PPK Ormawa desa Sawohan

Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar acara pelepasan Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA pada Kamis, (04/07/2024) di ruang rapat kampus 1 Umsida. Mereka akan mengabdi di Desa Sawohan, Buduran, Sidoarjo.

Baca juga: 15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor 3 Umsida, Dr Nurdiansyah MPd, Kepala Bidang Penalaran dan Kreativitas, Fajar Muharram, serta Muchlasin Amrullah SUd MPdI yang turut memberikan arahan kepada peserta.

Dalam sambutannya, Dr. Nurdiansyah menyampaikan apresiasinya terhadap tim yang berhasil mendapatkan pendanaan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). 

“Keberhasilan ini adalah bukti dari kerja keras dan dedikasi seluruh tim. Kami berharap program ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Desa Sawohan,” ujarnya.

Tim multidisiplin dan pelaksanaan program

PPK Ormawa desa Sawohan

PPK Ormawa tahun ini mencatatkan keberhasilan dengan satu proposal yang lolos dari 13 proposal yang diajukan. Tim yang terdiri dari mahasiswa berbagai program studi, termasuk Ilmu Komunikasi, PGSD, dan Teknik, akan melaksanakan program di Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Citra, selaku ketua tim menekankan pentingnya kerjasama antar mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu. 

“Kami berusaha semaksimal mungkin untuk lolos, mulai dari mengikuti semua prosedur, pembuatan proposal, penentuan desa tujuan, hingga pembuatan program-program yang relevan,” jelasnya.

Pelaksanaan PPK Ormawa ini dimulai dari bulan Juli hingga Oktober. Tujuannya untuk memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa untuk terjun langsung dan bersosialisasi dengan masyarakat. Selain itu, mahasiswa yang mengikuti program ini juga akan mendapatkan konversi SKS, yang tentunya menjadi nilai tambah dalam pendidikan mereka.

Program dan kegiatan di desa Sawohan

Program yang dirancang tim PPK Ormawa mencakup berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan masyarakat desa Sawohan. Kegiatan tersebut meliputi pelatihan kewirausahaan, peningkatan keterampilan teknologi, serta program pendidikan untuk anak-anak dan remaja. Dengan tagline “Merajut Asa Menggapai Nirwana”, tim berharap dapat memberikan kontribusi nyata dan berkelanjutan bagi masyarakat desa.

Baca juga: Kain Sutera Home Industri Hasil Desain Mahasiswa KKN-P 53 Sentul Siap Dipasarkan

Salah satu program unggulan yang akan dilaksanakan adalah pelatihan kewirausahaan bagi ibu-ibu rumah tangga di desa Sawohan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menghasilkan produk-produk kreatif yang memiliki nilai jual tinggi. Selain itu, tim juga akan mengadakan kelas-kelas teknologi bagi anak-anak dan remaja untuk meningkatkan literasi digital mereka.

Program desa Cerdas

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, tim PPK Ormawa juga memperkenalkan program Desa Cerdas, yang berfokus pada pembelajaran bagi siswa-siswi setempat. Program ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Desa Sawohan melalui berbagai metode pengajaran inovatif.

Program Desa Cerdas melibatkan mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang memberikan bimbingan belajar, pelatihan keterampilan, dan kegiatan ekstrakurikuler. Siswa-siswi setempat akan mendapatkan pembelajaran tambahan di luar jam sekolah yang meliputi mata pelajaran utama seperti matematika, sains, dan bahasa Inggris. Selain itu, mereka juga akan diberikan pelatihan keterampilan praktis seperti penggunaan teknologi dan keterampilan komunikasi.

Citra menjelaskan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk mempersiapkan generasi muda desa Sawohan agar lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. 

“Kami ingin memberikan dukungan penuh kepada siswa-siswi di desa ini, agar mereka memiliki kesempatan yang sama untuk meraih pendidikan yang lebih baik dan masa depan yang cerah,” tambahnya.

PPK Ormawa desa Sawohan

Muchlasin Amrullah selaku dosen pembimbing menyampaikan harapannya agar tim PPK Ormawa Umsida dapat lolos ke jenjang yang lebih tinggi, yakni Adidaya. 

“Semoga tim ini bisa terus berprestasi dan membawa nama baik Umsida di kancah nasional,” harapnya.

Dengan semangat kebersamaan dan komitmen tinggi, Tim PPK Ormawa Umsida siap melaksanakan program di desa Sawohan dengan penuh dedikasi. Mereka berharap dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat desa serta menginspirasi mahasiswa lain untuk terus berkontribusi dalam kegiatan kemahasiswaan yang bermanfaat.

Baca juga: KKN-P 31 Bersihkan Destinasi Wisata Agro Lembah Kecubung, Harap Pengunjung Self Service

“Merajut Asa Menggapai Nirwana bukan sekadar tagline, melainkan visi yang ingin diwujudkan oleh tim ini melalui kerja keras dan semangat pengabdian. Semoga perjalanan tim PPK Ormawa 2024 ini dapat menjadi langkah awal menuju perubahan yang lebih baik bagi masyarakat dan kemajuan bangsa,” pesannya kepada tim PPK.

Penulis: Indah N. Ainiyah

Penyunting: Romadhona S.

Berita Terkini

Edukasi UMKM Pentingnya HPP dan Fintech
Edukasi UMKM Pentingnya HPP dan Fintech
July 18, 2024By
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 17, 2024By
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
July 15, 2024By
PIPA Umsida di Kongres PPII 2024
Ikuti Kongres PPII, PIPA Umsida Siapkan Science Education Journal Sinta 2
July 15, 2024By
KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By

Riset & Inovasi

FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By
Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By

Prestasi

briket cangkang kelapa sawit
Olah Limbah Cangkang Kelapa Sawit, Mahasiswa Umsida Juara 2 Lomba Nasional
July 17, 2024By
IMEI Umsida
Rektor Umsida Sambut Hangat Kepulangan Sang Juara, Ini Pesannya
July 16, 2024By
IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By