• Alumni
  • Alumni

Tingkatkan Daya Saing, UMKM Harus Go Digital

Umsida.ac.id – Tingkatkan daya saing pemasaran, puluhan pengusaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Bangkok, Kediri mendapat pelatihan digital marketing yang digelar oleh Tim KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), pada Sabtu (1/2).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness (memperkenalkan produk), mempertajam target pemasaran, membangun database market dan analisis digital. “Karena sebagian masyarakat desa ini adalah pengusaha UMKM yang menjual produk berupa makanan, kerajinan, dan pakaian,” tutur Afandi Gustiawan, Koordinator KKN Desa Bangkok.

“Para pengusaha kecil dan pedagang dipaparkan tentang bagaimana cara pemasaran melalui media sosial juga menjadikan produk mereka lebih disukai pasar,” sambungnya.

Menurut Konsultan UMKM, Rino Dwiki Novianto, yang juga narasumber dalam pelatihan ini menyatakan bahwa, “ Pelatihan digital marketing yang dilakukan memiliki tentunya aspek penting dalam menunjang perkembangan pemasaran setiap produk UMKM yang ada di Desa Bangkok, serta dapat mengubah pola pikir masyarakat tentang melemahnya kepercayaan terhadap sistem penjualan online.”

Narasumber yang berasal dari Mahasiswa Umsida prodi Teknik Industri itu menambahkan, “Yang mendasari adanya bisnis di setiap UMKM adalah dari penyusunan strategi marketing maupun produk yang akan dikembangkan.”

Strategi pemasaran yang disusun berbasis digital marketing bertujuan agar penjualan produk tersebut dapat lebih diketahui oleh masyarakat luas. “Juga disetarakan dengan desain kemasan dan logo yang menarik di setiap UMKM yang ada,” ujar Rino.

Selanjutnya, lanjut Rino, setiap UMKM tersebut dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh. “Hal ini membuat masyarakat berani mengambil risiko tentang pemesanan dan pemasaran produk secara online,” ungkapnya.

Senada dengan Rino, Kordinator Desa Bangkok, Afandi Gustiawan menuturkan, “Harapannya, untuk UMKM Desa Bangkok bisa lebih berkembang dengan pelatihan ini dan dapat lebih memahami mengenai digital marketing.”

Ditulis Oleh : Alda Indah Permana
Editor : Erika Mulia Arsy

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI