• Alumni
  • Alumni

Tembus Jurnal Internasional, Umsida Ajak Dosen dan Mahasiswa Pahami Cara Penulisan Artikel Ilmiah

Umsida.ac.id – “Tembus jurnal internasional, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) harus bisa publikasikan artikel ilmiah di Scopuss,” ungkap Associate Professor Ferry Jie PhD dalam mengawali kegiatan kuliah tamu internasional di Mini Teater, GKB 3, Kampus 1, Jumat (21/2).

Pada kesempatannya, Professor dari School Of Business and Law, Edith Cowan University mengatakan, “Jika Anda akan menjadi penulis artikel ilmiah, jangan memulai dengan jurnal ranking tinggi, mulailah dari jurnal yang rankingnya rendah seperti Q4-Q2.”

Menurut pria yang akrab disapa Prof Ferry, menulis jurnal itu untuk membuat publikasi baru yang belum dikembangkan oleh orang lain. “Alangkah baiknya melakukan penemuan baru dalam teori penelitian kita untuk digunakan masyarakat dalam menyelesaikan masalahnya dan memberikan solusi konkret pada masalah-masalah sebelumnya,” terangnya.

Kemudian, sambung Professor dari Western Australia, dalam mencari referensi harus mengunjungi web jurnal sesuai topik bahasan tulisan. Maka menurutnya, tidak heran jika menulis jurnal harus mengutip artikel relevan. “Pastikan jangan lupa mengutip artikel penting yang relevan dengan topik penelitian kita. Artikel relevan ini yang pernah terbit dalam jurnal tersebut,” tutur Prof Ferry.

Lebih lanjut, pria kelahiran Palembang itu memberikan tips dalam penulisan artikel untuk jurnal internasional. “Pertama, judul artikel ini tidak terlalu panjang, dengan begitu mudah dibaca minimal 8-12 kata. Selanjutnya abstrak berisi rangkuman, seperti mengandung teori dan kontribusi praktis. Selain itu, pengantar harus memperkenalkan kontribusi artikel ilmiah yang dibuat, tetapi jangan melebih-lebihkan kontribusi,” jelasnya.

Prof Ferry menambahkan, hal lain yang harus ditekankan dalam pembuatan artikel ilmiah adalah banyak menulis dengan memperbaiki setiap kalimat di dalam tulisannya. “Karena hal ini akan membantu penulisan dalam menyusun artikel ilmiah. Penulis terbaik bekerja keras untuk setiap kalimat,” tandasnya.

Oleh karena itu, diharapkan dosen dan mahasiswa Pascasarjana mampu menembus penulisan artikel ilmiah dalam jurnal internasional. “Kita harus berkontribusi dalam pengembangan ilmu dengan berkerjasama antara dosen dan mahasiswa untuk produktivitas penulisan artikel ilmiah,” pungkas Prof Ferry.

Reporter: Asita Salsabilla M

Editor: Erika Mulia Arsy

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI