• Alumni
  • Alumni

Dukung Kegiatan Desa Kebonsari Lewat Spot Foto dari Barang Bekas

Umsida.ac.id – Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) Kelompok 43, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mendukung kegiatan desa dengan membuat spot foto bertempat di desa Kebonsari, pada Senin (15/03). Mayoritas masyarakat menyukai selfi atau foto , oleh karena itu tim KKN-P Umsida berinisiatif membuat kegiatan tersebut.

Tim KKN-P 43 yang beranggotakan 18 orang ini, memperoleh gambaran untuk mengelola botol bekas agar bisa dipakai lagi. Tak hanya botol bekas kain baju yang sudah tidak dipakai, mahasiswa KKN-P merubahnya dengan pot bunga menjadi lebih menarik. Kegiatan ini mempunyai nilai seni keindahan tersendiri didalamnya.

Pembuatan spot foto bertujuan untuk memenuhi dekorasi panggung kreativitas dimana desa Kebonsari akan melakukan perlombaan yaitu desa berseri tingkat Provinsi. Melalui pengabdian masyarakat, tim KKN-P Kelompok 43 memberikan sumbangsih terhadap pengunjung atau warga setempat.

Spot foto merupakan salah satu program kerja yang direkomendasikan dari Ketua Kader lingkungan desa Kebonsari. Tim KKN-P desa Kebonsari memilih spot foto berupa bunga, dan melihat mayoritas warga yang suka foto adalah perempuan, oleh karena itu mahasiswa KKN-P memilih spot foto yang sesuai dengan keinginan warga.

“Dengan adanya tim KKN-P Umsida desa Kebonsari yang telah memberikan banyak masukan terkait pembuatan spot foto dari pot bunga dari kain perca yang dicampur dengan semen, botol bekas yang diubah menjadi pot bunga gantung, kayu diubah menjadi tulisan nama yang sangat indah,” ujar Ari Suharjo selaku Ketua Kader. Ia menambahkan “Saya mengucapkan terima kasih kepada tim KKN-P 43 yang antusias dan partisipasi dalam melakukan kegiatan desa berseri ini,” imbuhnya.

Untuk pembuatan 10 pot bunga menghabiskan waktu sekitar 3 hari jika musim panas. Meliputi proses pencelupan kain bekas ke dalam semen, pencetakan botol, pengeringan semen, pencetakan menggunakan kaleng, pengeringan semen, pencetakan dasar (awal), hingga pengecatan tahap kedua untuk menghasilkan warna yang lebih menarik.

Tim KKN-P 43 desa Kebonsari berantusias melakukan kegiatan dalam pemanfaatan bahan limbah. Adanya kegiatan ini, mahasiswa KKN-P 43 Umsida berharap agar warga desa sadar akan pentingnya pengelolaan limbah atau sampah dan mau menjadi lingkungan yang bersih, dengan pemanfaatan limbah dari botol bekas dirubah menjadi hiasan warna warni seperti pelangi dan kain baju dirubah menjadi pot bunga. Harapan dari tim KKN-P 43 pembuatan spot foto dapat membuat daya tarik kepada masyarakat Desa Kebonsari.

Ditulis : Devi Minggar Wati dan Devi Yanti
Editor : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI