Siapkan Mudik Aman agar Hati Tenang

Siapkan Mudik Aman agar Hati Tenang

Oleh: Dr. Ir. Jamaaluddin, MM.

Umsida.ac.id-Mudik adalah tradisi pulang ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia. Budaya ini tidak dapat dielakkan. Meninggalkan kediaman kita untuk beberapa saat berpindah menuju kampung halaman kelahiran. Agar dapat dilaksanakan mudik dengan aman dan hati ini menjadi tenang, maka berikut adalah beberapa hal penting yang perlu disiapkan berkaitan dengan mudik.

  1. Kesiapan kendaraan: Mudik umumnya dilakukan dengan kendaraan pribadi seperti mobil, sepeda motor, atau bus. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik dan aman untuk dikendarai.
  2. Persiapan perjalanan: Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan mudik. Siapkan makanan dan minuman yang cukup, peta atau GPS, uang tunai dan ATM, serta obat-obatan yang mungkin diperlukan.
  3. Keselamatan di jalan: Selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara. Perhatikan rambu-rambu lalu lintas, jangan mengemudi terlalu cepat atau mabuk, dan jangan menggunakan ponsel saat berkendara.
  4. Ketersediaan tiket: Jika Anda bepergian dengan transportasi umum seperti bus atau kereta api, pastikan untuk memesan tiket dengan waktu yang cukup jauh sebelumnya. Karena pada waktu mudik tiket biasanya cepat habis terjual.
  5. Waktu yang tepat: Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan mudik. Usahakan jangan berangkat pada puncak arus mudik atau kepulangan.
  6. Protokol kesehatan: Saat ini masih dalam masa pandemi, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik saat melakukan perjalanan mudik.
  7. Kesiapan mental: Mudik mungkin terdengar menyenangkan, tetapi perjalanan jauh dan lelah bisa menimbulkan stres dan kelelahan. Pastikan Anda memiliki kesiapan mental yang cukup sebelum melakukan perjalanan mudik.

Jika perjalanan mudik ini harus meniggalan rumah untuk beberapa hari, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan rumah Anda tetap aman dan terawat selama Anda tidak berada di sana, antara lain:

  1. Pastikan pintu dan jendela tertutup rapat dan dikunci dengan baik. Ini dapat membantu mencegah orang yang tidak bertanggung jawab masuk ke dalam rumah.
  2. Matikan semua peralatan listrik yang tidak perlu seperti televisi, lampu, dan pendingin udara, kecuali yang diperlukan untuk menjaga keamanan rumah seperti lampu pengaman, alarm, CCTV dan lemari es.
  3. Jika terdapat aquarium atau burung, maka dapat dilakukan penyediaan makan yang agak banyak. Sedangkan proses pemberianya, dapat minta tolong ke tetangga, satpam atau dipasang alat pemeberi makan otomatis.
  4. Pastikan kran air dan gas Ini adalah langkah penting untuk mencegah kebocoran dan potensi bahaya kebakaran.
  5. Berikan kunci cadangan pada seseorang yang dapat dipercaya, seperti tetangga atau keluarga terdekat, sehingga mereka dapat memeriksa rumah Anda secara berkala selama Anda tidak berada di sana.
  6. Pastikan perlengkapan rumah tangga yang mudah terbakar seperti bahan bakar, minyak, dan lilin disimpan dengan aman dan di tempat yang tidak mudah terbakar.
  7. Selalu mematikan koneksi internet atau wifi, pastikan tidak ada yang menggunakan jaringan Anda saat Anda sedang tidak berada di rumah. Namun hal ini tidak berlaku bagi rumah yang memiliki jaringan CCTV.
  8. Pastikan seluruh tumbuhan dan tanaman yang ada di sekitar rumah terawat dengan baik dan disiram secara teratur selama Anda tidak berada di sana.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, anda dapat meninggalkan rumah dengan tenang dan memastikan rumah tetap aman dan terawat selama anda tidak berada di sana. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang akan melakukan mudik. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/ 2023 M.

 

Editor: Dian Rahma Santoso

Berita Terkini

program KKN internasional
4 Pesan Warek 3 Umsida Saat Lepas Mahasiswa KKN Internasional dan MAS
July 18, 2024By
Edukasi UMKM Pentingnya HPP dan Fintech
Edukasi UMKM Pentingnya HPP dan Fintech
July 18, 2024By
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 17, 2024By
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
July 15, 2024By
PIPA Umsida di Kongres PPII 2024
Ikuti Kongres PPII, PIPA Umsida Siapkan Science Education Journal Sinta 2
July 15, 2024By
KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

briket cangkang kelapa sawit
Olah Limbah Cangkang Kelapa Sawit, Mahasiswa Umsida Juara 2 Lomba Nasional
July 17, 2024By
IMEI Umsida
Rektor Umsida Sambut Hangat Kepulangan Sang Juara, Ini Pesannya
July 16, 2024By
IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By