• Alumni
  • Alumni

Penerapan Kampus Merdeka dalam Perspektif Dunia Usaha dan Industri.

Umsida.ac.id – Himpunan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dari prodi teknik mesin menyelenggarakan webinar nasional guna membangkitkan semangat dan motivasi para mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa Umsida Fakultas Sains dan Teknologi program studi Teknik Mesin dalam rangka penerapan kampus merdeka dalam inovasi teknologi di era revolusi industri 4.0, Senin (22/03).

Pembahasan yang disampaikan narasumber Frederiko Sukma Candra ST lebih detail mengarah pada apa yang harus kita lakukan terutama mahasiswa teknik mesin dalam dunia perindustrian di masa mendatang terutama hubungannya dengan kampus merdeka.

Dalam pokok kebijakan dan dasar hukum merdeka belajar: kampus merdeka salah satunya adalaha kebijakan hak belajar tiga semester di luar program studi. “Ada kewajiban dari perguruan tinggi wajib memberikan hak namun mahasiswanya tidak wajib tapi memiliki hak untuk mengambil 2 semester, satu semester di dalam perguruan tinggi dan satu semester didalam perguruan tinggi yang sama tetapi di prodi yang lain. Dengan tujuan melatih soft skill serta cara komunikasi,” Terang Frederiko.

Bentuk kegiatan pembelajaran mahasiswa di luar kampus salah satunya adalah magang atau praktik kerja sebab peran ini sangat berkaitan dengan dunia usaha dan industri. Tujuannya untuk membantu menambah keterampilan, complex problem solving, menganilisis permasalahan, serta soft skill dan hard skill yang dapat membentuk karakter mahasiswa dalam beretika saat bekerja, komunikasi, serta kerja sama dalam tim.

Untuk menjamin keberhasilan serta proses magang yang berkualitas beliau menyampaikan, “Tentukan target karena pada saat anda magang, begitu anda tahu perusahaan secara umum tentukanlah apa yang ingin anda dapatkan dari perusahaan, seperti soft skill apa yang inginanda dapatkan, hard skill nya semacam apa, lalu ilmu yang ingin anda dapatkan seperti apa, agar dapat menimbulkan rasa ingin tahu dan keaktifan selama berproses di perusahaan,” Ujar Frederiko.

Di dalam mata kuliah yang ada di Umsida khususnya teknik mesin telah memasuki standar bagus sebab mata kuliah yang diberikan sangatlah penting dan banyak dibutuhksn dalam ilmu pengetahuan di dunia industri salah satu contohnya adalah dengan kesesuaian kurikulum prodi teknologi mesin dengan dunia industri perkapalan.

oleh : Zhahlya Amaldha

edit : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI