• Alumni
  • Alumni

Kajian Rutin Umsida Jelaskan Pentingnya Konsep Halal Dalam Kehidupan

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo mengadakan kajian rutin dosen dan karyawan Umsida, Jum’at (19/03). Pemaparan materi disampaikan oleh Prof Dr Elfi Anis Saati M P, Guru Besar Bidang Teknologi Hasil Pangan Universitas Muhammadiyah Malang. Selain itu, pemateri merupakan pengurus Halal Center, Lab Sentral UMM.

Pemateri menyampaikan tentang cara menumbuhkan kesadaran gaya hidup halal. Menurut nya, kesadaran itu muncul karena adanya pemahaman yang baik dan adanya keimanan. “Diperlukan bekal keimanan. Apapun yang kita lakukan, hendaknya diluruskan dulu niat nya yakni demi menjalankan perintah Allah,” ungkapnya.

Prof Dr Elfi Anis Saati M P mengatakan, menurut BPOM, banyak pelanggaran di produk kosmetik. Secara legalitas, produk makanan di Indonesia 25-40% belum memiliki izin edar. Pemateri juga menceritakan bahwa terdapat tingkat kehalalan di dunia namun Indonesia masih kalah dengan Malaysia. Ia mengatakan “Di Malaysia, kontainer saja ada label halal nya, dan pada tahun 2019 Indonesia memulai mengejar tingkat halal di Malaysia”.

Menurut pemateri, halal is my life adalah suatu hal yang menunjukkan bagaimana orang hidup, menjadikan panduan hidup dalam bekerja, pola tingkah laku, minat, bagaimana cara membelanjakan uang dan mengalokasikan waktu. Harapannya kehidupan manusia mengacu pada gaya hidup halal yang sesuai syariat hidup islam.

Pemateri juga menjelaskan, dalam Al-Quran surat Al-A’raf ayat 157 telah disebutkan bahwa Allah menghalalkan segala hal yang baik dan mengharamkan segala hal yang buruk. Hal ini adalah bentuk rasa sayang Allah kepada hamba Nya. “Kita harus sami’na wa atho’na dulu, baru menggali ilmu-ilmu yang ada di Al-Quran dan menjadikan itu sebagai bukti untuk memperkuat kepercayaan kita,” tuturnya.

Prof Dr Elfi Anis Saati M P mengingatkan bahwa islam mengatur makanan yang kita konsumsi bukan hanya dari aspek kesehatan, tapi juga dari aspek ketenangan jiwa. Ia pun menutup materi dengan berkata “Mari kita sama-sama memakan makanan lokal, mari kita menanam di pekarangan kita dengan rempah, buah dan bahan makanan lain nya”.

ditulis : Ping Darojat Gumilang

Edit : Asita Salsabila

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI