Ini 7 Hal yang Dipelajari Jurusan Hukum. Yuk Simak!

Umsida.ac.id – Jurusan Hukum merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh orang yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Lulusannya pun akan sangat dibutuhkan di dunia kerja nantinya. Tak ayal jika mata kuliah yang disajikan pun juga selaras dengan perkembangan teknologi.

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki program studi Hukum. Program studi ini telah terakreditasi B dengan berbagai mata kuliah yang ditawarkan. Kepala program studi (Kaprodi) Hukum Umsida, Dr Noor Fatimah Mediawati SH MH menjelaskan beberapa hal yang dipelajari di prodi ini. Apa sajakah itu? Yuk simak selengkapnya.

Yang Dipelajari Jurusan Hukum

Hukum Pidana

Jurusan hukum membahas tentang tindak pidana kejahatan
Hukum pidana mempelajari tentang tindak kejahatan seseorang yang berkaitandengan aparatur negara.

Hukum pidana merupakan salah satu mata kuliah wajib yang ada di jurusan hukum. Hukum pidana adalah salah satu mata kuliah yang mempelajari tentang peraturan yang berhubungan dengan tindakan kejahatan sosial atau kriminal. Jadi hukum ini melibatkan aparatur negara untuk menyelesaikan perkara, misalnya polisi.

Dari mata kuliah ini kamu akan memahami kriminalitas dan masalah sosial serta penyelesaiannya berdasarkan hukum pidananya. Misalnya pencurian, pembunuhan, penipuan, pemerkosaan, dan lainnya.

Hukum Perdata

Jurusan hukum juga akan mempelajari hukum perdata. Mata kuliah ini berfokus pada hukum antar pihak tanpa melibatkan kepentingan masyarakat yang lebih luas. Mendalami mata kuliah ini cocok untuk kamu yang berkeinginan menjadi notari atau profesi yang berhubungan dengan legalisasi. 

Baca juga: Prodi Hukum Siapkan Lulusan Terbaik: Mahasiswa Harus Siap di Era 5.0

Hukum Bisnis Online

“Saat ini kan semua sudah menggunakan teknologi digital. 2019 saat kami mengubah kurikulum, kami berfokus pada mata kuliah yang mengarah ke bisnis. Lulusan kita juga banyak yang lari ke profesi hukum bisnis,” ucap Dr Fatimah. Oleh karena itu, dalam jurusan Hukum juga akan memahami tentang hukum semisal ada orang yang memiliki bisnis online mengingat saat ini bisnis online sedang menjamur.

Hukum Administrasi Negara

jurusan hukum belajar tentang administrasi
Pencatatan pegawai aau izin menggunakan hukum administrasi

Dalam mata kuliah ini, kamu akan mempelajari tentang hal yang berkaitan dengan pengurusan hukum administrasi. Misal seseorang hendak mengurus perizinan, sertifikat, pemberhentian pejabat atau pegawai negeri sipil (PNS).

Manajemen Kantor Hukum

Jika nantinya lulusan jurusan hukum memiliki lembaga sendiri seperti kantor hukum, maka mata kuliah ini cocok untuk dipelajari lebih dalam. Jadi bagaimana cara mengatur lembaga yang akan dibuat seperti legalitasnya, administrasi, karyawan, dan lainnya.

Untuk Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU), lanjut Fatimah, matkul di prodi Hukum Umsida  sama saja dengan yang lain. Namun ada beberapa mata kuliah khusus yang mungkin tidak semua prodi Hukum menyediakan mata kuliah tersebut. Seperti Digital Forensik, Hukum Olahraga, dan Blockchain” Ujar kaprodi yang akrab disapa Fatimah ini.

Baca juga: Cerdas, Cakap dan Canggih Dalam Berteknologi

Digital Forensik

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang baru diajarkan pada kurikulum 2019. Digital Forensik mempelajari tentang jejak digital seseorang ketika mengalami sebuah kasus kejahatan. Misal seseorang menyangkal telah melakukan penipuan di dunia maya, hal itu bisa terlacak melalui sistem digital forensik. Jadi mata kuliah ini merupakan perpaduan antara ranah hukum dan teknologi sehingga proses pembelajaran berkolaborasi dengan teaching team dengan teknik informatika.

“Seorang yuris akan mengetahui rekam jejak digital sebagai bukti bahwa seseorang merupakan pelaku kejahatan melalui mata kuliah ini,” lanjut kaprodi Hukum Umsida ini.

Hukum Olahraga

jurusan hukum juga berhubungsn dengan regulasi dalam olahraga
Hukum atau regulasi dalam olahraga

Mata kuliah ini masih tergolong jarang diterapkan prodi Hukum di Indonesia. Dalam mata kuliah ini, kamu akan mempelajari tentang regulasi yang ada dalam permainan olahraga. Dalam mempelajari mata kuliah ini, kamu akan diajar oleh pakar yang memang sudah berkecimpung di dunia tersebut.

Walaupun tergolong jarang dimiliki universitas lain, mata kuliah ini akan berguna saat seorang yuris (ahli hukum) yang akan meneruskan karirnya dalam olahraga. Di prodi Hukum Umsida pun memiliki pakar di bidang hukum olahraga yakni Ahmad Riyadh UB PhD yang juga menjabat sebagai Exco PSSI. 

Baca juga: Sarkasme di Media Sosial, Bisakah AI Membantu Mendeteksinya?

Blockchain

Saat ini, banyak mata kuliah hukum yang sudah berhubungan dengan teknologi sehingga hukum yang diterapkan tidak bisa dilakukan secara hukum konvensional. dalam blockchain ini akan mempelajari tentang perekaman setiap transaksi elektronik.

Blockchain berguna dalam mengamankan aset digital seperti saham, mata uang digital, dan sejenisnya. Seorang yuris kedepannya harus mengerti terkait perlindungan hukum dalam ranah digital.

Blockchain merupakan mata kuliah baru prodi hukum Umsida yang baru diluncurkan pada kurikulum 2023 ini. “Mata kuliah ini baru bisa didapatkan oleh mahasiswa baru Umsida tahun 2023 nanti. Jadi kami mengusahakan memberikan mata kuliah yang kekinian namun tetap relevan dengan perkembangan teknologi,” pungkas Dr Noor Fatimah.

Nah, itulah beberapa hal yang akan kamu dapatkan jika kamu mengambil kuliah jurusan Hukum. Jika kamu ingin melihat lebih detail tentang prodi hukum Umsida, kamu bisa menyimaknya di sini.

Tertarik untuk menjadi bagian dari mahasiswa Hukum Umsida? Kamu bisa mengunjungi Instagram Penerimaan Mahasiswa Baru Umsida di PMB UMSIDA atau di website resmi PMB di sini.

Sumber Foto: Pexels

Penulis: Romadhona S.

Penyunting: Rani Syahda

Berita Terkini

gebyar tradisional desa Banjarsari
Taman Kreasi Hingga Gebyar Tradisional, Ini Proker Ekonomi KKN-P 64 Umsida
March 2, 2024By
Tim KKN P 30 Umsida Berikan Kesan Di Desa Kesiman Trawas
Tim KKN P 30 Umsida Berikan Kesan Di Desa Kesiman Trawas
March 1, 2024By
branding wisata Dam Londo
Website Wisata Dam Londo Karya KKN 32 Umsida, Permudah Pengunjung Dapatkan Informasi
March 1, 2024By
Tim KKN P 43 Umsida Arahkan UMKM Kenali Strategi Bisnis Digital
Tim KKN P 43 Umsida Arahkan UMKM Kenali Strategi Bisnis Digital
February 29, 2024By
Penanggungan via Kedungudi
Permudah Akses, KKN 29 Buat Penunjuk Jalur dan E-Tiket Gn. Penanggungan Via Kedungudi
February 29, 2024By
42
Cegah Stunting, Puding Daun Kelor Jadi Inovasi Tim KKN 42 Umsida
February 28, 2024By
PMT stik nugget sayur
Kreasi PMT Stik Nugget Wortel dan Buncis, Penuhi Kebutuhan Gizi 18 Anak Stunting
February 28, 2024By
Edukasi Literasi, KKN P 60 Umsida Buat Pojok Baca Untuk Siswa SD
Edukasi Literasi, KKN P 60 Umsida Buat Pojok Baca Untuk Siswa SD
February 27, 2024By

Riset & Inovasi

green marketing
Kenali Green Marketing, Strategi Pemasaran yang Diminati Gen Z
January 27, 2024By
perlindungan anak
Marak Kasus Kekerasan Anak, Pelajari 5 Bentuk Perlindungan Anak Menurut Hukum Positif di Indonesia
January 22, 2024By
penyebab siswa bolos sekolah
Menurut Riset Dosen Umsida, Ini 5 Penyebab Siswa Membolos Sekolah
January 20, 2024By
pola asuh kesetaraan gender
Bagaimana Pola Asuh Anak yang Berkeadilan Gender Berlandaskan Ajaran Islam?
January 10, 2024By
cyberbullying
Bahaya Cyberbullying pada Remaja, Dampak, dan Cara Mencegahnya
January 9, 2024By

Prestasi

Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
January 19, 2024By
Meja Komposit, Inovasi yang Membuat Umsida Raih Juara Harapan 2 di KISI 2023
December 26, 2023By
Gemar Bermedia Sosial, Mahasiswa PBI Juarai 4 Lomba Konten Kreatif dalam Sebulan
December 22, 2023By
4 Mahasiswa Umsida Juara di Kompetisi Robot Nasional untuk Ketiga Kalinya
December 18, 2023By
atlet jujitsu jadi wisudawan berprestasi
Atlet Jujitsu: Umsida Banyak Mendukung Hobi Saya Hingga Jadi Wisudawan Berprestasi
November 29, 2023By