• Alumni
  • Alumni

Ide Kreatif KKN-P 81 Menata Ulang Taman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Kantor Kelurahan Pogar

ajax loader

Umsida.ac.id – Melihat keadaan taman yang sudah tidak terawat, Tim KKN-P (Kuliah Kerja Nyata Pencerahan) 81 melakukan penataan ulang taman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang ada di kantor Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Selasa (16/3).

“Taman TOGA ini sebenarnya sudah ada sebelumnya, namun kurang terawat dengan baik”, ujar Lailatul Ilviyah, salah satu anggota tim KKN-P 81.

Dalam kegiatan ini, Tim KKN-P 81 menanam bibit baru tanaman TOGA yang bervariasi, seperti jahe merah, jahe putih, kunyit, daun salam, sirih, serai, daun mint, lidah buaya, dan pandan. Satu-persatu bibit ditanam ke dalam polybag, pot bambu dan pot gantung yang mereka buat sendiri. Setelah itu, Tim KKN-P 81 menyulap sebatang bambu menjadi sebuah pot yang cantik, unik, dan tentu saja ramah lingkungan.

Untuk melengkapi keindahan taman, Tim KKN-P 81 membuat pot gantung yang berasal dari limbah plastik botol air mineral. Pembuatan pot gantung ini dengan cara memotong limbah plastik botol air mineral menjadi dua, kemudian diberi tali tampar kecil hingga dapat difungsikan sebagai pot gantung yang unik.

Pemasangan Paranet juga dilakukan agar tanaman yang ada tidak terpapar sinar matahari secara berlebihan atau untuk mengontrol jumlah intensitas cahaya matahari yag masuk ke taman TOGA.

Di setiap tanaman TOGA, Tim KKN-P 81 memasang papan nama tanaman dengan harapan apabila ada warga atau siapa saja yang datang ke Kelurahan Pogar dan melihat taman TOGA akan mengetahui satu-persatu tanaman apa saja yang ada di taman tersebut. Dengan demikian, disamping memiliki sisi kemanfaatan taman TOGA ini secara tidak langsung juga akan mengedukasi orang-orang yang berkunjung.

Tim KKN-P 81 berharap bermula dari penataan ulang taman TOGA di lingkungan Kelurahan Pogar ini dapat menimbulkan minat warga sekitar untuk turut merawat taman TOGA yang memiliki banyak manfaat.

Penulis : A’isyah Mutiara

Edit : Angelia Firdaus

Berita Terkini

Tingkatkan Kerjasama MBKM, Umsida Terima Kunjungan Kerja UBB
August 15, 2022
Umsida Launching Program ISS MBKM
August 12, 2022
34 Mahasiswa Umsida Lolos Program MSIB Batch 3 tahun 2022
August 10, 2022
Prodi PGMI Umsida Adakan Lokakarya Penyelarasan Kurikulum MBK
August 9, 2022
Pendaftaran Semnas Mutu Layanan Pendidikan dan Kesehatan di Indonesia
August 8, 2022

Penerimaan Mahasiswa Baru

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI