• Alumni
  • Alumni

Tim PGSPA Umsida dan INOVASI Lakukan Uji Coba Keterbacaan Modul Responsive Gender Lewat SD Muhamamdiyah I Candi Labschool

Umsida.ac.id – Pusat Studi Gender dan Perlindungan Anak (PSGPA) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama Inovasi untuk Sekolah Indonesia (INOVASI) melakukan uji coba keterbacaan modul pendampingan responsive gender di SD Muhamamdiyah I Candi Labschool Umsida,  Selasa (22/11). Inovasi adalah program kemitraan pemerintah Indonesia dan Australia.

Acara  ini di ikuti pimpinan SD Labschool beserta guru wali dari kelas 1-6. Pada kegiatan ini, mereka para pimpinan SD diminta untuk menganalis keterbacaan modul pendampingan responsive gender yang diberikan oleh Tim PGSPA dan INOVASI. Modul ini memiliki target memberikan training yang menyasar kepada para kepala sekolah, guru, siswa, dan wali murid.

Kemil Wachidah M Pd, Ketua PGSPA Umsida mengatakan jika kerjasama ini nantinya bisa mewujudkan rancangan sekolah responsif gender. “Harapannya, semua perangkat di sekolah paham akan konsep gender. sehingga tidak ada diskriminasi atas dasar gender di sekolah. dan tidak ada penggambaran hanya satu jenis kelamin dalam kegiatan tertentu, sehingga dapat menghambat siswa untuk berpartisipasi secara efektif saat proses belajar,” tuturnya.

APra guru wali kelas 1-6 dan kepala sekolah mengikuti uji coba keterbacaan modul responsive gender

Kepala sekolah SD Muhamamdiyah I Candi Labschool Umsida, Muhammad Haidar Abdillahmenyambut positif uji coba keterbacaan modul responsif gender ini, “Saya sangat mendukung kegiatan ini, karena melihat tidak semua sekolah menerapkan konsep gender di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Dalam kerjasama INOVASI dan PSGPA ini terdapat pembuatan modul Responsif Gender meliputi 11 unit, diantaranya unit memahami konsep gender, memahami sekolah responsif gender, sistem manajemen dan ekstrakurikuler responsif, perencanaan pembelajaran responsif gender, bahan ajar responsif gender di SD, penggunaan bahasa responsif gender di kelas, pengaturan kelas responsif gender, interaksi kelas responsive gender, kekerasan berbasis gender di SD, peran keluarga responsif gender, dan unit tolerasi.

*Humas Umsida

 

Leave a Reply

Berita Terkini

LKBH Umsida Laksanakan Pelatihan Paralegal dan Ansos
November 27, 2021
Raih Prestasi Beruntun, Mahasiswa Prodi Psikologi Berhasil Sukses Kejuraan Karate Nasional
November 27, 2021
Sambut Mahasiswa Program PMM-DN, Umsida Kenalkan Budaya Sidoarjo
November 25, 2021
Tanamkan Mindset Juara, Antarkan Mahasiswa Prodi PGMI Jadi Juara III Kerjunas Karate Undiksa Cup 2021
November 25, 2021
Umsida Raih Prestasi Terbaik II Kinerja Kemahasiswaan dalam AKU 2021
November 24, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI