• Alumni
  • Alumni

Tingkatkan Hasil Belajar Siswa, Tim KKN-P Desa Pacet Terapkan 3 Model Pembelajaran

Umsida.ac.id – Berawal dari kepeduliannya terhadap capaian dari hasil belajar siswa, tim Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) 2020 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) tingkatkan minat dan hasil pembelajaran siswa di SDN Pacet, Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Pada kegiatan yang berlangsung dari tanggal 3-4 Februari 2020 dan diikuti oleh siswa kelas 4 itu, tim KKN-P Desa Pacet menerapkan 3 model pembelajaran, pertama misteri box, dengan cara penerapan, ketika box dibuka akan menampilkan berbagai materi sesuai dengan materi yag disiapkan, materi yg tersedia di dalamnya dikemas tiga dimensi, jadi ini membuat pembelajaran lebih menarik.

Kedua, pingpong pintar, cara penerapannya siswa diminta maju satu persatu untuk bermain dengan menggunakan bola pingpong, bola pingpong akan di jatukan secara acak di salah satu kotak yang tersedia yang berisikan pertanyaan, lalu siswa menjawab pertanyaan yang ada di dalam kotak.

Ketiga, wayang budaya, model pembelajarannya dengan mengemas materi pembelajaran menjadi sebuah cerita, lalu cerita itu disampaikan dengan menggunakan wayang. “Belajarnya seru, terus tidak membosankan dan jadi gampang paham,” ujar Talitha Abelia, salah satu siswa.

Adanya kegiatan ini, Muhammad Yusril Ihzza, koordinator KKN-P Desa Pacet mengungkapkan, “Kami adakan kegiatan ini itu, karna kami ingin setiap materi ajar yang akan diterima siswa bisa mudah difahami. Selain itu, harapannya, setiap guru bisa mengembangkan dan menerapkan pembelajaran yang lebih inovatif,” pungkasnya saat diwawancarai, pada Kamis (20/02).

Nurheppyati, Kepala SDN Petak mengungkapkan, “Sangat berterima kasih karena dengan adanya penerapan media pembelajaran dari mahasiswa KKN Umsida, menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik,” ungkapnya.

Ditulis Oleh: Yusrizal Aditya Riswanda
Editor: Sayyidatunisa

Leave a Reply

Berita Terkini

Ketua PWM Jatim: Allah memiliki Skenario
April 10, 2021
Umsida Gelar Takziyah Virtual Kenang Nadjib Hamid
April 10, 2021
Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI