• Alumni
  • Alumni

Tim KKN-P Umsida Ajak Siswa SD Sumbercangkring Kediri Terapkan Pola Hidup Sehat

Umsida.ac.id – Kesehatan merupakan salah satu aspek penting yang berhubungan langsung dengan kehidupan manusia. Ungkapan itu seolah menggambarkan program kerja Tim KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat di SDN Sumbercangkring, Kediri, pada Senin (27/7).

Program kerja itu dilakukan dengan memberikan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan bagi peserta didik kelas 1 dan 2.

Dalam sesinya, tim KKN-P Umsida mengajarkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) pada siswa-siswi di SDN Sumbercangkring.

Tim KKN Umsida Menjelaskan Penerapan Hidup Bersih dan Sehat dalam Sosialisasi di SDN Sumbercangkring

Menurut Ilham Iryanto, Koordinator desa dari tim KKN Sumbercangkring menuturkan, perlu adanya perhatian khusus dalam membiasakan hidup bersih dan sehat pada anak usia dini. “Membiasakan hidup bersih dan sehat pada anak-anak memang tidak mudah, diperlukan kesabaran dan ketelatenan. Untuk itu kebiasaan hidup bersih dan sehat perlu diajarkan sedini mungkin,” ungkapnya.

Mahasiswa prodi Akuntansi ini menambahkan, kegiatan itu digelar dalam upaya meningkatkan kualitas hidup anak usia dini, agar lebih baik hingga dewasa nanti. “Penyuluhan ini perlu dilakukan agar anak-anak terbiasa dengan kebiasaan hidup bersih dan sehat, sehingga nantinya akan terbawa sampai dewasa bahkan akan diajarkan kembali pada keturunan mereka,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Ilham, sangat penting untuk diketahui dan diingat bahwa perilaku cuci tangan menggunakan sabun merupakan perilaku sehat yang sangat efektif untuk mencegah penyebaran berbagai penyakit menular. “Tujuannya adalah agar kebiasaan baik ini dibawa terus oleh anak-anak dan secara tidak langsung akan berdampak pada kesehatan individu. Terutama agar terhindar dari penyakit seperti diare, cacingan pada anak, sampai dengan flu burung,” paparnya.

Untuk lebih menarik perhatian, Tim KKN-P desa Sumbercangkring mengemas langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar menjadi sebuah lagu. “Hal ini dimaksudkan untuk menarik minat anak-anak SDN Sumbercangkring agar tertarik dengan perilaku pola hidup bersih dan sehat. Selain itu, agar anak-anak dengan cepat dan mudah dalam mengingat langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar,” pungkas Ilham.

Ditulis Oleh : Winda Afichamala, Vivi Dwi Anggreini

Editor : Erika Mulia Arsy

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI