• Alumni
  • Alumni

Authentic Coaching untuk Guru-Guru PAUD dalam Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Smartphone

Umsida.ac.id – Sejak awal tahun 2020, dunia sedang dilanda pandemic Covid-19, dan kebijakan untuk belajar dari rumah secara daring masih tetap harus dilaksanakan oleh semua satuan pendidikan mulai TK sampai Perguruan Tinggi sampai sekarang. Pembelajaran daring memiliki manfaat salah satunya yaitu siswa bisa belajar dimana saja dan kapan saja. Untuk dapat melakukan proses pembelajaran daring dengan efektif, guru dituntut untuk menjadi kreatif dalam menyajikan materi tanpa perlu bertatap muka. Salah satu upayanya yaitu dengan membuat video pembelajaran yang menarik.

Untuk pembelajaran online di PAUD, bisa dilakukan melalui video tutorial yang menarik dan kreatif dengan adanya kehadiran guru dalam video tersebut sehingga anak-anak tetap semangat dalam belajar. Oleh karena itu, Tim abdimas Umsida yang terdiri dari Noly Shofiyah, M.Pd, M.Sc, Choirun Nisak Aulina, M.Pd, dan Dr. Nur Efendi, M.Pd melakukan pelatihan otentik kepada Guru-guru di KB TK Aisyiyah 8 Kalidawir dan TK Aisyiyah 6 Durungbedug tentang pembuatan video pembelajaran berbasis smartphone. Pelatihan dilkasanakan selama dua hari yaitu Kamis dan Jumat tanggal 21 dan 22 Januari 2021 di TK TK Aisyiyah Kalidawir yang diikuti oleh 8 guru secara offline atau tatap muka dengan tetap menjaga protocol kesehatan Covid-19 dengan.

Ketua Pengabdi (Noly Shofiyah) Menjelaskan bahwa “guru-guru PAUD dituntut untuk membuat video pembelajaran yang ada kehadiran dirinya di dalam video tersebut, agar siswa tetap merasakan kehadiran gurunya sehingga anak-anak tetap termotivasi belajar. Sehingga guru-guru tersebut perlu ditingkatkan keterampilannya dalam membuat video pembelajaran yang menarik dan inovatif”.

Pelatihan dimulai dengan penjelasan langkah-langkah membuat video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi kinemaster. Kemudian dilakukan pendampingan untuk guru-guru dalam pembuatan video pembelajatan menggunakan aplikasi kinemaster. Guru-guru diminta untuk merencanakan konsep video pembelajaran yang akan dibuat. Selanjutnya mendowload gambar-gambar yang relevan terkait tema video pembelajaran yang akan dibuat. Hal yang penting disini adalah guru-guru melakukan perekaman video pembelajaran menggunakan green screen yang sebelumnya belum pernah sama sekali dilakukan oleh guru-guru tersebut. Setelah merekam video masing-masing, guru-guru didampingi juga dalam mengedit video tersebut menggunakan aplikais kinemaster agar video pembelajarannya lebih menarik dan kreatif.

Berikut adalah video pembelajaran yang dihasilkan oleh guru-guru baik di TK Aisyiyah 8 Kalidawir dan TK Aisyiyah 6 Durung Bedug.

Bu Sinta dari TK Aisyiyah 8 Kalidawir
Bu Retno dari TK Aisyiyah 6 Durung Bedug

Kepala Sekolah TK Aisyiyah 8 Kalidawir menyatakan bahwa “Kegiatan ini sangat bermanfaat secara pengetahuan dan keterampilan di bidang pekerjaan mereka yaitu guru PAUD. Selain itu pelatihan yang dilakukan sangat inovatif dengan menggunakan metode yang interaktif.

Sedangkan menurut salah satu guru mengatakan bahwa “Sebelumnya memang saya sering mendengar aplikasi kinemaster, tetapi saya kurang bisa mengoperasional aplikasi tersebut. Setelah ada pelatihan ini, saya sekarang sudah bisa mengedit video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi kinemaster. Sehingga video pembelajaran yang saya buat lebih menarik siswa untuk belajar”.

ditulis : Ping darojat

edit : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI