Karya Essay Harmoni Keluarga Islami, Bawa Mahasiswa Ini Raih Juara 2 KIMPSI IV

Karya Essay Harmoni Keluarga Islami, Bawa Mahasiswa Ini Raih Juara 2 KIMPSI IV

Umsida.ac.id– Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Psikologi Universitas Islam (KIMPSI) merupakan ajang bergengsi prodi Psikologi di seluruh Universitas Islam di Indonesia dan diadakan setiap tahunnya. KIMPSI 4 kali ini diadakan di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dan diikuti sekitar 20 Universitas Islam dan masing-masing Universitas berhak mengirim 3 mahasiswa untuk mengikuti setiap kategori.

Devi Widyas Putri Mahasiswa Program Studi (Prodi) Psikologi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) telah mengikuti kompetisi ini dan berhasil raih Juara 2 KIMPSI IV Kategori Psy Essay.

Karya Essay Harmoni Keluarga Islami, Bawa Mahasiswa Ini Raih Juara 2 KIMPSI IV
Piagam Penghargaan

Mahasiswa yang kerap disapa Devi ini awalnya merasa tidak percaya diri saat ditunjuk menjadi perwakilan Umsida mengikuti lomba KIMPSI ini dengan kategori penulisan Essay.

“Awal ditunjuk untuk mengikuti kategori lomba Psy Essay sangat terkejut dan merasa apakah saya bisa menyelesaikannya tepat waktu ? dikala rentetan tugas perkuliahan karena saat perlombaan berlangsung perkuliahan masih aktif,” ungkapnya.

Baca Juga: Psikoedukasi Career Anxiety, Karya Mahasiswa Umsida Raih Juara 2 KIMPSI IV

Selain menjadi mahasiswa aktif Devi juga bekerja sebagai tutor bimbingan belajar siswa TK hingga SD hampir setiap harinya. Namun ternyata dengan kesibukannya Devi tidak goyah dan siap menerima tantangan. Meski ada kendala di tengah persiapan materi essaynya.

“Sebenarnya saya awalnya berniat mengikuti lomba secara tim, tetapi ternyata tim saya kurang responsif dalam memberikan ide, saya akhirnya memutuskan untuk melanjutkan perlombaan secara individu,” jelasnya.

Karya Essay Harmoni Keluarga Islami : Keadilan Gender Dalam Pola Pengasuhan Anak.

Akhirnya Devi melanjutkan ide essaynya dengan tema Pola Asuh di tugas proposal penelitian mata kuliah metodelogi penelitian kualitatif dengan menggabungkan unsur Keadilan Gender Anak sebagai perspektif Islam. Hingga menjadi rangkaian judul essay, Harmoni Keluarga Islami : Keadilan Gender Dalam Pola Pengasuhan Anak.

Selanjutnya ia melakukan pengajuan tema, revisi isi konten, referensi, tata letak penulisan, jumlah kata, bahkan merubah judul dan memperbarui 10% isi konten hingga mendapat accept dari dosen pembimbingnya Ghozali Rusyid Affandi SPsi MA.

Karya Essay Harmoni Keluarga Islami, Bawa Mahasiswa Ini Raih Juara 2 KIMPSI IV
Essay Karya Mahasiswa Umsida

Devi mengakui mendapat support penuh dari dosen pembimbing dan teman dekatnya untuk terus meyakinkan bahwa karyanya sangat bagus, dan temannya yakin Devilah yang akan memenangkan kompetisi ini.

Alhasil Devi mendapat gelar Juara dan mendapat banyak hadiah dari penyelenggara berupa Uang, Sertifikat, dan Thropy. Tidak hanya itu Ia juga mendapat fasilitas dari Umsida selama persiapan hingga setelah mengikuti lomba.

“Saya tidak hanya mendapat fasilitas bimbingan karya sebelum upload, kampus juga turut memberikan apresiasi mulai dana persiapan termasuk dana pendaftaran lomba, dana konsumsi untuk bimbingan intensif, transportasi keberangkatan perwakilan untuk pengambilan hadiah lomba ke Palembang, hingga imbal prestasi atas keberhasilan yang di raih,” ujarnya.

Baca Juga: BI Terbitkan SRBI Tanggal 15 Esok, Ini Kata Ekonom Umsida

“Alhamdulillahnya segala dana pribadi seperti imbal prestasi dan uang perlombaan bisa dijadikan tabungan pribadi dan mungkin sedikit bisa digunakan untuk menuruti permintaan sederhana dari orang tua, karena uang itu tidak sepenuhnya uang saya tapi sebagian juga milik orang tua,” imbuhnya.

Motivasi Diri

Putri pasangan bapak Munjiat Anjrianto dan ibu Sae Utami ini menceritakan kepada Umsida.ac.id bagaimana prosesnya memotivasi diri hingga yakin mengikuti kompetisi ini.

“Sejujurnya untuk lomba kali ini adalah lomba ketiga bagi saya yang diajukan oleh prodi, dari lomba pertama hingga saat ini ketidak percayaan diri akan hasil tulisan sendiri adalah salah satu kelemahan bagi saya. Kelemahan itulah yang kemudian saya jadikan motivasi untuk bisa memyempurnakan karya tulis milik saya”.

Selain itu Devi juga mendapat banyak dukungan dari orang sekitar. ” Disamping itu saya yakin bahwa saya bisa karena keyakinan, amanah dan kepercayaan orang lain itulah yang memberikan semangat bagi saya untuk bisa menghasilkan suatu karya yang membanggakan baik bagi orang tua, teman, dan khususnya bagi prodi Psikologi Umsida”.

Diakhir sesi wawancara Devi mengungkapkan motivasi yang ingin Ia sampaikan kepada teman-teman sebayanya agar mampu percaya pada potensi diri sendiri dan punya keberanian untuk mencoba mengikuti kompetisi maupun hal baru lainnya.

“Jangan pernah takut untuk mencoba hal baru. Bila orang lain saja mengetahui kemampuanmu dan percaya bahwa kamu mampu, maka Tantanglah pikiranmu sendiri untuk maju. Berhenti meragukan diri sendiri, Bekerja keras, lalu wujudkan. Saat sudah terwujud, jangan cepat puas dengan apa yang kamu miliki, terus gali kemampuan diri, cari ilmu sebanyak mungkin,” ungkapnya.

“Kalau ada kesempatan lomba atau apapun jangan ragu untuk mencoba dulu siapa tau itu adalah jalan rezeki milikmu. Tidak apa gagal dalam mencoba daripada tidak mau mencoba sama sekali, karena semua ada prosesnya dan proses itulah yang akan berdampak sangat besar pada dirimu karena selain pengalaman, kamu juga akan mendapat ilmu dan bertemu dengan orang-orang baru,” pungkasnya.

Penulis: Rani Syahda

Berita Terkini

seni
Haramkah Seni Dalam Perspektif Islam?
April 12, 2024By
khotbah pentingnya kejujuran
Pentingnya Kejujuran Disampaikan Rektor Umsida Dalam Khotbah
April 11, 2024By
Khutbah idul Fitri 1446 H Habituasi Ramadhan
Khutbah Idul Fitri 1445 H Habituasi Ramadhan Membentuk Kesalehan Sosial
April 10, 2024By
Pilkada
Ini Komentar Dosen Umsida Hadapi Pilkada
April 5, 2024By
organisasi
Kunci Sukses Organisasi Ternyata Ada di Surat An-Nisa 58-59
April 3, 2024By
Simak! Pasangan Hidup Seperti Ini Yang Mampu Wujudkan Baiti Jannati
Simak! Pasangan Hidup Seperti Ini Yang Mampu Wujudkan Baiti Jannati
April 3, 2024By
Ciptakan Profesionalitas Kerja di Mata Islam
Ciptakan Profesionalitas Kerja di Mata Islam
April 2, 2024By
3 Prinsip Berpolitik Dalam Perspektif Islam
3 Prinsip Berpolitik Dalam Perspektif Islam
April 1, 2024By

Riset & Inovasi

stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By
kecenderungan media sosial
Pengguna Aktif Media Sosial Cenderung Kesepian, Kata Riset
March 26, 2024By
bullying pada siswa SD
Riset Dosen Umsida Jelaskan 8 Peran Sekolah untuk Mengatasi Bullying
March 25, 2024By

Prestasi

Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
January 19, 2024By
Meja Komposit, Inovasi yang Membuat Umsida Raih Juara Harapan 2 di KISI 2023
December 26, 2023By