• Alumni
  • Alumni

Prodi TLM Jelaskan Peran ATLM Saat Pandemi

Umsida.ac.id – Prodi Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menjelaskan pentingnya peran tenaga laboratorium medis saat pandemi lewat podcast youtube #UmsidaMenyapa : Peran ATLM di Masa Pandemi Covid-19, Kamis (18/02). “Semakin meningkatnya Covid-19, pemeriksaan di Laboratorium juga semakin meningkat,” ujar Miftahul Mushlih Ssi Msc, dosen ATLM Umsida.

Tidak hanya itu, ATLM saat pandemi saat ini dibutuhkan di berbagai tempat, seperti Bandara, Stasiun, tempat-tempat umum. “Kalau dulu yang membutuhkan ATLM itu di Puskesmas, Rumah Sakit, sekarang tidak, kemaren mahasiswa Umsida itu beberapa ada yang bekerja di Bandara, Stasiun, sehingga permintaannya meningkatkan di sarana-sarana pabrik, karena orang mau naik pesawat terbang harus di cek apakah dia mempunyai covid atau tidak,” imbuhnyaMushlih.

Lebih lanjut, Mushlih mengungkapkan bahwa ATLM dapat ditemukan di Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit baik pemerintah maupun Swasta. “Bisa di Puskesmas, kemudian Rumah Sakit pemerintah maupun swasta di klinik-klinik juga ada, tentu kita tidak menyebut merk, banyak sekali, dan itu semuanya di kerjakan apabila membutuhkan pemeriksaan laboratorium, maka tidak boleh di pegang selain dari ATLM.” Ungkapnya.

Di samping itu, Cara pemeriksaan Covid-19 menggunakan metode Paling sederhana seperti Antibodi hingga, GeNose dan Real Time FCR (RT-FCR). “Banyak sekali yang di paparkan pemerintah dan juga yang sudah kita kenal, mulai dari yang paling sederhana, seperti antibodi, antigen, sekarang mulai keluar produksi Indonesia yaitu GeNose, yang menggunakan nafas si pasien, dan standart punya WHO yaitu RT-FCR,” pungkasnya.

Di setiap cara pemeriksaan Covid-19, tentunya memiliki perbedaan seperti perbedaan tingkat akurasi dan pengembangannya. “Yang membedakan di antara kesemuanya itu adalah tingkat akurasinya, namun sekarang, si tingkat akurasi tertinggi dimiliki oleh RT-PCR,” tuturnya.

ditulis : Muhammad Asrul Maulana

edit : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI