• Alumni
  • Alumni

Umsida Terima 52 Mahasiswa PMM-DN

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terima mahasiswa Pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) Dalam Negeri (DN) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sebanyak 52 mahasiswa, dari 29 Perguruan Tinggi (PT) negeri maupun swasta, Senin (22/11).

PMM-DN merupakan program pertukaran mahasiswa dalam negeri antar pulau selama satu semester, yang bertujuan memberikan pengalaman kebhinekaan nusantara kepada mahasiswa, dan sistem alih kredit antarperguruan tinggi setara 20 Satuan Kredit Semester (SKS). yang diselenggarakan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Selain itu, tujuan PMM-DN  adalah meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas dan sebagai wadah untuk memperkuat kebangsaan antar mahassiwa melalui pembelajaran lintas budaya.

Pada kesempatannya, Person in Charge (PIC) PMM-DN Umsida Muhammad Yani SE MM menjelaskan teknis pertukaran mahasiswa tersebut. “Mahasiswa mendaftarkan diri terlebih dahulu pada web MBKM atas rekomendasi PT, kemudian Dikti melakukan seleksi dan mengumumkan hasil seleksi, yang terakhir mahasiswa mengikuti perkuliahan pada PT Penerima,” ujarnya. Tidak hanya itu, ia mengatakan 52 mahasiswa yang lolos seleksi program PMM-DN, semuanya akan datang untuk perkuliahan hingga semester usai. Kamis (25/11).

Tidak hanya itu, Pak Yani nama sapaannya mengungkapkan alur pemberangkatan mahasiswa PMM-DN ke Umsida. “PIC PMM-DN Umsida mengaktifkan menu perkuliahan luring, para mahasiswa mendaftar luring dan melengkapi sayarat yang sesuai mata kuliah yang diampu, kemudian setelah mengisi PIC PMM-DN memvalidasi pengajuan mata kuliah, selanjutnya pihak Dikti melakukan verifikasi dan memberikan kepada agen tiket untuk menerbitkan tiket mahasiswa, setelah itu, mehasiswa berangkat ke Umsida,” ungkapnya.

Pihak Umsida sendiri sangat memperhatikan mahasiswa PMM-DN seperti Terkait Tiketing pesawat, Umsida menetapkan tanggal pemberangkatan dan Agen tiket yang bekerja sama dengan kemdikbud ristek menerbitkan tiket. Setelah sampai di bandara Juanda Umsida menjemput mahasiswa tersebut. “Kami juga memberikan list rekomendasi Kost dilengkapi dengan gambar fasilitas  dan Contact Person (CP) pemilik atau pengelola Kost untuk di hubungi mahasiswa,” terangnya.

Yang terakhir, ia berharap mahasiswa PMM-DN dapat memaksimalkan fasilitas belajar yang diberikan Umsida. “Mahasiswa belajar selama satu semester ini, semoga dapat mempelajari budaya yang ada di Sidoarjo khususnya di Jawa Timur (Jatim) pada umumnya, dan tentu mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar, fasilitas yang lengkap, dan ilmu dari Umsida,” pungkasnya.

Ditulis : Muhammad Asrul Maulana

 

Leave a Reply

Berita Terkini

LKBH Umsida Laksanakan Pelatihan Paralegal dan Ansos
November 27, 2021
Raih Prestasi Beruntun, Mahasiswa Prodi Psikologi Berhasil Sukses Kejuraan Karate Nasional
November 27, 2021
Sambut Mahasiswa Program PMM-DN, Umsida Kenalkan Budaya Sidoarjo
November 25, 2021
Tanamkan Mindset Juara, Antarkan Mahasiswa Prodi PGMI Jadi Juara III Kerjunas Karate Undiksa Cup 2021
November 25, 2021
Umsida Raih Prestasi Terbaik II Kinerja Kemahasiswaan dalam AKU 2021
November 24, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI