KKN-T Umsida Desa Keboananom Sajikan Nuansa Instagramable Lewat Ide Vertical Garden

Penulis : umsidaj4y4 September 16, 2019 / Berita

umsida.ac.id- KKN-T Umsida kembali sukses memberikan sesuatu yang berbeda di masyarakat. Melalui Vertical Garden mahasiswa KKN-T Umsida Desa Keboananom sukses atasi permasalahan lingkungan dan suguhkan nuansa instagramable setelah sebulan penuh berjuang bersama warga untuk merealisasikanya. Ide pembuatan taman vertical garden memang sudah lama tapi jarang dikenal dan dikembangkan sehingga mendorong mereka untuk memanfaatkan lahan kosong terutama di dinding dengan tanaman hias yang disusun secara vertical. Menariknya mereka ingin mendorong warga melakukan hal yang sama dengan memanfaatkan limbah botol plastik mengingat banyaknya limbah botol plastik disana.

Vertical garden merupakan program kerja tambahan kelompok KKN-T 03 yang dilaksanakan dengan menggandeng beberapa tokoh masyarakat Desa Keboananom. Beberapa kegiatan diantaranya dilakukan dengan membuat media berupa pengumpulan botol plastik yang dibantu oleh mahasiswa dan masyarakat kemudian dihias menjadi bentuk yang lucu dan unik. Antusias warga terlihat jelas ketika banyaknya warga yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selain mengurangi sampah botol bekas juga menambah penampilan desa menjadi lebih menarik sehingga menjadi tempat instagramable.

”Pembuatan taman vertical memanfaatkan limbah botol plastik yang bertujuan mengurangi sampah botol yang dapat dimanfaatkan menjadi hal yang menarik sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat lainnya,” tegas anggota tim KKN, Fatkhur.

Veritcal garden menjadi salah satu solusi mengatasi sempitnya lahan yang kosong tanpa tanaman sehingga dapat dipakai untuk menanam toga dengan sentuhan hiasan. Panasnya lahan bukan menjadi masalah karena tim KKN telah menyiasatinya dengan membuat hujan buatan di taman tersebut. Dekorasi yang unik menarik minat warga yang lewat atau sekedar jalan-jalan untuk mengabadikanya dengan ber-selfie.

“Program taman vertical garden ini sangat bermanfaat sehingga dapat dimanfaatkan oleh warga,” ujar perangkat Desa Keboananom.

Semakin berkembangnya teknologi dan pengguna internet terutama pengguna Instagram merupakan hal yang posotif bagi pengembang desa melalui spot foto dan icon yang ada di desa untuk menarik minat masyarakat luas. Oleh karena itu selain mengurangi masalah lingkungan vertical garden juga dapat digunakan sebagai salah satu media promosi di Desa Keboananom. Nantinya tim KKN-T Keboananom akan menyediakan MOU guna perawatan tanaman dan spot foto yang telah terealisasi tersebut. Sehingga taman TOGA yang dibangun bersama warga dapat dinikmati bersama dan mendapat perawatan yang cukup. (Lintang)

Related Post