Menyokong Percepatan Kampus Unggul Umsida Diskusikan Pengembangan MBKM Program ISS PKKM

Menyokong Percepatan Kampus Unggul Umsida Diskusikan Pengembangan MBKM Program ISS PKKM

Umsida.ac.id– Untuk meningkatkan pengembangan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) program Institutional Support System (ISS)  Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Direktorat Akademik (DA) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan forum diskusi.

Diskusi ini menjelaskan mengenai berbagai hal yang dapat menyokong pengembangan MBKM dan memajukan Umsida lebih cepat lagi. Dalam target Rektor Umsida menjadikan Umsida 2025 menjadi kampus unggul masih banyak hal yang perlu dikejar dan diperbaiki agar segera sampai ke titik tujuan bersama-sama.

Salah satu titik fokusnya adalah Lembaga Sertifikasi Profesional (LSP) di Umsida, sebagai lembaga yang wajib memastikan kualitas mahasiswa dan memberikan lisensi terhadap keahlian mahasiswa sebelum mereka diterima oleh sebuah perusahaan LSP.

prof ihyaul ulum

Prof Dr Ihyaul Ulum MSi Ak CA sebagai pemateri sinergi kurikulum dengan sertifikasi kompetensi mahasiswa mendukung Umsida sebagai Center of Excellence menyampaikan bahwa masih banyak masalah LSP di setiap universitas adalah ketidaksenambungan antara kurikulum yang mahasiswa dapat selama berkuliah dengan skema yang di ujikan.

“Seringkali yang terjadi adalah mahasiswa selama kuliah diajarkan untuk berenang tapi ketika lulus diuji bagaiamana caranya berkuda, lah… secara tidak langsung ini nggak nyambung. Hal ini yang jangan sampai terjadi atau harus kita minimalisir jangan sampai skema yang ada di LSP ini sama seperti pengibaratan yang saya ucapkan tadi,” paparnya.

Prof Ulum juga menyampaikan kewajiban dan tanggung jawab LSP ini adalah sebagai panjang tangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang harus memastikan mahasiswanya layak untuk menjadi tenaga profesional karena menurutnya mahasiswa ini seperti produknya kampus.

“Mohon maaf apabila ada yang kurang setuju dengan pendapat saya, mahasiswa ini ibarat produknya, kampus itu ibarat pabrik yang memproduksi mereka, perusahaan atau instansi yang akan memperkerjakan mereka adalah konsumennya, sedangkan LSP adalah bagian quality control yang harus memastikan produknya memiliki kualitas yang layak di terima oleh konsumen. Jika pengibaratan ini mampu kita terapkan di kampus maka kualitas lulusan Umsida ini nantinya akan mampu membawa nama kampusnya apabila mereka memiliki kualitas yang bagus dan didampingi oleh lisensi keprofesionalnnya,” jelasnya.

Skema yang dapat diimplementasikan di LSP dan di buat oleh masing masing prodi pun dijelaskan secara detail olehnya, mana skema yang perlu ditambahkan bahkan skema yang sepertinya sudah tidak layak untuk dipakai lagi telah dipaparkannya menurut pengalamannya dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Tidak hanya mengenai sertifikasi profesi kegiatan ini juga memberikan sharing session mengenai strategi persiapan akreditasi internasional mendukung akselerasi implementasi MBKM.

prof markus hartono

Pentingnya akreditasi internasional ini disampaikan oleh Prof Ir Markus Hartono ST MSc PhD CHFP IPM.

“Akreditasi ini tujuannya untuk menjamin mutu program studi terutama lulusan secra eksternal di bidang akademik dan non akademik sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada masyarakat domestik dan global,” terangnya.

“Manfaat dari akreditasi internasional ini juga dapat diterima oleh berbagai pihak, dari mahasiswa mereka dapat memperoleh pendidikan berstandar global, bagi program studi dan perguruan tinggi adalah sebagai sebuah komitmen prodi untuk memberikan pendidikan yang di akui dalam skala global, selanjutnya untuk masyarakat,industri dan pemangku kepentingan adalah memastikan perolehan lulusan atau tenaga kerja sesuai dengan tuntutan dunia kerja global,” paparnya.

Dekan fakultas industri kreatif di Universitas Surabaya (Ubaya) ini membagikan pengalamannya terutama di bidang teknik industri mengenai IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education) dan LAM TEKNIK (Lembaga Akreditasi Mandiri khusus bidang keteknikan.

(Rani Syahda Hanifa)

*Humas Umsida

Berita Terkini

yudisium FST 2024
Yudisium FST 2024, Angkatan Pertama yang Berpedikat Institusi Unggul
June 15, 2024By
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
June 15, 2024By
juara kompetisi ICEMSS
Mahasiswa Umsida Bawa Pulang 11 Prestasi dari Bandung
June 14, 2024By
ICEMSS Manajemen Umsida
Gandeng 5 Negara, Prodi Manajemen Umsida Gelar ICEMSS di UPI
June 14, 2024By
halal center umsida
Halal Center Umsida Kembali Dipercaya PT CAS untuk Sertifikasi Halal Resto dan Gerai
June 13, 2024By
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
June 13, 2024By
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
June 12, 2024By
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
June 11, 2024By

Riset & Inovasi

prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By
Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By

Prestasi

PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By