Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /var/www/html/wp-content/plugins/og/includes/iworks/class-iworks-opengraph.php on line 331

Rektor Umsida Ungkap Sejarah Hingga Ratusan Prestasi Membanggakan

Umsida.ac.id-Podcast Umsida menyapa dalam channel youtube Umsida1912 mendatangkan Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Dr Hidayatullah MSi untuk memperbincangkan The Greatness of Umsida mulai sejarah hingga ratusan prestasi mahasiswa membanggakan yang tayang pada Rabu, (13/12/2023).

Sejarah Umsida

Disebutkan bahwa pergerakan Muhammadiyah didirikan sejak tahun 1912 oleh KH Ahmad Dahlan dengan sebuah keyakinan dan cita-cita yang sangat besar kemudian memberikan inspirasi bagi seluruh gerakan Muhammadiyah tak terkecuali di Umsida.

Menurutnya Umsida juga dibangun dari sebuah gagasan, mimpi dan cita-cita besar para pendirinya.

“Dulu Umsida belum punya apa-apa tahun 1984 ketika mendirikan sekolah tinggi ilmu tarbiyah Muhammadiyah Sidoarjo itu masih pinjam gedung sebelah di Smamda,” Jelasn Rektor Umsida itu.

Dengan kegigihan para pendirinya Umsida terus berkembang hingga tahun 1987-1988 menambah Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian dan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer.

Baca juga: Undang Prof Mahmudul Alam, FBHIS Umsida Laksanakan Curriculum Benchmarking and Visiting Professor

Semakin meningkatnya mahasiswa, maka semakin banyak juga kebutuhan fasilitas. Kemudian Umsida membangun gedung di kampus 1 yang saat ini menjadi kantor pusat dan membeli sebuah rumah yang saat ini menjadi kampus 2.

Pada tahun 1994 hingga 1995 menambah lagi 2 sekolah tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Ilmu Politik.

Tahun-tahun itu harapan para pendiri terasa terwujud, peningkatan mulai pesat dan memberikan angin segar bagi masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya.

Hingga suatu ketika muncul harapan dan pemikiran baru para pendiri agar Sekolah Tinggi Muhammadiyah Sidoarjo ini bisa terus berkembang dan upgrade menjadi Universitas. Sehingga 5 Sekolah Tinggi itu digabung menjadi satu dan berdirilah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang saat ini sering disebut Umsida pada tahun 2000.

Sejarah Rektor Umsida

“Sejak itu Umsida terus mengalami pertumbuhan yang signifikan pada periode pertama dipimpin oleh Prof Dr Syafiq A Mughni MA yang saat ini menjadi Ketua PP Muhammadiyah dan menjadi Ketua BPH Umsida,” Ungkapnya.

Selanjutnya tongkat kepemimpinan dilanjutkan oleh Prof Achmad Jainuri MA PhD selama dua periode yaitu 2006-2010 hingga 2010-2014. Selama kepemimpinannya Umsida sudah memiliki 3 kampus. Kampus 1 di Jalan Mojopahit, Kampus 2 di jalan gelam Candi dan Kampus 3 di pilang Wonoayu.

“Setelah masa kepemimpinannya berakhir, sebenarnya beliau masih diharapkan menjalani 3 periode. Namun saat itu beliau punya motivasi ingin mendorong angkatan muda dan menolak dengan tegas tidak mau dicalonkan kembali. Beliau mendorong saya dan singkat cerita rapat senat akademik memutuskan Hidayatullah melanjutkan periodenya,” Ungkapnya.

Dr Hidayatullah MSi Ungkap Sejarah Hingga Ratusan Prestasi Membanggakan

Paska terpilih menjadi Rektor, Dr Hidayatulloh berusaha sebaik mungkin melanjutkan tugas dengan melakukan akselerasi percepatan perkembangan.

Tentu tantangan yang dihadapi berbeda dengan pemimpin-pemimpin sebelumnya. Jika sebelumnya para pemimpin fokus menambah program studi, Dr Hidayatulloh memiliki fokus yang sedikit berbeda. Selain menambah prodi, Ia juga meningkatkan kualitas pendidikan pengajaran sekaligus pelayanan.

Rektor Umsida sekaligus Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur itu menyiapkan rencana strategis (renstra) pengembangan yang sudah dibuat mulai 2018-2038.

Baca juga: Ketua BPH Ungkap Varian Muhammadiyah Salafi

“Renstra pertama tahun 2018-2022, saat ini memasuki renstra kedua yaitu 2022-2026 mengamanatkan kepada kami untuk menambah Prodi dan yang kita buka ini Prodi prestisius yaitu Prodi kedokteran Gigi,” Ujarnya.

Capaian Umsida

Setiap tahun Umsida berjuang untuk mendapatkan capaian akreditasi program studi dan institusi. Secara institusi Umsida telah mencapai akreditasi B pada tahun 2015 dan tahun 2020 diperpanjang kembali.

“Kita juga berjuang pada capaian akreditasi Prodi sampai dengan tahun 2023 November kemarin dari 30 Prodi ada 9 Prodi yang terakreditasi A dan unggul, kemudian 16 Prodi berakreditasi B dan baik sekali selebihnya adalah prodi-prodi baru yang baru kita buka,” Paparnya.

“Sampai dengan akhir Desember ini kami targetkan ada 12 Prodi yang menjadi A dan unggul,” Imbuhnya.

Meski telah mendapat peningkatan capaian yang luar biasa Dr Hidayatulloh mengungkapkan bahwa “tentu capaian ini bukan dari saya sendiri tapi hasil dari kerjasama dari seluruh pihak stakeholders yang ada di sini,” Sambungnya.

Selain itu, Umsida di dalam pemeringkatan yang dilakukan di kemendikbud ristek tahun 2023 dari PTN dan PTS se-indonesia telah menduduki posisi peringkat 79 dari 4500 perguruan tinggi.

Dr Hidayatullah MSi Ungkap Sejarah Hingga Ratusan Prestasi Membanggakan

Setelah menjabarkan capaian Universitas, Rektor Umsida itu beralih memaparkan capaian prestasi mahasiswa yang tak kalah membanggakan.

Selama 1 tahun terakhir sebanyak 602 mahasiswa berprestasi dari 443 prestasi. Lebih detailnya 93 prestasi regional, 280 prestasi non akademik dan 58 bidang akademik di tingkat Nasional dan 12 prestasi non akademik dan 4 pprestasi akademik di tingkat Internasional.

“Saya sampai berpikir sesungguhnya yang menentukan positioning itu bukan PTN atau PTS, yang menentukan itu siapa yang lebih berprestasi, siapa yang menunjukkan prestasinya lebih bagus, kinerja lebih bagus, itu harus menjadi pertimbangan,” Tandas Rektor Umsida.

Selengkapnya saksikan podcast ini di youtube umsida1912

Penulis: Rani Syahda

Humas Umsida

Berita Terkini

Edukasi UMKM Pentingnya HPP dan Fintech
Edukasi UMKM Pentingnya HPP dan Fintech
July 18, 2024By
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 17, 2024By
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
July 15, 2024By
PIPA Umsida di Kongres PPII 2024
Ikuti Kongres PPII, PIPA Umsida Siapkan Science Education Journal Sinta 2
July 15, 2024By
KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

briket cangkang kelapa sawit
Olah Limbah Cangkang Kelapa Sawit, Mahasiswa Umsida Juara 2 Lomba Nasional
July 17, 2024By
IMEI Umsida
Rektor Umsida Sambut Hangat Kepulangan Sang Juara, Ini Pesannya
July 16, 2024By
IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By