• Alumni
  • Alumni

Tim KKN-P Umsida, Berikan Inovasi Olahan Produk Bandeng di Desa Kalipecabean Sidoarjo

Umsida.ac.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) Kelompok 44 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan pengolahan produk ikan bandeng sebagai upaya peningkatan dan pengembangan produk bagi masyarakat di Desa Kalipecabean, Sidoarjo, pada Sabtu (06/03).

Produk pengolahan ikan bandeng tersebut diberi nama “Dimsum Bandeng” yang menjadi salah satu penghasilan warga desa Kalipecabean. Kegiatan ini dilanjutkan membagikan tips dan cara mengolah produk dimsum melalui sosialisasi agar dapat diimplementasikan oleh warga setempat di rumah masing – masing.

Seperti yang diketahui, Sidoarjo dikenal sebagai Kota Bandeng menjadikan kekayaan sumber daya alam seperti ikan bandeng, udang, kerang, dan kupang. Oleh karena itu sidoarjo memiliki makanan khas seperti otak-otak bandeng, bandeng asap, bandeng presto, dan olahan bandeng lainnya.

Silvi Aulia selaku Sekretaris KKN-P mengusulkan ide olahan dimsum. “Sangat jarang apabila ikan bandeng diolah menjadi dimsum, yang memiliki kandungan protein sangat baik,” ujarnya. Selain itu, ia menambahkan bahwa di balik rasanya yang gurih dan lezat, ikan bandeng juga mengandung vitamin B serta asam lemak omega-3 (EPA dan DHA). Bahkan, kandungan omega-3 tersebut bisa menyaingi ikan salmon, tuna, dan tongkol.

Tim KKN-P Desa Kalipecabean, berharap dengan adanya inovasi pengolahan dimsum ikan bandeng ini mampu memberikan gambaran kepada masyarakat. Tentunya dijadikan sebagai inovasi dan usaha mandiri dengan tujuan meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sidoarjo khususnya di desa Kalipecabean.

Ditulis : Faradila Vitaningdyah

Editor : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI