Bisnis Masyarakat Ditingkatkan, Sidoarjo Berdaya Bersama Umsida dan Baznas

Bisnis Masyarakat Ditingkatkan, Sidoarjo Berdaya Bersama Umsida dan Baznas

Umsida.ac.id – Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berkomitmen meningkatkan kualitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat di Kabupaten Sidoarjo dengan memberikan berbagai pelatihan dan monitoring perkembangan usaha.

Tingkatkan UMKM dengan materi bisnis oleh Umsida

Pelatihan keempat dengan tema Manajemen Pemasaran kali ini disampaikan oleh Satrio Sudarso SE MM dan Rizky Eka Febriansyah SMb MSM sebagai narasumber di Ruang 703 GKB 3 Umsida, Selasa (30/07/2024).

Bisnis Masyarakat Ditingkatkan, Sidoarjo Berdaya Bersama Umsida dan Baznas

Pemaparan pertama disampaikan oleh Satrio Sudarso SE MM mengenai Komunikasi Bisnis, Event Manajemen dan Desain Kemasan.

Menurutnya ilmu komunikasi adalah suatu upaya yang sistematis untuk merumuskan prinsip-prinsip secara tegas, dan atas dasar prinsip-prinsip tersebut disampaikan informasi serta dibentuk pendapat dan sikap.

Baca juga: UMKM Naik Kelas Menuju Sidoarjo Berdaya

Satrio juga memberikan edukasi cara bernegosiasi agar sama sama mendapatkan keuntungan baik penjual maupun pembeli.

“Kuncinya adalah win win solution, jadi pertama harus memiliki sikap sama sama menag, saling tertarik kebutuhan lawan, bersedia memberikan kelonggaran, mau bekerjasama dan memahami prinsip beri dan terima,” jelasnya.

Ia juga memberikan tips agar para penjual mau mengawali dengan berjabat tangan dan selalu tersenyum saat proses negosiasi agar memberikan kesan santun pada pelanggan.

Tak hanya itu, Satrio juga menjelaskan maraknya penggunaan media digital membuat potensi e commerce sangat efektif untuk meningkatkan ketertarikan oleh calon pembeli.

Satrio juga memberikan edukasi untuk mengemas produk dengan higienis, efisien dan menarik bagi calon pembeli.

Dilanjutkan oleh Rizky Eka Febriansyah SMb MSM memaparkan mengenai Pengembangan produk dan Strategi Media Sosial.

Bisnis Masyarakat Ditingkatkan, Sidoarjo Berdaya Bersama Umsida dan Baznas

Ia menuturkan dalam pengembangan produk ada beberapa jenis yang bisa dilakukan.

“Jenis jenis pengembangan produk diantaranya adalah memperbaiki yang sudah ada, memperluas lini produk, menambah produk yang ada, meniru dan memodifikasi strategi pesaing, menambah lini produk,” ujarnya.

Rizky menjelaskan bahwa ada tiga strategi pengembangan produk diantaranya peningkatan kualitas, peningkatan keistimewaan produk maupun peningkatan gaya produk.

Baca juga: Dosen Umsida Edukasi Manajemen Operasional UMKM

Media sosial adalah sarana yang sangat efektif untuk memasarkan produk lanjutnya. Ia memberikan penjelasan secara rinci tentang kelebihan dan kekurangan setiap platform media sosial seperti twitter, instagram, youtube, pinterest, tiktok hingga whatsapp.

Dalam mengakhiri materi strategi dalam media sosialnya Ia menekankan kelebihan dan kekurangan media sosial secara garis besar.

“Kelebihan penggunaan media sosial dalam berbisnis adalah fleksibel, biaya pengoperasian murah, memiliki akses yang luas dan cara pengoperasian mudah. Meski begitu, tentu cara ini memiliki beberapa kekurangan seperti kurangnya kepercayaan, kekecewaan ekspektasi produk, hingg sulit mempertahankan reputasi bisnis karena mudahnya setiap orang memberikan komentar di dunia media sosial,” pungkasnya.

Kegiatan ini juga diakhiri dengan monitoring evaluasi oleh Baznas atas pelatihan yang telah diikuti para pelaku UMKM selama beberapa minggu terakhir.

Penulis: Rani Syahda

Berita Terkini

MoU Umsida dan Pengadilan Agama Sidoarjo 4
MoU Pengadilan Agama Sidoarjo dan Umsida, Sinergi Kembangkan Pendidikan Hukum
June 27, 2025By
motivasi mahasiswa KIP-K Umsida 3
Mahasiswa KIP-K Umsida 2025 Dapat Pesan Ini dari Ketua Senat FMIPA IPB
June 27, 2025By
Kemendikti Saintek amanahi Umsida 4
Umsida Jadi Tuan Rumah Sosialisasi KIP-K PPAPT Kemendikti Saintek 2025
June 26, 2025By
studi tiru UMM Palu 1
Studi Tiru dan Laboratory Visit UM Palu ke Umsida, Siapkan Pembukaan FK
June 25, 2025By
mahasiswa melek akan pelayanan publik 1
Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Diskominfo Sidoarjo Ajak Mahasiswa Umsida Berani Bersuara
June 25, 2025By
Dr Imam Fauji berpulang
Dr Imam Fauji Berpulang, Duka Mendalam Keluarga Besar Umsida
June 23, 2025By
KWU Umsida kembangkan wirausaha muda 4
Kembangkan Mahasiswa Jadi Wirausaha Muda, UKM KWU Umsida Gelar GROWPRENEUR
June 23, 2025By
peran pustakawan dalam perpustakaan 4
Kepala Perpustakaan Umsida Tekankan Peran Penting Pustakawan sebagai Mitra Riset Akademik
June 21, 2025By

Riset & Inovasi

pemeriksaan gigi 1
Gelar Pemeriksaan Gigi Bumil, FKG Umsida Edukasi 22 Ibu untuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut
June 24, 2025By
tanaman pionir Lumpur Sidoarjo 3
Peneliti Umsida Manfaatkan Tanaman Pionir Sebagai Agen Fitoekstraksi di Lumpur Sidoarjo
June 12, 2025By
FKG Umsida aktif di abdimas 1
Peran Aktif FKG Umsida Kepada Para Lansia, Edukasi Kesehatan Gigi di Usia Senja
June 12, 2025By
potensi Lumpur Sidoarjo 2
Temukan Potensi di Lumpur Sidoarjo, Peneliti Umsida Kolaborasi dengan PPLS
June 11, 2025By
Good Posture Jadi Fokus Fikes Umsida dalam Edukasi Pelajar SMA
Good Posture Jadi Fokus Fikes Umsida dalam Edukasi Pelajar SMA
June 3, 2025By

Prestasi

perunggu di piala gubernur Jatim II
Raih Perunggu Piala Gubernur Jatim II 2025, Mahasiswa Ini Bersaing dengan Tim Militer
June 26, 2025By
PTMA Mitra RisetMu Terbaik IV
Jadi PTMA Mitra RisetMu Terbaik IV, Umsida Buat Roadmap Sesuaikan Kampus Berdampak
June 23, 2025By
Umsida jadi lembaga program koding
Umsida Jadi Lembaga Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan Program Koding dan KA
June 21, 2025By
konferensi internasional PBI Umsida
Mahasiswa PBI Umsida Raih Most Innovative Research di Konferensi Internasional
June 20, 2025By
Perpustakaan Umsida SILASMA 2025 1
Perpustakaan Umsida Raih Excellent Award di SILASMA 2025, Apresiasi Bidang Literasi dan Riset
June 19, 2025By