[:id]umsida.ac.id – Di era revolusi industri 4.0 pasti sudah tak asing lagi mendengar apa itu digital marketing. Digital marketing sendiri merupakan usaha untuk mempromosikan sebuah merk dengan menggunakan media digital. Kali ini Tim KKN- T yang bertempat di desa Punggul, Gedangan, Sidoarjo ajak warga sekitar untuk ikuti pelatihan. Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 7-22 September 2019 yang bertempat di balai desa Punggul.
Pelatihan ini mengusung tiga pembelajaran yakni design grafis, animasi, dan vidiografi. Dalam pembelajarannya, Rudiyanto selaku koordinator desa langsung mementori pelatihan tersebut. Pelatihan ini sendiri merupakan salah satu program kerja dari tim KKN Terpadu kelompok pertama. Peserta pelatihan ini diikuti oleh karang taruna, IPNU, pelaku UMKM, dan warga desa Punggul. Di minggu pertama, tim KKN ajak peserta pelatihan mengenal desain grafis.
Apresiasi dan sambutan hangat terpancar dari semangat dan antusiasme warga desa dalam mengikuti pelatihan.
“Pelatihan ini sangat membantu karena dapat menunjang pekerjaan atau pemasaran terutama dalam hal digitalisasi,” ucap salah satu warga.
Koordinator desa, Rudi menuturkan, latar belakang desa Punggul sendiri merupakan desa UMKM yang memiliki potensi ekonomi strategis, namun sangat disayangkan ketika penerapan teknologi digital di desa ini belum optimal.
“Tujuan utama tim KKN-T ini adalah ingin memberikan pengenalan dan pemahaman kepada warga desa tentang pentingnya teknologi digital marketing,” tutur Rudi.
Diharapkan dengan terlaksananya proker digitalisasi ini mampu mengoptimalkan pemasaran UMKM yang ada di desa Punggul dan juga memberikan pemahaman terutama kepada pemuda- pemudi untuk mengembangkan desa Punggul ke arah yang lebih maju. (Erika)[:en]umsida.ac.id – In the era of the industrial revolution 4.0, it must be familiar to hear what digital marketing is. Digital marketing itself is an effort to promote a brand by using digital media. This time the KKN-T Team located in the village of Punggul, Gedangan, Sidoarjo invited local residents to join the training. This training took place from September 7-22, 2019 which took place at the Punggul village hall.
This training brings three lessons namely graphic design, animation, and video. In his study, Rudiyanto as the village coordinator directly mentored the training. This training itself is one of the work programs of the first group Integrated Community Service Team. The training participants were attended by youth groups, IPNU, SMEs, and Punggul villagers. In the first week, the KKN team invited the trainees to become familiar with graphic design.
Appreciation and warm welcome emanated from the enthusiasm and enthusiasm of the villagers in attending the training.
“This training is very helpful because it can support work or marketing, especially in terms of digitalization,” said one resident.
The village coordinator, Rudi said, the background of the village of Punggul itself is the village of MSMEs that has strategic economic potential, but it is unfortunate when the application of digital technology in this village is not optimal.
“The main aim of the KKN-T team is to provide villagers with an introduction and understanding of the importance of digital marketing technology,” said Rudi.
It is expected that the implementation of this digitization program will be able to optimize the marketing of MSMEs in the Punggul village and also provide understanding especially for young people to develop the Punggul village in a more advanced direction. (Erika)[:]