• Alumni
  • Alumni

Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN-T Umsida Berikan Pendampingan Racik Minuman Herbal

Umsida.ac.id – Di tengah pandemi covid-19, Moh Romadhoni Nugroho, mahasiswa KKN-T Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berikan edukasi kesehatan kepada pemilik warung kopi di Desa Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo, Sabtu (13/10).

Dhoni, sapaan akrab mahasiswa Teknik Industri itu menyebut, selain mengedukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan, Ia juga memberikan pendampingan langsung dalam pembuatan minuman herbal. “Ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menangkal penularan corona yakni dengan meracik minuman herbal yang sering dikenal dengan sebutan wedang uwuh,” tuturnya.

Lebih lanjut, mahasiswa kelahiran 1998 itu menjelaskan, minuman herbal ini bukan untuk menangkal covid saja, melainkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. “Tidak hanya mencegah virus corona saja, dengan mengkonsumsi wedang uwuh ini dapat meningkatkan sistem imun dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit lainnya. Dikarenakan minuman yang terdiri dari berbagai rempah-rempah ini memiliki banyak sekali manfaat terutama dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh,” terangnya.

Sisi lain, selain bertujuan untuk memperkuat sistem imun tubuh, pembuatan wedang uwuh ini juga dapat meningkatkan pendapatan Ibu Lanesha, pemilik warung kopi. “Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan Ibu Lanesha dengan menjual hasil racikan wedang uwuh,” ungkap Dhoni.

Ditulis : Erika Mulia Arsy

Edit : Etik Siswati Ningrum

Leave a Reply