Bisnis Masyarakat Ditingkatkan, Sidoarjo Berdaya Bersama Umsida dan Baznas

Bisnis Masyarakat Ditingkatkan, Sidoarjo Berdaya Bersama Umsida dan Baznas

Umsida.ac.id – Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berkomitmen meningkatkan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat di Kabupaten Sidoarjo dengan memberikan berbagai pelatihan dan monitoring perkembangan usaha.

Tingkatkan UMKM dengan materi bisnis oleh Umsida

Pelatihan keempat dengan tema Manajemen Pemasaran kali ini disampaikan oleh Satrio Sudarso SE MM dan Rizky Eka Febriansyah SMb MSM sebagai narasumber di Ruang 703 GKB 3 Umsida, Selasa (30/07/2024).

Bisnis Masyarakat Ditingkatkan, Sidoarjo Berdaya Bersama Umsida dan Baznas

Pemaparan pertama disampaikan oleh Satrio Sudarso SE MM mengenai Komunikasi Bisnis, Event Manajemen dan Desain Kemasan.

Menurutnya ilmu komunikasi adalah suatu upaya yang sistematis untuk merumuskan prinsip-prinsip secara tegas, dan atas dasar prinsip-prinsip tersebut disampaikan informasi serta dibentuk pendapat dan sikap.

Baca juga: UMKM Naik Kelas Menuju Sidoarjo Berdaya

Satrio juga memberikan edukasi cara bernegosiasi agar sama sama mendapatkan keuntungan baik penjual maupun pembeli.

“Kuncinya adalah win win solution, jadi pertama harus memiliki sikap sama sama menag, saling tertarik kebutuhan lawan, bersedia memberikan kelonggaran, mau bekerjasama dan memahami prinsip beri dan terima,” jelasnya.

Ia juga memberikan tips agar para penjual mau mengawali dengan berjabat tangan dan selalu tersenyum saat proses negosiasi agar memberikan kesan santun pada pelanggan.

Tak hanya itu, Satrio juga menjelaskan maraknya penggunaan media digital membuat potensi e commerce sangat efektif untuk meningkatkan ketertarikan oleh calon pembeli.

Satrio juga memberikan edukasi untuk mengemas produk dengan higienis, efisien dan menarik bagi calon pembeli.

Dilanjutkan oleh Rizky Eka Febriansyah SMb MSM memaparkan mengenai Pengembangan produk dan Strategi Media Sosial.

Bisnis Masyarakat Ditingkatkan, Sidoarjo Berdaya Bersama Umsida dan Baznas

Ia menuturkan dalam pengembangan produk ada beberapa jenis yang bisa dilakukan.

“Jenis jenis pengembangan produk diantaranya adalah memperbaiki yang sudah ada, memperluas lini produk, menambah produk yang ada, meniru dan memodifikasi strategi pesaing, menambah lini produk,” ujarnya.

Rizky menjelaskan bahwa ada tiga strategi pengembangan produk diantaranya peningkatan kualitas, peningkatan keistimewaan produk maupun peningkatan gaya produk.

Baca juga: Dosen Umsida Edukasi Manajemen Operasional UMKM

Media sosial adalah sarana yang sangat efektif untuk memasarkan produk lanjutnya. Ia memberikan penjelasan secara rinci tentang kelebihan dan kekurangan setiap platform media sosial seperti twitter, instagram, youtube, pinterest, tiktok hingga whatsapp.

Dalam mengakhiri materi strategi dalam media sosialnya Ia menekankan kelebihan dan kekurangan media sosial secara garis besar.

“Kelebihan penggunaan media sosial dalam berbisnis adalah fleksibel, biaya pengoperasian murah, memiliki akses yang luas dan cara pengoperasian mudah. Meski begitu, tentu cara ini memiliki beberapa kekurangan seperti kurangnya kepercayaan, kekecewaan ekspektasi produk, hingg sulit mempertahankan reputasi bisnis karena mudahnya setiap orang memberikan komentar di dunia media sosial,” pungkasnya.

Kegiatan ini juga diakhiri dengan monitoring evaluasi oleh Baznas atas pelatihan yang telah diikuti para pelaku UMKM selama beberapa minggu terakhir.

Penulis: Rani Syahda

Berita Terkini

dosen Umsida dan atlet sepatu roda 3
Dukung Semangat dan Performa Atlet Sepatu Roda, Dosen Umsida Gelar Skrining dan Sharing Session
January 11, 2025By
kerja sama UBS PPNI Mojokerto dan Umsida 1
Kerja Sama Akademik Umsida dan UBS Mojokerto Tingkatkan Mutu Kebidanan
January 9, 2025By
AUM Harus Berdaya Saing: Rektor Umsida Serukan Transformasi SDM
AUM Harus Berdaya Saing: Rektor Umsida Serukan Transformasi SDM
December 26, 2024By
KKN-P 2025 Umsida
975 Mahasiswa KKN-P Umsida Siapkan Diri untuk Mengabdi
December 24, 2024By
Si Lokananta 2024, peringatan hari ibu
Momen Haru Ratusan Anak Peringati Hari Ibu dalam Event Si Lokananta
December 23, 2024By
Comm Night Run
Perdana Digelar, Comm Night Run Diikuti Lebih dari 300 Peserta dari Berbagai Daerah
December 23, 2024By
rektor Umsida saat penguatan visi misi PPI AMF
Pesan Rektor Umsida untuk PPI AMF dalam Mewujudkan Pesantren Berkemajuan
December 21, 2024By
commsport 2024
Commsport 2024, 30 Tim Futsal Sekolah se-Jatim Meriahkan Event Tahunan Ikom Umsida
December 21, 2024By

Riset & Inovasi

abdimas literasi keuangan Islam
Dosen Umsida Edukasi Literasi Keuangan Islam, Putus Kebiasaan Pinjol
January 15, 2025By
Demi Ketahanan Pangan, Ini Inovasi Bertani Kreatif ala Dosen Umsida
Demi Ketahanan Pangan Berkelanjutan, Ini Inovasi Bertani Kreatif ala Dosen Umsida
January 5, 2025By
Empowering Womenpreneur: Umsida Dorong Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Rusunawa Pucang
Empowering Womenpreneur: Umsida Dorong Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Rusunawa Pucang
January 4, 2025By
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
September 16, 2024By
ekonomi sirkular
Dosen Umsida Beri Pelatihan Penerapan Manajemen Usaha Berbasis Ekonomi Sirkular pada Proses Produksi Pangan Halal
September 14, 2024By

Prestasi

Prof Sri, guru besar manajemen 3
Perjuangan Prof Sriyono Menuju Guru Besar di Bidang Manajemen Umsida
January 14, 2025By
Duta FPIP Umsida, Berprestasi dan Menginspirasi
Duta FPIP Umsida, Berprestasi dan Menginspirasi
January 13, 2025By
pojok statistik Umsida
Pojok Statistik Umsida Jadi Layanan Kinerja Tinggi 2024 dengan Skor 2,83 dari 3
January 9, 2025By
Unstoppable! Tapak Suci Umsida Torehkan Sejarah di UPSCC 2024
Unstoppable! Tapak Suci Umsida Torehkan Sejarah di UPSCC 2024
January 3, 2025By
Gelar Doktor dengan Fokus Halal Lifestyle
Lulus Cum Laude, Dosen Umsida Raih Gelar Doktor dengan Fokus Halal Lifestyle
December 30, 2024By