Keefektifan Rosetta Stone Dalam Meningkatkan Pronunciation Siswa SMP

Keefektifan Rosetta Stone Dalam Meningkatkan Pronunciation Siswa SMP

Oleh Rani Syahda Hanifa

Umsida.ac.id– Di era Global saat ini kemampuan berbicara atau berkomunikasi dalam bahasa Inggris merupakan hal yang krusial dan esensial. Banyak kita temui remaja saat ini mengaplikasikan bahasa Inggris dalam keseharian mereka. Namun masih banyak juga kita temui cara pengucapan atau pronunciation yang mereka gunakan tidak sesuai bahkan menimbulkan salah arti.

Itulah kenapa dalam keterampilan berbicara, perhatian yang lebih besar harus diberikan pada pengucapan. Tentu pembelajaran ini wajib mereka dapatkan di sekolah. Lalu bagaimana seorang siswa dapat aktif berbicara bahasa Inggris dan mengucapkan kata-kata dengan benar.

Pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia saat ini

Keefektifan Rosetta Stone Dalam Meningkatkan Pronunciation Siswa SMP

Nah hal ini menjadi tantangan bagi seorang guru untuk menjelaskan atau memberi contoh pengucapan, baik secara pedagogi maupun linguistik. Seperti yang diketahui negara Indonesia adalah salah satu negara yang masih memposisikan bahasa inggris sebagai bahasa asing atau yang lebih dikenal English Foreign Language (EFL).

Tentu pengucapan akan menjadi salah satu unsur keterampilan berbahasa Inggris yang sangat sulit dipelajari oleh siswa Indonesia sebagai EFL bahkan mungkin bagi sebagian guru juga merasakan kesulitan itu.

Hal ini berbeda dengan negara-negara yang memposisikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua mereka atau yang lebih dikenal English Second Language (ESL). Walaupun masalah pengucapan negara ESL tetap tidak bisa disamakan dengan penutur asli atau Native.

Setidaknya keberhasilan pengucapan siswa di Indonesia harus sesuai dengan standar Native atau ESL, terutama dalam kebenaran arti.

Baca juga: Siap Jadi Perguruan Tinggi Unggul 2024, Umsida Timba Ilmu

Menurut data yang pernah di teliti di wilayah pontianak Indonesia kesalahan pengucapan siswa dalam belajar Bahasa Inggris ini banyak ditemukan pada siswa SMP bahkan hampir 85% dari seluruh siswa.

Hal ini tidak linier dengan target pembelajaran bahasa inggris saat ini dimana siswa SMP wajib lancar berbahasa inggris di tahun pertama mereka.Maka dari itu harus ada pembenahan Bahasa Inggris siswa dimulai dari SMP yang terfokus pada ketrampilan pengucapan.

Media Pembelajaran yang Dapat Membantu Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris

Lalu bagaimana membenahi pengucapan siswa, padahal mayoritas warga negara Indonesia termasuk guru adalah seorang EFL. Ya, tentu saja menggunakan sebuah media yang dapat mempermudah pembelajaran pengucapan bahasa inggris ini. Baik dari sisi guru maupun siswa.

Generasi Z bahkan Alpha tentu telah menggantungkan 90% informasi melalui media ponsel genggam dengan akses internet. Saat ini banyak sekali media yang ada di ponsel untuk belajar bahasa Inggris.

Mulai dari mendengarkan lagu, aktif dalam media sosial seperti: Instagram, Tik Tok, Twitter, Facebook bahkan aplikasi pembuatan video audio seperti powtoon.

Namun berbagai aplikasi tersebut hanya mampu merangsang kreativitas anak untuk meniru dan membuat video kreasi, sedangkan tidak dengan mengkoreksi pengucapan yang sesuai dengan linguistik meupun pedagogi yang baik dan benar.

Terutama untuk siswa awal tahun di tingkat SMP aplikasi tersebut masih sulit diimplementasikan sebagai media belajar. Bahkan cenderung siswa belum mampu memfilter mana yang baik untuk dipelajari mana yang buruk dan tidak layak di contoh.

Aplikasi Rosetta Stone

Keefektifan Rosetta Stone Dalam Meningkatkan Pronunciation Siswa SMP

Dalam penelitian terbaru ada sebuah media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Media ini merupakan aplikasi yang sangat efektif dan efisien. Tentu aplikasi ini bisa di download di ponsel genggam siswa. Sehingga mereka dapat mempelajari dengan mudah dan dimana saja.

Aplikasi ini bernama Rosetta Stone. Telah banyak penelitian yang mengungkap keefektifan aplikasi ini untuk memberikan latihan bahasa inggris, terutama pengucapan. Tidak hanya itu aplikasi ini juga memberikan fitur pembelajaran vocabulary, grammar dan tentunya pronunciation.

Rosetta Stone berhasil membantu siswa SMP untuk menemukan kepercayaan diri mengucapkan kata dengan benar dan aplikasi ini memberikan kesan “Pendekatan alami” untuk pelajar.

Karena efektivitas aplikasi Rosetta Stone, dibandingkan aplikasi lainnya, memiliki cakupan segmentasi yang luas dengan rentang usia dari anak-anak hingga remaja.

Sementara beberapa aplikasi lainnya cukup sulit untuk memantau belajar anak, karena pada aplikasi tersebut tujuan penggunanya bukan hanya belajar saja melainkan mayoritas sebagai tempat hiburan. Sedangkan aplikasi Rosetta Stone telah dirilis khusus untuk pembelajaran bahasa yang dilengkapi dengan banyak fitur pendukung pembelajaran.

Baca juga: Jurnal dan Prosiding, Simak Perbedaannya Menurut Dosen Pakar Umsida

Keefektifan Rosetta Stone Dalam Meningkatkan Pronunciation Siswa SMP

Mengapa Rosetta Stone disebut sebagai aplikasi pembelajaran yang interaktif? Karena fitur belajar pronunciation menggunakan sistem record atau rekam suara. Ketika ada sebuah kalimat siswa diminta menjawab menggunakan suara yang direkam. Secara otomatis Rosetta Stone akan mengkoreksi ketepatan pengucapan baik secara pedagogi maupun linguistik.

Rosetta Stone juga memiliki fitur pilihan di awal untuk menggunakan aksen British atau American. Sehingga secara otomatis akan mengkoreksi aksen pengucapan siswa.

Rosetta Stone ini pernah kami teliti disalah satu sekolah swasta di Kabupaten Sidoarjo dengan metode Classroom Action Research (CAR). Hasilnya membuktikan pada siklus kedua siswa sudah sangat nyaman menggunakan aplikasi ini sebagai media belajar mereka di rumah bahkan tanpa intruksi guru.

Selain itu secara nilai keterampilan pengucapan juga telah mampu meningkatkan hasil belajar hingga 70%.Penelitian serupa telah dilakukan juga di beberapa negara EFL seperti Iran dan telah memberikan hasil hampir 85% keberhasilan meningkatkan pronunciation siswa.

Apakah tidak ada aplikasi serupa? Tentu ada namun Rosetta Stone satu satunya aplikasi yang memberikan fitur secara gratis dan memiliki kinerja yang baik.

Berita Terkini

KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By
Struktural IKA Umsida Telah Dikukuhkan: 1 Alumni Berdayakan 1 Mahasiswa
IKA Umsida Siap Berdayakan Mahasiswa di Dunia Industri
July 11, 2024By
Baitul Arqam Umsida: Pimpinan Diharap Perkuat Pondasi Institusi
July 10, 2024By
Umsida Bekerjasama dengan Baznas Tingkatkan UMKM Sidoarjo
UMKM Naik Kelas Menuju Sidoarjo Berdaya
July 10, 2024By
Mahasiswa Umsida Ikuti Cultural Exchange di Thailand
Mahasiswa Umsida Ikuti Cultural Exchange di Thailand
July 9, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By