• Alumni
  • Alumni

Peserta membludak hingga peserta termuda, ini Cerita Lomba Tahfidz FAI Got Talent 6

Umsida.ac.id – Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kembali menggelar acara FAI Got Talent pada Sabtu(08/02). Salah satu yang dilombakan dalam acara tersebut ialah lomba Tahfidz.

Acara yang diikuti oleh siswa dari tingkat SD, SMP, SMA dari seluruh Indonesia ini melakukan persiapan yang cukup matang baik dari persiapan TOR perlombaaan, Kualitas penjurian, penyamaan presepsi antar juri serta melakukan sosialisasi yan digawangi oleh para dosen dan Himma Prodi di Lingkungan FAI.

Penanggung Jawab lomba Tahfidz, Imam Fauji, Lc, Lomba Tahfidz ini sangat diperlukan guna menyemai generasi Islami sejak dini, sebagaimana Jargon acara FAI Got Talent 6 ini.

Lebih lanjut, Imam Fauji, Lc menjelaskan, “Ada 4 Kriteria penilaian dalam lomba ini, diantaranya tajwid dan makhraj 30 %, kelancaran hafalan 30 %, irama dan keindahan suara 20 % dan adab, etika dan kerapian 20 %. Ini untuk tingkat A atau SD/MI. sedangkan untuk tingkat SMP dan SMA ada sedikit perbedaan, yaitu pada penilaian pemahaman, yaitu itu akan tercermin pada penjiwaan peserta dalam membaca ayat-ayat yang ditanyakan,” pungkasnya.

Diikuti oleh setidaknya 285 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, lomba Tahfidz dalam FAI Got Talent 6 ini terbagi menjadi 3 kategori, yakni Peserta Tahfidz Tingkat A sebanyak 79 peserta yang berasal dari jenjang SD atau MI, sementara Peserta Tahfidz Tingkat B sebanyak 101 peserta berasal dari jenjang SMP atau Mts serta Peserta Tahfidz Tingkat A sebanyak 105 peserta berasal dari jenjang SMA/MA/SMK/ Mahasiswa.

Selain itu, Imam Fauji, Lc juga menambahkan dalam acara ini menghadirkan juri yang kompeten dalam bidang MTQ dan tahfidz, di lingkungan sidoarjo, Surabaya atau jatim. “Mereka adalah para dosen dari Ma’had Umar bin Al Khatab Putri yang merupakan bagian dari Umsida sendiri dan dosen-dosen tahfidz di Ma’had Umar bin Al-Khattab Surabaya,” imbuhnya.

Menariknya, dalam acara yang digelar sejak tahun 2014 lalu, tahun ini dalam lomba tahfidz mengurai cerita tersendiri. “Diantara peserta tahfidz ini ada yang masih berumur 9 tahun dan sudah hafal seluruh Al Qur’an, 30 juz. Peserta ini akhirnya mendapatkan juara 3 pada tingkatnya,” ujar Imam Fauji, Lc ditemui usai acara.

Hal senada juga diungkapkan Ardiana Handayani Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab ini mengatakan, “Jumlah peserta yang sangat banyak ini melebihi perkiraan semula, sehingga penjurian menjadi yang paling lama diantara seluruh perlombaan pada FGT 6 ini. Tapi kami tetap melakukan penjurian sesuai dengan kriteria yang ada dan seobyektif mungkin dengan menambahkan ‘bensin’ kesabaran kepada seluruh dewan juri,” pungkasnya.

Berikut ini adalah Hasil dari perlombaan Tahfidz Fai Got Talent

Juara Tahfidz Tingkat A :
Juara I : AISYAH AZZAHRAH dari SD SWASTA ALAM AR-ROHMAH
Juara II : NISMARA AZALIA PUTRI dari SD MUHAMMADIYAH 1 WRINGINANOM
Juara III NAILA DWI S dari MI EL RAHMAH PLUS QIRAATI

Ditulis Realita Tata Guna Bangsa

Edit Intan Mutiara

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI