• Alumni
  • Alumni

Umsida Ajak Warga Tlasih Kurangi Sampah Popok Sekali Pakai

Umsida.ac.id – Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo adakan pelatihan pembuatan popok reusable kepada warga Desa Tlasih Kecamatan Tulangan sebagai upaya mengurangi sampah popok sekali pakai. Pelatihan yang diadakan sore tadi adalah salah satu rangkaian lanjutan dari Program Pengabdian Masyarakat yang sedang dilaksanakan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo saat ini.

Kegiatan yang diadakan sore ini di latarbelakangi oleh masih banyaknya permasalahan terkait sampah popok yang masih belum ditemukan solusinya, karena secara teknologi masih belum ada dan mitos-mitos yang berkembang di masyarakat terkait larangan pembakaran sampah popok di masyarakat akan menimbulkan efek bagi bayi.

“Dari permasalahan sampah popok dan mitos-mitos yang berkembang di masyarakat saat ini. Kami melihat ada harapan dan solusi yang bisa kita lakukan bersama. Kita melakukan kegiatan ini secara bertahap, yang pertama ditahun kemarin kita sudah adakan sosialisasi terlebih dahulu tentang bahaya sampah popok sekali pakai, selanjutnya tahun ini tahap realisasi atas solusi yang kita canangkan kemarin yakni kita adakan pelatihan pembuatan popop reusable,” Ujar Poppy Febriana selaku Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Ilmu Komunikasi saat dihubungi umsida.ac.id, Senin (1/3)

Dalam sambutannya Poppy Febriana memaparkan jika sebelumnya ia dan tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo telah mengadakan survei di sekitar Desa Tlasih, dan ternyata masyarakat Desa Tlasih masih banyak yang belum tahu tentang popok reusable.

“Hasil survei yang kita lakukan sebelumnya adalah masyarakat masih belum tahu kegunaan dan fungsi tentang popok reusable ini. Dan setelah kita tawarkan untuk mengadakan pelatihan ini banyak respon atau tanggapan positif dari masyarakat yang ingin sekali mengetahui dan membuat popok reusable ini,” Tandas Poppy Febriana.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan yang dilakukan sore ini antusias masyarakat untuk bisa membuat dan menerapkan popok reusable di lingkungan Desa Tlasih ini disambut dengan sangat baik. Acara pelatihan sore ini dihadiri oleh perwakilan dari ibu-ibu kader PKK, dan kader Posyandu.

Diakhir acara Poppy Febriana menambahkan harapannya kedepan kepada warga Desa Tlasih yang telah mengikuti acara pelatihan tadi sore dapat menularkan ilmunya sekaligus mengajari kepada ibu-ibu yang lainnya, hal ini juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya pengurangan limbah atau sampah popok sekali pakai yang telah menjadi masalah di lingkungan selama ini.

di tulis : Popy febriana

Edit : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI