• Alumni
  • Alumni

KKN-P Tiru Kidul: Berdiskusi, Berbagi, dan Mengabdi

Umsida.ac.id – Berkah kepatuhan kepada Dosen Pemimbing Lapangan (DPL), kelompok KKN-P Tiru Kidul kecamatan Gurah kabupaten Kediri berhasil menjadi juara pertama buku terbaik yang diumumkan dalam acara penutupan KKN Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) di pelataran Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo, pada Minggu (8/3).

Buku yang berjudul Berdiskusi, Berbagi, Mengabdi, Dari Tiru Kidul Untuk Dunia itu merupakan murni hasil kerja keras tim KKN-P Desa Tiru Kidul. “Dalam prosesnya, buku ini dibuat dengan kesetiaan terhadap menaati setiap arahan yang diberikan oleh DPL kami. Setiap arahan disampaikan secara detail oleh beliau, bahkan dalam penentuan cover pun tidak luput dari pengamatan beliau,” terang Rizal Farista, Koordinator Desa KKN-P Tiru Kidul.

Kelompok KKN-P yang dibimbing oleh Joko Susilo SHum MHum mengaku bahwa ada yang berbeda dalam sajian buku wajib tersebut. “Buku ini berisi tentang kegiatan kelompok KKN kami selama sebulan mengabdi. Namun, dalam bab 3, kami sajikan kisah-kisah pribadi tiap masing-masing anggota selama melakukan pengabdian pada desa,” ungkap mahasiswa yang akrab disapa Rizal.

Menurut mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) ini, kesulitan dan kendala tidak terpisahkan dalam proses penyusunan buku itu. “Tidak ada usaha yang luput dari kesulitan, saat detik-detik pengumpulan buku ini, kami kesulitan melakukan koordinasi terkait proses pencetakan karena ada himbauan mendadak bahwa buku harus dicetak lebih dari dua eksampler,” jelasnya.

Tapi, sambung Rizal, berkat kesabaran dan keikhlasan yang Allah tumbuhkan dalam dada kami, kesulitan itu bisa kami lalui dengan baik. “Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas semua ini. Kami yakin, semua ini merupakan bentuk pertolongan Allah SWT,” tuturnya.

Selain itu, Rizal berharap, “Semoga buku Berdiskusi, Berbagi, Mengabdi, Dari Tiru Kidul Untuk Dunia ini bisa memberikan pelajaran dan manfaat bagi siapapun yang membacanya agar menjadi amal jariyah untuk kami.

Reporter: Iis Wulandari

Editor : Realita tata guna

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI