• Alumni
  • Alumni

Adakan Pelatihan Masker Lukis Berbasis Teknologi, Tim Abdimas Umsida Gandeng UMKM Sidoarjo

Umsida.ac.id – Naiknya omset penjualan masker seiring dengan meningkatnya belanja online di tengah pendemi merupakan peluang yang menggiurkan bagi UMKM di wilayah Sidoarjo. Melihat hal tersebut, Tim Abdimas Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (umsida) mengadakan pelatihan pembuatan masker lukis berbasis teknologi untuk UMKM di RT 02 RW 09 Park Royal Regency C-13, Sidokarto, Buduran, Sidoarjo, Senin (22/11).

Pelatihan ini diadakan di rumah ketua Mitra Kelompok UMKM Tanjung dengan mematuhi protokol kesehatan. Pada awalnya, UMKM Tanjung merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang barang, jasa, dan pertokoan. Namun, saat pandemi covid-19, mereka menjual barang berupa masker kain. Sedangkan untuk penjualan masker kain di marketplace banyak jenis dan harga yang ditawarkan oleh karena itu, kelompok UMKM ini menyadari perlu adanya kreativitas dan inovasi sehingga bisa bersaing dengan UMKM lain.

UMKM Tanjung akhirnya memunculkan inovasi dengan melakukan pendampingan pembuatan masker lukis sesuai dengan permintaan customer. Menurut Dewi Ponirahayu, inovasi produk masker ini akan diterima oleh masyarakat. “Masker lukis ini mempunyai ciri dan pembeda dari masker yang dijual pada umumnya,” ucap ketua UMKM Tanjung tersebut.

Nuril Lutfi Azizah SSi MSi berperan sebagai pembicara bersama Dra Murni, anggota UMKM Tanjung. keduanya memulai acara dengan menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Lalu, skecth gambar dasar motif bunga diberikan oleh Uce Indahyanti MKom. Ia menggambar dengan aplikasi komputer. Hasil skecth tersebut diwarnai sesuai dengan warna yang diminati.

Adapun cara mewarnainya bisa dengan dua cara, yaitu blocking (motif diwarnai keseluruhan dengan warna penuh) dan transparant (motif diwarnai dengan sedikit warna dan dicampur dengan warna lain). Setelah itu, masker dijemur atau diangin-anginkan sampai kering dan disetrika. Terakhir, setelah masker kain lukis sudah siap jadi, Fitri Nur Latifah SE ME membantu UMKM Tanjung dalam memasarkan produk masker kain lukis ini lewat media sosial.

ditulis : Angelia

edit : Etik Siswati Ningrum

Leave a Reply

Berita Terkini

Berkah Ramadan, Lazismu Umsida Bagi Takjil Bersama Ormawa
May 5, 2021
Umsida Ikuti Sosialisasi program KIP Kuliah Merdeka 2021
April 30, 2021
Solusi Cerdas Desa Lewat Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Web
April 30, 2021
Ketua LPPM UMP : Upayakan Potensi Desa Wisata Melalui Kegiatan KKN
April 30, 2021
Berikan Pendampingan Penulisan Sastra Desa Kalialo
April 30, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI