• Alumni
  • Alumni

Solusi Cerdas Desa Lewat Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Web

Umsida.ac.id – Aqsal Mushaf Sonjaya, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) Mandiri Kelompok 3 Desa Mojowatesrejo, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menyampaikan materi KKN-P dengan judul “Aplikasi Sistem Informasi Desa Berbasis WEB” dalam acara Webinar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat, yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting dan live Youtube @Umsida1912, Kamis (29/04).

Pria yang akrab disapa Aqsal, menceritakan meskipun desa Mojowatesrejo memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang besar, namun potensi tersebut belum mampu meningkatkan kinerja perangkat desa. Kenyataannya perangkat desa Mojowatesrejo tidak memiliki sebuah aplikasi sistem informasi berbasis web. “Perangkat desa ini tidak memiliki sistem pelayanan kepengurusan surat online, tidak tersampainya informasi yang diolah perangkat desa kepada masyarakat desa. Dan juga sumber daya yang tidak dapat diolah dengan baik karena faktor sistem informasi yang belum ada,” paparnya.

Melihat kondisi tersebut, Mahasiswa Prodi Informatika ini memberikan solusi dalam mengatasi kekurangan sistem informasi berbasis web / online.  Kegiatan yang dilakukan oleh Aqsal antara lain pertama, membuat sistem informasi desa dengan tujuan agar perangkat desa dapat merealisasikan informasi secara tepat dan cepat. Kedua, membuat fitur kepengurusan surat desa berbasis online yang berfungsi agar masyarakat tidak perlu lagi datang mengurus surat ke desa secara langsung.

“Kegiatan tersebut dapat menjadi solusi untuk memutus rantai Covid-19. Ketiga, membuat fitur komunikasi pelayanan masyarakat dengan perangkat desa,” ujarnya. Kegiatan tersebut dilakukan agar desa Mojowatesrejo bisa berkembang dan lebih maju dalam bidang Teknologi dan Informasi.

Aqsal mengatakan sistem informasi berbasis Web tersebut bisa diakses melalui smartphone. “Masyarakat atau perangkat desa bisa menggunakan Aplikasi sistem informasi desa berbasis web melalui gadget yang dimiliki masing – masing,” ungkapnya. Ia memberi nama aplikasi sistem informasi web dengan sebutan BERKOBER, yang artinya bersih, kondusif, beradap, dan religius.

Aplikasi Berkober memiliki beberapa situs halaman yaitu beranda, profil desa, lembaga masyarakat, daftar isian, pelayanan dan artikel. Sistem informasi berbasis Web juga bisa dikunjungi oleh semua kalangan baik dari pihak masyarakat Mojowatesrejo maupun masyarakat dari luar, dengan link https://mojowatesrejoberkobar.com .

Ditulis : Anis Yusandita

Edit : Asita Salsabila

Leave a Reply

Berita Terkini

HMTI Umsida Adakan Bagi Takjil dan Buka Bersama
May 8, 2021
Berkah Ramadan, Lazismu Umsida Bagi Takjil Bersama Ormawa
May 5, 2021
Umsida Ikuti Sosialisasi program KIP Kuliah Merdeka 2021
April 30, 2021
Ketua LPPM UMP : Upayakan Potensi Desa Wisata Melalui Kegiatan KKN
April 30, 2021
Berikan Pendampingan Penulisan Sastra Desa Kalialo
April 30, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI