tips produktif berpuasa

Anti Lemas, Ini 9 Tips Tetap Produktif Saat Berpuasa

Umsida.ac.id – Bulan Ramadan merupakan salah satu bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Pada bulan ini, umat Islam di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa. Yang artinya mereka harus menahan lapar, haus, dan juga nafsu hingga waktu berbuka. Berpuasa membuat orang terkadang merasa lemas dan lesu karena tidak adanya asupan selama seharian. Namun hal tersebut bukanlah halangan untuk tetap menjaga produktivitas selama Ramadan. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang tips produktif di bulan puasa Ramadan.

Lihat juga: 3 Faktor Ini Mempengaruhi Karakter Islami Anak, Menurut Riset Dosen Umsida

Tips produktif saat puasa
tips produktif berpuasa
Ilustrasi: Unsplash

Lalu, bagaimana cara untuk menjaga tubuh kita tetap produktif selama berpuasa? Berikut tipsnya:

1. Mencukupi kebutuhan nutrisi ketika sahur

Tips produktif yang pertama agar tetap produktif walau sedang berpuasa adalah mengkonsumsi nutrisi yang cukup saat sahur. Mengkonsumsi makanan yang bergizi membuat tubuh tetap kuat saat berkegiatan selama puasa. Jika nutrisi tersebut seimbang maka badan akan lebih siap menjalani kegiatan sehari-hari.

2. Memenuhi cairan tubuh

Tak lupa juga dengan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh saat berpuasa. Mengkonsumsi air putih yang cukup saat puasa bisa menerapkan pola minum air putih 2-4-2. 

Artinya, meminum 2 gelas air putih saat sahur. Caranya bisa dengan cara satu gelas saat bangun tidur atau sebelum makan dan satu gelas setelah makan sahur. Lalu 4 gelas air putih saat makan malam hingga menjelang tidur. Polanya bisa satu gelas air putih sebelum makan, satu gelas air putih setelah makan malam, satu gelas setelah tarawih, dan satu gelas menjelang tidur. 

Lalu 2 gelas selanjutnya saat berbuka. Agar tubuh lebih sehat, biasakan untuk berbuka dengan air putih sebelum  mengkonsumsi lainnya. Saat berbuka, setidaknya pastikan untuk minum 2 gelas air secara berkala.

3. Istirahat yang cukup

Tips produktif puasa yang ketiga adalah waktu tidur yang cukup. Selama bulan puasa, pastikan jam tidur tidak sama seperti hari biasanya. Saat malam hari biasakan untuk tidur lebih awal agar tidak terlewat waktu sahur. 

Karena biasanya saat sahur orang akan merasa kurang tidur yang menyebabkan lebih cepat mengantuk dan lemas di siang hari.

4. Mengatur jadwal harian dengan baik

tips produktif berpuasa
Ilustrasi: Unsplash

Saat puasa, lebih baik membuat to do list khusus agar bisa memilah kegiatan. Lalu prioritaskanlah aktivitas yang paling penting dan dilakukan sesuai waktunya. Dengan begitu, aktivitas akan tetap lancar walau sedang berpuasa. 

Misalnya, memprioritaskan aktivitas yang berhubungan dengan ibadah seperti sholat, mengaji, membaca Alquran, atau berbagi rezeki. 

5. Disiplin waktu

Tips produktif puasa selanjutny adalah disiplin tehadap waktu. Dengan memiliki jadwal harian atau to do list, kita bisa mencapai produktivitas yang optimal saat Ramadan. Tips produktif kelima ini bisa digunakan untuk menghindari penundaan dan menjaga fokus pada aktivitas yang harus diselesaikan. 

Lihat juga: Dosen Umsida Jelaskan Kesinambungan 3 Ilmu Pengetahuan Alam Ini dan Nilai-Nilai Islam

Jangan lupa juga untuk mengatur jadwal yang fleksibel. Terkadang, jadwal tersebut bisa berubah secara tak terduga, dan siapkan juga jadwal untuk melakukan penyesuaian jika diperlukan.

6. Tetap berolahraga

Olahraga memang menguras tenaga. Tapi berolahraga juga bisa meningkatkan produktivitas saat berpuasa. Perlu dicatat bahwa olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga ringan yang tidak mengeluarkan energi terlalu banyak. Misalnya dengan jalan santai, bersepeda, atau yoga.

7. Tidur siang

tips produktif berpuasa
Ilustrasi: Unsplash

Tidak ada salahnya untuk tidur siang saat puasa, karena hal itu juga merupakan salah satu pahala yang bisa didapatkan. Tapi sebaiknya tidur siang hanya selama 30 menit saja. 

Karena jika terlalu lama, tubuh justru akan semakin lemas, menyebabkan sakit kepala, dan sulit tidur pada saat malam hari. Perhatikan pula waktu yang tepat untuk tidur siang, setelah menjalankan salat zuhur misalnya.

8. Menghindari aktivitas yang berat di siang hari

Lemas, letih, lesu, dan kehilangan tenaga saat puasa seringkali terjadi pada saat siang hari. Oleh karena itu, hindarilah pekerjaan berat di siang hari, terutama ketika matahari sedang terik atau menjelang berbuka puasa.

Hal itu bisa mengakibatkan energi akan terkuras dan membuat tubuh semakin lelah. Jika ingin melakukan kegiatan yang berat atau pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi, hendaknya dilakukan di waktu tenang. 

9. Tidak tidur Setelah sahur

Tips produktif berpuasa yang terakhir adalah tidak tidur setelah sahur. Aktivitas yang satu ini mungkin banyak yang melakukan. Namun hal ini perlu dihindari. Tidur setelah sahur membuat tubuh menjadi lebih lelah dan lesu saat bangun. Selain itu, tidur setelah sahur juga bisa dapat mengganggu ritme tubuh dan sulit bangun tepat waktu menjelang berbuka puasa.

Lihat juga: Prof Nahla Sebut Muslimah Sekarang Hadapi 5 Tantangan Ini

Aktivitas ini bisa digantikan dengan hal yang bermanfaat lainnya, seperti membaca Al-Quran, melakukan ibadah sunnah, atau berolahraga pagi.

Itulah 9 tips produktif walau sedang berpuasa. Puasa Ramadan bukanlah halangan bagi kita untuk melakukan aktivitas seperti biasanya, bukan? Ingin mengetahui informasi menarik lainnya? Kamu bisa mengunjungi lama Instagram Umsida hanya si @umsida1912.

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

kuliah tamu UTAR
2 Dosen Umsida Jadi Pembicara pada Kuliah Tamu di UTAR Malaysia
April 19, 2024By
Muliakanlah tetanggamu
Memuliakan Tetangga Dapat Meningkatkan Keimanan Kita?
April 18, 2024By
belajar Kemuhammadiyahan
Walau Heterogen, Semua Orang Perlu Tahu Pentingnya Belajar dan Bersyukur
April 17, 2024By
maaf dan syukur
Makna Halalbihalal, Rasa Saling Memaafkan, dan Bersyukur
April 17, 2024By
halalbihalal Umsida 2024
Halalbihalal Umsida dan Syukuran Akreditasi Institusi Unggul
April 16, 2024By
belajar
Belajar Saja Tidak Cukup Raih Kesuksesan, Kamu Perlu Tau Ini!
April 14, 2024By
seni
Haramkah Seni Dalam Perspektif Islam?
April 12, 2024By
khotbah pentingnya kejujuran
Pentingnya Kejujuran Disampaikan Rektor Umsida Dalam Khotbah
April 11, 2024By

Riset & Inovasi

stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By
kecenderungan media sosial
Pengguna Aktif Media Sosial Cenderung Kesepian, Kata Riset
March 26, 2024By
bullying pada siswa SD
Riset Dosen Umsida Jelaskan 8 Peran Sekolah untuk Mengatasi Bullying
March 25, 2024By

Prestasi

Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
January 19, 2024By
Meja Komposit, Inovasi yang Membuat Umsida Raih Juara Harapan 2 di KISI 2023
December 26, 2023By