• Alumni
  • Alumni

Mahasiswa KKN-P Kelompok 40 Merevitalisasi Kebun TOGA Ikon Desa Lebaniwaras

Umsida.ac.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan (KKN-P) kelompok 40 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) lakukan revitalisasi kebun TOGA yang sempat jadi Ikon Desa Lebaniwaras, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, Kamis (11/03).

Kebun TOGA ini menjadi salah satu karakteristik dan kebanggaan Desa Lebaniwaras. Kasimin (73) selaku perawat dan pemilik kebun TOGA yag ada di depan rumahnya itu mengaku, dulu ia sangat giat dan semangat merawat kebun TOGA tersebut. Namun karena adanya kendala dan beberapa hal lainnya, kebun TOGA ini menjadi tidak terawat lagi dan rusak.

Saat rapat pembukaan mahasiswa KKN-P kelompok 40, Kepala Desa Lebaniwaras, H. Adi menyampaikan bahwa kebun TOGA ini tidak terawat sebab Kasimin mengalami sakit. Sehingga tidak dapat melanjutkan perawatan kebun tersebut.

Kegiatan pengembangan, penataan ulang, dan perawatan area kebun TOGA dilakukan oleh mahasiswa KKN-P kelompok 40 selama seminggu. Kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa KKN-P kelompok 40  ini mendapat apresiasi oleh beberapa Masyarakat yang menyaksikan.

 “Adanya KKN Umsida ini dapat membuka wawasan, khususnya kami masyarakat Desa Lebaniwaras bahwa TOGA tersebut harus dapat dimanfaatkan sebagai semestinya. Menurut saya, upaya mahasiswa membersihkan lahan TOGA tersebut secara tidak langsung dapat dilihat oleh masyarakat juga. Harapan saya masyarakat dapat turut andil dengan penghidupan TOGA tersebut,” tutur H. Adi.

Mahasiswa KKN-P kelompok 40 juga berharap, dengan adanya semangat dan niat yang tinggi dari masyarakat Desa Lebaniwaras ini dapat menjadi langkah awal untuk kembali bekerja sama dalam mempertahankan dan merawat kebun TOGA yang telah ada. Sehingga kebun TOGA tersebut dapat kembali menjadi Ikon Desa.

Penulis : Dyah Suryani

Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI