• Alumni
  • Alumni

Bekali Mahasiswa Lewat Analisis Kebijakan, Prodi AP Umsida Lakukan Pelatihan Riset

Umsida.ac.id – Dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai riset kebijakan, maka Laboratorium Kebijakan Publik dan Manajemen Pelayanan program studi (prodi) Administrasi Publik (AP) Fakultas Bisnis Hukum Dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menyelenggarakan Pelatihan Riset Kebijakan, Jum’at (5/11).

Acara tersebut diperuntukkan semester 5 dan semester 7 yang telah menempuh mata kuliah kebijakan publik. Pelatihan Riset Kebijakan dilaksanakan melalui zoom meeting dan diikuti oleh lebih 200 peserta dari seluruh mahasiswa semester 5 dan semester 7 prodi AP.

Acara tersebut menghadirkan narasumber yakni Dr. Isnaini Rodiyah MSi (Dosen Kebijakan Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo) dan Setyo Nugroho MAP (Direktur Program The-Strategic Lab).

Pada kesempatannya, ketua prodi (kaprodi) AP Lailul Mursyidah MAP menghimbau peserta bisa memanfaatkan semaksimal mungkin. “Mahasiswa prodi AP dapat menjadi seorang analis kebijakan yang handal dan kegiatan ini memang dikhususkan untuk mahasiswa semester 5 dan semester 7 sebagai pengantar sertifikasi profesi analis kebijakan serta kedepan akan ada kegiatan pelatihan analisis kebijakan dan penyusunan dokumen kebijakan,” ujarnya.

Direktur Program The-Strategic Lab Setyo Nugroho MAP mengungkapkan bahwa tipe analisis kebijakan ada dua yakni tipe nalis kebijakan akademis yang bersifat eksklusif, lebih berorientasi pada faktor determinan dan tipe analisis kebijakan terapan terfokus pada dampak kebijakan. Kemudian, pemerintah tidak sekedar melahirkan kebijakan tetapi mampu memikirkan apakah kebijakan ini relevan serta dapat menjawab permasalahan publik yang menjadi perhatian masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut, Dr Isnaini Rodiyah M Si menjelaskan pentingnya monitoring kebijakan. “Suatu kebijakan sebaiknya dibuat dengan mempertimbangkan data hasil riset. Setelah kebijakan itu dilaksanakan, juga perlu dilakukan minitoring dan evaluasi agar pelaksanaan kebijakan itu selain terus berada dalam jalurnya, juga memberi dampak secara positif yang mampu menjawab permasalahan publik. Dengan melakukan Riset, pihak-pihak atau stakeholder dapat menerima manfaat dari riset yang dilakukan,” jelasnya.

Yang terkahir, acara ditutup dengan kesimpulan moderator. Hendra Sukmana, MKP (Dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). “Tipe analisis kebijakan ada dua yakni tipe analis kebijakan akademis isi dari kebijakan dan tipe analisis kebijakan terapan, adapun dampak dari kebijakan,” ujarnya.

Ia juga memberikan harapan tentang acara tersebut. “Pada hari ini kita lebih baik dari hari kemarin dan semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat untuk para peserta, khususnya mahasiswa prodi AP,” tutupnya.

Ditulis : Dea Marista
Edit : Muhammad Asrul Maulana

Leave a Reply

Berita Terkini

Umsida Kirim Relawan Psikososial Bantu Pengungsi Semeru
January 18, 2022
Umsida Lepas Mahasiswa Peserta Program Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inbound
January 18, 2022
Kadin Jatim Tanda Tangani MoU Kerjasama dengan Umsida
January 17, 2022
Siapkan Kompetensi Lulusan, Umsida Launching Lembaga Sertifikasi Profesi
January 17, 2022
Perkuat Kerjasama Umsida dan Um Palembang Tanda tangani MoU Catur Dharma Perguruan Tinggi
January 14, 2022

Penerimaan Mahasiswa Baru

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI