organisasi

Kunci Sukses Organisasi Ternyata Ada di Surat An-Nisa 58-59

Umsida.ac.id– Imam Mahfudzi SAg MFilI dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) ungkap kunci keberhasilan organisasi ada di dalam Al Quran surat An-Nisa ayat 58-59 saat berikan tausyiyah di channel youtube Direktorat AIK Umsida.

Kunci Keberhasilan Organisasi

“Bagaimana sebuah persyarikatan atau organisasi dapat berjalan dengan baik Allah SWT memberikan pesan yang kuat dalam An Nisa ayat secara berurutan ayat 58 dan 59,” Ungkapnya mengawali tausyiyah.

Dua ayat tersebut telah memberikan pelajaran mengenai dua unsur dalam organisasi. Harus bisa saling menempatkan diri dan menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik agar organisasi berjalan dengan baik.

organisasi

Di ayat 58 surat An-Nisa telah disinggung mengenai kepemimpinan.

innallâha ya’murukum an tu’addul-amânâti ilâ ahlihâ wa idzâ ḫakamtum bainan-nâsi an taḫkumû bil-‘adl, innallâha ni‘immâ ya‘idhukum bih, innallâha kâna samî‘am bashîrâ

Artinya: Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanah kepada pemiliknya. Apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia, hendaklah kamu tetapkan secara adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang paling baik kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Baca juga: Ciptakan Profesionalitas Kerja di Mata Islam

“Dalam ayat ini Allah mengingatkan, unsur pemimpin kita yang ada di organisasi atau persyarikatan Muhammadiyah khususnya. Seorang pimpinan diberi perintah oleh Allah untuk menjalankan amanah dari empat sifat nabi sebagai sifat amanah. Beliau menjalankan amanah itu ada pada sifat beliau yakni tabligh menyampaikan atau menunaikan kita diperintahkan oleh Allah SWT,” Paparnya.

Menjalankan sebuah organisasi tentu tidak mudah. “Sesungguhnya kita tahu bahwa tantangannya semakin berat, persoalannya semakin banyak. Namun kadang kala sebagian diantara kita ada yang memandang tidak ada yang bisa diurus di dalam organisasi dan sebenarnya dia sedang meninggalkan amanah amanah itu,” Sambungnya.

Selanjutnya masih dalam ayat tersebut, Allah memerintahkan agar para pemimpin membuat keputusan dengan adil. Menurut Imam Mahfudzi dari sumber kamus, adil berarti meletakkan sesuatu di tempatnya.

“Kita bisa menjalankan amanah dipersyarikatan dengan menjalankannya dengan adil memutuskan perkara dengan adil kalau kita meletakkannya sesuai dengan tempatnya,” Ujarnya.

Ia menjelaskan di persyarikatan Muhammadiyah telah banyak aturan dan norma-norma yang telah ditetapkan dengan sebaik-baiknya. Namun kadang, masih banyak yang belum membaca maupun memahaminya.

Sehingga menggapai diri menjadi pemimpin yang baik dibutuhkan sebuah komitmen yang kuat, mampu bertanggung jawab dan membutuhkan literasi yang cukup.

“Tidak bisa kita mengandalkan pengalaman kita sebelumnya, sebelum menjadi pemimpin. Ketika kita sudah memimpin tantangan akan terus berkembang maka literasi kita juga harus terus ditambah aturan-aturan dipersyarikatan harus terus menjadi bacaan wajib bagi pemimpin-pemimpin,” Terangnya.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk pemimpin tapi juga telah Ia sampaikan kepada para kader-kader di Muhammadiyah.

Salah satu syarat utama bisa menjalankan organisasi dengan baik kalau pemimpinnya bukan saja memiliki integritas atau kesiapan mental untuk menjalankan, tapi juga memiliki pengetahuan dan literasi yang cukup dalam menjalankan roda organisasinya.

Baca juga: 8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat

Dalam ayat berikutnya Allah juga telah menyampaikan pesan kepada para anggota dalam sebuah organisasi.

organisasi

yâ ayyuhalladzîna âmanû athî‘ullâha wa athî‘ur-rasûla wa ulil-amri mingkum, fa in tanâza‘tum fî syai’in fa ruddûhu ilallâhi war-rasûli ing kuntum tu’minûna billâhi wal-yaumil-âkhir, dzâlika khairuw wa aḫsanu ta’wîlâ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nabi Muhammad) serta ululamri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunahnya) jika kamu beriman kepada Allah dan hari Akhir. Yang demikian itu lebih baik (bagimu) dan lebih bagus akibatnya (di dunia dan di akhirat).

“Jadi ada perintah bagi kita yang memimpin untuk selalu senantiasa patuh mengikuti petunjuk Rasulullah dan patuh kepada pimpinan-pimpinan kita organisasi,” Tandasnya.

Maka kunci dari kesuksesan organisasi yang tertera dalam Surat An-Nisa ayat 58-59 adalah seorang pemimpin yang amanah dan menjalankan tanggung jawabnya dengan adil dan diikuti oleh para anggota yang mentaati pemimpinnya.

Penulis: Rani Syahda

*Humas Umsida

Berita Terkini

kuliah tamu UTAR
2 Dosen Umsida Jadi Pembicara pada Kuliah Tamu di UTAR Malaysia
April 19, 2024By
Muliakanlah tetanggamu
Memuliakan Tetangga Dapat Meningkatkan Keimanan Kita?
April 18, 2024By
belajar Kemuhammadiyahan
Walau Heterogen, Semua Orang Perlu Tahu Pentingnya Belajar dan Bersyukur
April 17, 2024By
maaf dan syukur
Makna Halalbihalal, Rasa Saling Memaafkan, dan Bersyukur
April 17, 2024By
halalbihalal Umsida 2024
Halalbihalal Umsida dan Syukuran Akreditasi Institusi Unggul
April 16, 2024By
belajar
Belajar Saja Tidak Cukup Raih Kesuksesan, Kamu Perlu Tau Ini!
April 14, 2024By
seni
Haramkah Seni Dalam Perspektif Islam?
April 12, 2024By
khotbah pentingnya kejujuran
Pentingnya Kejujuran Disampaikan Rektor Umsida Dalam Khotbah
April 11, 2024By

Riset & Inovasi

stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By
kecenderungan media sosial
Pengguna Aktif Media Sosial Cenderung Kesepian, Kata Riset
March 26, 2024By
bullying pada siswa SD
Riset Dosen Umsida Jelaskan 8 Peran Sekolah untuk Mengatasi Bullying
March 25, 2024By

Prestasi

Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
January 19, 2024By
Meja Komposit, Inovasi yang Membuat Umsida Raih Juara Harapan 2 di KISI 2023
December 26, 2023By