Kenneth Lee Tze Wui: Media Sosial dalam Industri Pariwisata

Umsida.ac.id – Dalam Seminar International Fellowship Program yang diselenggarakan Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Kenneth Lee Tze Wui MComm dari Universitas Tunku Abdul Rahman menyampaikan terkait The Role of Social Media in Tourism Marketing di Gedung Mini Teater Kampus 1 Umsida, Sidoarjo, Selasa (5/7).

Acara ini menghadirkan Rektor Umsida Dr Hidayatulloh MSi, Dekan FBHIS Wisnu P Setiyono SE MSi PhD, Wakil Dekan FBHIS Poppy Febriana SSos MMed Kom, Asst Prof Dr Anurat Anantanatern dari Departemen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Politik dan Hukum Universitas Burapha, Kenneth Lee Tze Wui MComm dari Universitas Tunku Abdul Rahman, dan Ahmad Riyadh UB SH MSi PhD dari Umsida.

Pada kesempatan itu, Kenneth Lee Tze Wui memaparkan bahwa media sosial merupakan sarana yang dampaknya sangat besar dalam mendorong  dan menghubungkan masyarakat dengan sektor pariwisata. Tercatat di Indonesia sendiri pengguna media sosial mencapai 68,9%, Thailand 81,2%, dan Malaysia 91,7%. Berdasarkan data dari Statista tahun 2022, total seluruh pengguna media sosial mencapai 4,59 miliar orang di seluruh dunia. “Angka ini diperkirakan akan melonjak pada tahun 2027, lima tahun mendatang dari sekarang,” ujarnya.

Media sosial juga telah mengubah cara tradisional mempromosikan pariwisata menjadi lebih modern yakni secara online. Sehingga hal ini mempermudah dan mempercepat para turis menemukan tempat-tempat baru sesuai yang direkomendasikan oleh para turis lainnya melalui media sosial.  “Fakta bahwa ada banyak orang di seluruh dunia menggunakan media sosial, sehingga orang bisa membagikan banyak informasi dengan begitu cepat,”ujarnya.

Sementara itu dalam dunia industri, organisasi pariwisata sudah mulai memanfaatkan dan meingimplementasikan untuk bisnis marketing dan mengintegrasikannya ke dalam strategi komunikasi.  “Untuk pelaku industri, media sosial telah menjadi salah satu elemen kompetisi yang terkuat,” jelasnya.

Terkhir, Kenneth  juga menyebut konten media sosial dapat menumbuhkan keinginan  untuk berkeliling dan kesadaran akan berbagai keindahan dari tempat-tempat yang menarik. Campaign media sosial juga melibatkan para selebritis dan influencer sebagai strategi marketing. Selain itu, media sosial juga dapat menjadi perantara untuk membantu pelanggan mengatur perjalanan mereka, merencanakan dan memantapkan tanggal perjalanan mereka. “Pemesanan online bisa datang dari berbagai sumber, bisa dari halaman media sosial sampai online travel agents,” imbuhnya. (Shinta Amalia/Etik)

*Humas Umsida

Berita Terkini

Palestina Masuki Babak Baru Perjuangan Pembebasan
Palestina Masuki Babak Baru Perjuangan Pembebasan
April 27, 2024By
Manfaat ICT
Manfaat dan Syarat Mengikuti Program ICT
April 27, 2024By
Pelepasan Mahasiswa Umsida PLP 1, Siap Bawa Dakwah Pencerahan
Pelepasan Mahasiswa Umsida PLP 1, Siap Bawa Dakwah Pencerahan
April 26, 2024By
bupati Sidoarjo
Lagi, Bupati Sidoarjo Terjerat Kasus Korupsi, Ini Kata Pakar Umsida
April 26, 2024By
Rektor Umsida: Makna Kejujuran dan Menjaga Hawa Nafsu
Rektor Umsida: Makna Kejujuran dan Menjaga Hawa Nafsu
April 25, 2024By
Wujudkan Tenaga Kesehatan Sadar Kolaborasi, Umsida Gelar Workshop IPE
Wujudkan Tenaga Kesehatan Sadar Kolaborasi, Umsida Gelar Workshop IPE
April 24, 2024By
Try Out UTBK 2024 FBHIS Umsida
Kolaborasi dengan Startup, FBHIS Umsida Gelar Try Out UTBK SNBT 2024
April 24, 2024By
Umsida dan SeeMeCV
Permudah Jenjang Karir Mahasiswa, Umsida Gandeng SeeMeCV
April 23, 2024By

Riset & Inovasi

stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By
kecenderungan media sosial
Pengguna Aktif Media Sosial Cenderung Kesepian, Kata Riset
March 26, 2024By
bullying pada siswa SD
Riset Dosen Umsida Jelaskan 8 Peran Sekolah untuk Mengatasi Bullying
March 25, 2024By

Prestasi

Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
January 19, 2024By
Meja Komposit, Inovasi yang Membuat Umsida Raih Juara Harapan 2 di KISI 2023
December 26, 2023By