Mahasiswa Ilmu Komunikasi Ajak Masyarakat Bijak Dalam Menyerap Informasi

Penulis : umsidaj4y4 September 16, 2019 / Berita

umsida.ac.id – Bagi generasi milenial, Gadget merupakan suatu hal yang tak dapat dipisahkan dalam kehidupannya. Akan tetapi, gadget juga dapat menimbulkan dampak negatif jika tidak digunakan secara bijak. Dalam menanggulangi dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan gadget, mahasiswa Ilmu Komunikasi semester 7 berkolaborasi dengan Komunitas Kampung Lali Gadget Wonoayu mengadakan Workshop yang bertajuk “Bijak Gadget Menuju Kampung Layak Gadget” pada minggu (15/9/2019).

Bertempat di Balai Desa Pagerngumbuk Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo, kegiatan ini beberapa materi yaitu mengenai cara mengatasi konten negatif youtube dan berita Hoax  serta technopreneur workshop untuk Muda Berkarya. Kegiatan ini juga diharapkan mampu mengedukasi remaja dan para orang tua di lingkungan sekitar untuk bijak menggunakan gadget. Waspada terhadap penyebaran berita hoax. Dan piawai memanfaatkan gadget sebagai ladang usaha.

Kanit idik 1 Pidum Sat reskrim Polresta Sidoarjo, Bapak Hafid Dian Maulidi SH MH memberikan pengetahuan terkait kejahatan melalui media gadget sebagaimana yang tertuang pada Pasal 28 ayat 1 bahwa setiap orang yang memberikan berita bohong dalam transaksi misalnya jual beli online.
“Seolah dia punya toko menjual barang. Setelah ditransfer barangnya ga dikirim,” ujar beliau.

Selain itu, ia juga menambahkan mengenai Pasal 28 ayat 2 dimana informasi ditujukan untuk kebencian dan permusuhan yang sering terjadi sebelum pilpres. Serta penyalahgunaan media informasi lainnya yang merugikan seperti pornografi.
“Saya pernah menangani kasus remaja yang berpacaran, kemudian remaja putri dipaksa mengirim foto bugil. Dan itu dijadikan si remaja putra untuk memeras uang dan mengancam fotonya akan disebarkan di media”. Untuk itu warga diminta berhati-hati dan jangan takut untuk melapor karena banyak kasus yang sudah diungkap, namun lebih banyak yang belum terungkap.

Sementara Pemateri dari KOMINFO Surabaya, Arda Surya Editya, Spd M T  memberikan pengetahuan seputar pemanfaatan gadget agar dapat mengangkat potensi desa yang sudah ada atau bahkan baru dirintis seperti udeng khas Sidoarjo.  (hurum)

 

 

Related Post