• Alumni
  • Alumni

Sektor IT Jadi Primadoan dalam Masa Transformasi Digital

Umsida.ac.id – Pada saat ini kita sudah memasuki masa transformasi digital dan sektor IT akan menjadi salah satu bidang yang sangat dibutuhkan, “Sekurang kurangnya kita dalam 15 tahun kedepan membutuhkan sekitar 9 juta talent digital, yang berarti kita membutuhkan setidaknya 600 ribu talent dalam setiap tahunnya.” Yang dikutip dari perkataan Johnny G. Plate selaku Mentri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) telah menyediakan 4 keunggulan dalam bidang digital yang terdapat pada prodi Teknologi Informatika yaitu Rekayasa Perangkat Lunak yang mempelajari Data Mining, Teks Mining, Pemrograman Mobile dan lain lain. Selanjutnya ada Game dan Multimedia yang mengajarkan tentang Pemodelan Game, Pemrograman Game, Desain dan Aplikasi Multimedia.

Kemudian ada Sistem Cerdas yang mengajarkan tentang Jaringan Saraf Tiruan, Logika Fazi, Sistem Pakar dan lain lain. Serta yang terakhir ada Jaringan Komputer yang mengajarkan tentang Pengamanan Security Computer, Pemrograman Ke Distribusian, Forensik Digital dan masih banyak lagi.

Maka dari itu Teknik Informatika sangat dibutuhkan dalam mengembangkan Indonesia menjadi lebih maju, karena sektor IT yang sangat luas, “IT ini menarik ya, saya pernah membaca kalau 5 dari 10 orang terkaya datang dari teknik informatika, seperti Amazon (Jeff Bezos), Facebook (Mark Zuckerberg), Google (Larry page), Perusahaan Game (Ma Huateng), Orade Corporation (Larry Ellison),” Ujar Yuliani Findawati ST M MT sebagai dosen dan Kaprodi Teknik Informatika selama dua periode.

Beliau juga menyampaikan “Kita ingin melahirkan berbagai macam talent digital yang dapat berguna bagi masa depan,” ujarnya. Untuk melahirkan mahasiswa dan mahasiswi yang bertalenta di bidang informatika, selaku host dan dosen Multimedia Cindy Taurus S ST MT menyampaikan, “Talent digital berasal dari gabungan antara hard skill dan soft skill. Untuk menciptakan hard skill para mahasiswa Teknik Informatika, kita telah menyediakan adanya peminatan yang sangat berguna dalam bidang Mengolah Data, Jaringan Data, Artifisial Intelegent dan Coding,” ujar cindy

“Anak muda itu harus lebih kreatif dan inovatif di kala perkembangan Teknologi yang sangat pesat ini,” Imbuh Yuliani Findawati.

Adapun saran yang disampaikan untuk menjadi mahasiswa yang unggul, “Harus benar benar memanfaatkan waktu sebaik mungkin, seperti mengikuti berbagai perlombaan, organisasi, seminar, pelatihan di bidang IT. Karena sebuah prestasi tidak hanya dinilai dari dalam kampus tetapi juga luar kampus yang akan memunculkan soft skill yaitu meningkatkan rasa percaya diri, dapat bersosialisasi, kemampuan dalam menyelesaikan suatu masalah, mampu berfikir kritis, kreatif, dan mempunyai jiwa kepemimpinan.” Ungkap Cindy Taurus menambahi.

Bahkan saat ini ada 6 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) Teknik Informatika yang sudah masuk ke program bangkit 2021 yang diadakan Kemendikbud, yang menggantikan 20 SKS dengan berkuliah menggunakan program pemerintahan yang saat ini hanya ada di Teknik Informatika saja. Serta beberapa prestasi yang didapat seperti juara pada lomba IT Fest tahun 2019, yang tak luput dari dukungan para dosen dan fasilitas kampus Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA).

Karena pengetahuan bidang IT sangatlah dibutuhkan karena seorang talent digital dapat menjadi Programmer, Network Arsitek, Web Developer, Perancang Game, Desainer Development, Sistem Analis, dan seorang Entrepreneur.

“Untuk itu ayo kita saling memajukan Indonesia bersama dengan transformasi digital saat ini untuk memberikan kontribusi yang nyata.” Pesan Bu Yuliani Findawati di akhir sesi wawancara.

Penulis: Zhahlya Amaldha Sahara

edit : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI