Internasionalisasi Kampus, Umsida – UniSZA Serah Terima Mahasiswa dan Penandatanganan Matching Grant

Umsida.ac.idUniversitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Malaysia melakukan penandatanganan Letter of Intent (LOI) International Matching Grant dan serah terima mahasiswa Internasional Credit Transfer di Kampus 1 Umsida, Senin (3/10).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor III Umsida Dr Eko Hardiansyah MPsi Psikolog, Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Umsida Dr Istikomah M Ag, Wakil Dekan FAI  Dr Imam Fauji Lc MPd, Ka. Prodi Magister Manajemen PAI Dr Eni Fariyatul MPd I, Ka. Prodi PAI Dr Anita Puji Astutik MPd I, Ka. Prodi Pendidikan Bahsa Arab (PBA) Khizanatul Hikmah SS MPd, Ka. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Moch Bahak Udin By Arifin SPd I MPd I, Ka. Prodi Perbankan Syariah Fitri Nur Latifah, SE ME Sy.  

Sementara pihak UniSZA yang hadir adalah Dekan Fakulti Pengajian Kontemporari Islam UniSZA Malaysia Prof Dr Engku Ahmad Zaki Bin Engku Alwi, Prof Madya Dr Normadiah Daud, Prof Madya Dr Nadhirah Nordin, dan Ustaz Abdul Aziz Sulaiman.

Melalui sambutannya, Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Dr Istikomah M Ag menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar civitas akademika UniSZA yang telah menjalin kerjasama sejak 2018. “Kerjasama yang dibangun kemarin hanya seputar International Students Mobilty berkredit, namun di tahun ini kita akan memperluas kerjasama kita untuk matching grant. Alhamdulillah kita dengan Unisza telah menyepakati beberapa poin yang terkait dengan masalah riset internasional ini,” ujarnya.

Diskusi anatara pihak UniSZA dan Umsida di kampus 1 Umsida

Senada dengan hal tersebut, Warek III Umsida Dr Eko Hardiansyah MPsi Psikolog menuturkan kegiatan kerjasama ini menjadi penting, sehingga ia sangat menyambut baik adanya kegiatan ini. Ia juga menyinggung bagaimana umat Islam pernah mengalami masa kejayaan yang salah satu cirinya adalah betapa akrabnya para pemimpin negara dinasti islam saat itu dalam melakukan kolaborasi antar bangsa sehingga menghasilkan perkembangan akulturasi budaya yang luar biasa.

“Nah karena itu dengan kehadiran bapak ibu di tempat kami, tentunya kami akan banyak belajar dari bapak ibu sekalian tentang bagaimana kemajuan teknologi budaya pemikiran sehingga akan melahirkan suatu zaman baru dimana umat islam akan membangun suatu peradaban yang lebih baik,” tuturnya.

Ia kemudian berharap kegiatan bisa lebih berkembang seperti diadakannya pertukaran dosen. “Kita berharap kerjasama  yang kita lakukan ini jangan berhenti sampai di sini saja, bisa terus berkembang dan bisa speak out hal-hal lain yang lebih bermanfaat, pun dengan pihak lain yang bisa terlibat,” lanjutnya.

Sementara, Dekan Fakulti Pengajian Kontemporari Islam Prof Dr Engku Ahmad Zaki Bin Engku Alwi menyebut ini kali ketiga Umsida dengan UniSZA melaksanakan kerjasama International Students Mobility.  “Jadi ini merupakan suatu kerjasama yang sangat baik dan saya mewakili Unisza mengucapkan banyak terima kasih kepada Umsida yang sudi bekerjasama dengan kami. Dan insya allah akan ada lagi program-program lain yang akan kita rancang bersama nanti,” pungkasnya.

Diketahui mahasiswa Umsida yang akan berangkat ke Malaysia sebanyak 6 orang di antaranya Faris Sayyidan (Pendidikan Agama Islam), Livana Amelia (Pendidikan Bahasa Arab), M. Chafid Dhuha (Pendidikan Agama Islam), Alifiah Cahyarani (Pendidikan Bahasa Arab), Ayda Khairina Sabila (Pendidikan Agama Islam), Faishal Akbar Romadhoni (Pendidikan Bahasa Arab). Sedangkan mahasiswa UniSZA yang akan belajar di Umsida sebanyak 4 mahasiswa antara lain Nurul Aqilah Ilyas, Muhammad ‘Ammar bin Ahmad Kamal, Puteri Nurul Ashiqin binti Rodzman, dan Jannah Binti Hassan Adli Mahasiswa UNiSZA. Nantinya seluruh mahasiswa ini akan menemempuh perkuliahan selama 1 semester.

 

(Shinta Amalia Ferdaus)

*Humas Umsida

Berita Terkini

KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By
Struktural IKA Umsida Telah Dikukuhkan: 1 Alumni Berdayakan 1 Mahasiswa
IKA Umsida Siap Berdayakan Mahasiswa di Dunia Industri
July 11, 2024By
Baitul Arqam Umsida: Pimpinan Diharap Perkuat Pondasi Institusi
July 10, 2024By
Umsida Bekerjasama dengan Baznas Tingkatkan UMKM Sidoarjo
UMKM Naik Kelas Menuju Sidoarjo Berdaya
July 10, 2024By
Mahasiswa Umsida Ikuti Cultural Exchange di Thailand
Mahasiswa Umsida Ikuti Cultural Exchange di Thailand
July 9, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By