAK 2017, masuk 20 besar peserta terbaik BDD 2018 regional Surabaya, diundang monev bersama Kementrian Bekraf untuk mengkaji pelaksanaan BDD 2018, dan sempat diundang bootcamp oleh Alibaba Group di huangzou china tahun 2019.

Masrizal mengucapkan terima kasih banyak, khusunya kampus Umsida dan memberikan harapan kepada kampus Umsida untuk terus menjalin hubungan baik dengan alumni Umsida, “Kampus Umsida terima kasih atas apresiasinya untuk saya. Saya berharap kedepannya Umsida tetap mendukung para mahasiswanya terutama para alumni. Karena para alumni akan selalu mendukung Umsida bila membutuhkan bantuan,” ungkapnya.

Diakhir kesempatannya, pria yang suka warna abu-abu ini mengajak para mahasiswa untuk terus mengembangkan skill baik didalam kampus maupun diluar kampus, “Keberhasilan itu terletak pada kemamuan kita mengembangkan skill baik berorganisasi atau mengikuti kompetisi di Umsida maupun diluar Umsida. Jangan minder dengan mahasiswa lainnya, karena skill seseorang tidak dapat diukur dari almamaternya saja. Tapi dari pengalamannya. Yakinlah bahwasanya kamu bisa,” pungkasnya.

ditulis : Asita Salsabilla

Edit : Etik Siswati Ningrum

Leave a Reply