• Alumni
  • Alumni

Padukan Konsep Safety Food dan Halal, Warek I Umsida Raih Gelar Doktor Cumlaude

Umsida.ac.id – Universitas  Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) kembali menambah jajaran dosennya yang bergelar Doktor. Hana CaturWahyuni S.T., M.T. yang saat ini juga menjabat Wakil Rektor (Warek) bidang I Umsida pada hari  Rabu (26/02/2020) menjalani Sidang Terbuka studi S3-nya untuk  meraih gelar Doktor di bidang Teknik Industri.

Sidang yang berlangsung mulai pukul 13.00 – 15.00 di Ruang Auditorium Sinar Mas, Teknik Industri Lantai II Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya menguji disertasi Dr. Hana Catur Wahyuni S.T., M.T yang berjudul “Model Manajemen Risiko Terintegrasi Food Safety dan Halal Pada Industri Makanan”

Sebagai salah seorang pejabat tinggi di Universitas dengan kesibukan yang luar biasa Hana Catur Wahyuni mampu menuntaskan studi doktoralnya. Bahkan dengan predikat cumlaude. “Karena telah menyelesaikan studi doktoral dalam 8 semester dan dengan nilai minimal 3,7,” ujar ketua sidang terbuka Prof. Moses Laksono Singgih, Ph.D setelah melakukan penilaian sidang terbuka Dr. Hana Catur Wahyuni S.T., M.T.

Dalam disertasinya sosok Warek bidang akademik Umsida ini berhasil mengembangkan sebuah model menajemen risiko baru yang menjadi kekhasan atau novelty penemuannya.

“Manajemen risiko dengan Bayesian Network yang  mengintegrasikan food safety dan halal process pada industri makanan dan aksi mitigasi (mitigation action) risikonya untuk menghilangkan atau mengelimiasi kejadian risiko terjadi di perusahaan,” ungkap Dr. Hana dalam sidang terbukanya.

Seperti diketahui bahwa antara safety food dan halal process selama ini dilakukan secara terpisah. Dalam hal ini Dr. Hana berhasil memadukan kedua proses tersebut dalam satu model manajemen risiko. Ini bisa dimanfaatkan oleh industri makanan tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia mengingat banyak komunitas muslim yang keberadaannya tersebar di seluruh dunia.

Rektor Umsida Dr. Hidayatulloh, M.Si. dan jajarannya turut hadir untuk memberikan dukungan kepada Bu Hana, panggilan akrab Hana Catur Wahyuni.

“Atas nama pimpinan UMSIDA kami menyampaikan selamat kepada Sdr. Dr. Hana Catur Wahyuni S.T. M.T., atas keberhasilannya dalam menyelesaikan studi Program Doktor Bidang Teknik Industri ,” kata pak Hidayatulloh setelah berakhirnya ujian terbuka Bu Hana.

“Keberhasilan Bu Hana ini menginspirasi bagi dosen lain yang sedang studi program doktor di berbagai perguruan tinggi di dalam negeri dan luar negeri. Dengan semakin banyaknya dosen UMSIDA yang bergelar Doktor, maka akan  memperkuat bangunan SDM yang mampu mengantarkan UMSIDA menjadi Perguruan Tinggi Unggul dan Inovatif dalam Pengembangan IPTEKS untuk kesejahteraan masyarakat,” lanjut pak Hidayatulloh menambahkan.

Dr. Hana Catur Wahyuni, ST., M.T. adalah dosen pada Prodi Teknik Industri Umsida. Menjalani studi S3 di ITS sejak tahun 2015 dengan Prof. Iwan Vanany ST, MT, PhD . sebagai Promotor dan Prof. Udisubakti Ciptomulyo dan Jerry Dwi Triyono Purnomo, MSi Phd selaku ko-Promotornya.

Tema safety food dan halal sebagai tema disertasi dipilih oleh Dr. Hana Catur Wahyuni karena fenomena di masyarakat yang menunjukkan ketidakamanan makanan dam kehalalanya. Ke depannya diharapkan bisa dikembangkan lagi menjadi sensor safety food dan halal. Ini menjadi tantangan yang harus dijawab oleh Dr. Hana Catur Wahyuni S.T., M.T. (adji)

Leave a Reply