Baitul Arqam Umsida: Pimpinan Diharap Perkuat Pondasi Institusi

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menyelenggarakan Baitul Arqam pimpinan di level middle management yang diikuti oleh 54 kepala bidang (kabid) dan kepala program studi (kaprodi) di lingkungan Umsida pada Rabu dan Kamis (10-11/07/2024) di Arayanna Hotel, Trawas. 

Baca juga: DAIK Umsida Serahkan Dana Kurban Sebesar Rp 15 Juta Kepada PCM Sedati

Baitul Arqam ini mengangkat tema “Meneguhkan Ideologi Pimpinan Umsida Sebagai Kader Persyarikatan dan AUM yang Unggul Berkemajuan”. Menurut Kepala Direktorat Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (DAIK) Umsida, Drs Muadz MAg, tema tersebut dipilih karena saat ini Umsida telah memperoleh predikat institusi unggul.

Baitul Arqam sesuai mutu universitas

baitul arqam umisda

Untuk menyesuaikan mutu universitas, Umsida menggaet Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur (MPK PWM Jatim) untuk membimbing para peserta Baitul Arqam untuk menyamakan persepsi dalam beramal usaha dan bekerja di lingkungan Umsida. 

“Maka tentu kita harus menata pribadi sesuai keunggulan itu untuk menguatkan landasan. Ibaratnya kalau kita membangun suatu gedung  27 atau 30 lantai, maka harus dipastikan kalau pondasinya benar-benar kuat, hal itu menjadi sangat penting,” tutur Drs Muadz. 

Kegiatan Baitul Arqam ini dilaksanakan di berbagai tingkatan. Drs Muadz menjelaskan bahwa terdapat tiga jenis Baitul Arqam di Umsida. Yang pertama ada di level low management yang sudah dilaksanakan pada tahun lalu yang meliputi kepala seksi dan sekretaris prodi. Kemudian Baitul Arqam di tingkat middle management seperti hari ini, dan top management yang untuk kalangan dekan dan kepala unit kerja yang direncanakan akan dilaksanakan tahun depan. 

Perkuat perkaderan

Drs Muadz mengatakan bahwa Baitul Arqam merupakan bagian dari perkaderan, yaitu salah satu cara untuk melakukan pembinaan baik itu terhadap pimpinan, staf, ataupun  mahasiswa. Perkaderan ini memang dibutuhkan dalam rangka untuk memahami   Muhammadiyah, pengembangan karakter pribadi berdasarkan Al-Islam, memiliki wawasan yang luas, dan memiliki keterampilan sesuai dengan visi misi Umsida. 

Baca juga: Tak Hanya Salurkan Dana, DAIK Umsida Juga Jalin Kerja Sama dengan PCM Sedati

“Saat ini Umsida sudah memiliki predikat unggul. Hal tersebut diharapkan agar kader-kader pimpinan di Umsida juga memiliki kompetensi, terutama adalah kepribadian yang sesuai dengan keunggulan itu. Semoga kita semua memiliki kesamaan persepsi di tingkat pimpinan sehingga mereka bisa melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik,” tuturnya. 

Selain Baitul Arqam, ada beberapa kegiatan yang ditujukan untuk pelaksanaan perkaderan. Seperti kegiatan rutin dalam bentuk pengajian yang dilaksanakan setiap bulan dengan tema yang mengikuti keadaan terkini yang diikuti oleh seluruh warga Umsida. Di kegiatan Baitul Arqam sendiri dilaksanakan secara dua tahap yaitu online dan offline. Untuk pelaksanaan online, para peserta mengakses e-learning sekitar satu minggu  yang berisi tentang materi kurikulum dan diskusi, mulai dari aspek ideologi, wawasan, keorganisasian, kepemimpinan, sampai dengan muatan lokal yang berkaitan dengan pengembangan jaringan. 

Drs Muadz melanjutkan, “Hal tersebut berlanjut pada dua hari ini yang kita lakukan secara offline. Untuk berikutnya,  kita tindak lanjuti dengan beberapa kegiatan. Misalnya melakukan pengamatan atau survei di beberapa AUM. Kemudian mereka akan membuat laporan sebagai langkah pengembangan bidang masing-masing,”.

baitul arqam umisda

Selaras dengan Drs Muadz, rektor Umsida dalam sambutannya mengatakan bahwa Muhammadiyah merupakan persyarikatan yang sangat besar dan memiliki banyak AUM di dalamnya, salah satunya Umsida.

Umsida sendiri saat ini sedang menaiki tangga-tangga prestasi. Prestasi tersebut harus terus dilanjutkan dengan berbagai cara, salah satunya dengan meneguhkan spirit perjuangan di Muhammadiyah. 

“Maka mudah-mudahan, dalam waktu dua hari ini bisa memberikan spirit perjuangan kepada kita semua sehingga apa yang kita lihat di Umsida saat ini mengalami perubahan yang sangat signifikan,” ucap Dr Hidayatulloh. 

Baca juga: Walau Heterogen, Semua Orang Perlu Tahu Pentingnya Belajar dan Bersyukur

Spirit perjuangan tersebut, lanjutnya, harus masuk ke dalam diri masing-masing. Kesadaran untuk menaikkan reputasi kelembagaan harus terus digalakkan. Nantinya, jika posisi Umsida terus meningkat, maka hal tersebut tak hanya berdampak pada institusi saja, tapi juga bagi persyarikatan dan masyarakat umum yang lebih luas. 

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
Mahasiswa Umsida Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 17, 2024By
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
Umsida Beri Pelatihan Strategi Bisnis Kepada 30 Pelaku UMKM
July 15, 2024By
PIPA Umsida di Kongres PPII 2024
Ikuti Kongres PPII, PIPA Umsida Siapkan Science Education Journal Sinta 2
July 15, 2024By
KKN-T Dimulai, Warek 1 Beri 3 Amanah Penting
KKN-T Dimulai, Warek 1 Umsida Beri 3 Amanah Penting!
July 14, 2024By
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
447 Mahasiswa KKN-T Siap Mengabdi di Desa dan Ranting
July 13, 2024By
Umsida dan BPS Sidoarjo
Tindak Lanjut Pojok Statistik, BPS Sidoarjo dan Umsida Perpanjang Kerja Sama
July 12, 2024By
antusias peserta baitul arqom
Keseruan Baitul Arqom Umsida, Kegiatannya Penuh Daging
July 12, 2024By
Struktural IKA Umsida Telah Dikukuhkan: 1 Alumni Berdayakan 1 Mahasiswa
IKA Umsida Siap Berdayakan Mahasiswa di Dunia Industri
July 11, 2024By

Riset & Inovasi

PPK Ormawa desa Sawohan
Tim PPK Ormawa Umsida Siap Mengabdi di Desa Sawohan
July 6, 2024By
FGD pembelajaran digital
FGD P3D Teknik Elektro: Nantinya, E-Learning Tak Hanya Berbentuk PPT Saja
July 4, 2024By
riset tentang bunga Bougenville
Tim PKM Umsida Olah Bunga Bougenville Jadi Sumber Antioksidan dan Pewarna Alami
June 27, 2024By
olahan kulit pisang dan umbi ganyong
Tim PKM Umsida Olah Kulit Pisang dan Umbi Ganyong Sebagai Pengganti Tepung
June 26, 2024By
prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By

Prestasi

briket cangkang kelapa sawit
Olah Limbah Cangkang Kelapa Sawit, Mahasiswa Umsida Juara 2 Lomba Nasional
July 17, 2024By
IMEI Umsida
Rektor Umsida Sambut Hangat Kepulangan Sang Juara, Ini Pesannya
July 16, 2024By
IMEI Umsida juara 1
Tim IMEI Umsida Juara 1 Shell Eco Marathon, Kalahkan 30 Kampus Top Dunia
July 8, 2024By
PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By